Ini Tantangan Pemerintah Wujudkan Target 70 Persen Masyarakat Tinggal Di Hunian Layak

Oktober 18, 2021

RumahCom – Dalam RPJM 2020-2024 pemerintah menargetkan untuk mewujudkan rumah layak huni bagi 70 persen masyarakat dari tahun 2019 yang masih 56,75 persen. Salah satu tantangan terbesar untuk mewujudkan hal ini yaitu penyediaan tanah dan karena itu membutuhkan kolaborasi berbagai pihak khususnya pemerintah daerah.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan sebanyak 11 juta rumah tangga bisa menempati rumah yang layak huni hingga tahun 2024. Konsep ini telah tercatat dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJM) 2020-2024 dengan target rumah tangga yang menempati rumah layak huni dari semula 56,75 persen pada tahun 2019 menjadi 70 persen pada tahun 2024 nanti.

“Jadi target Kementerian PUPR dalam RPJM bidang perumahan hingga tahun 2024 nanti sudah bisa menyediakan rumah yang layak hingga mencapai 70 persen dari seluruh masyarakat. Untuk mencapai target ini kami sangat aktif berdialog dan menggandeng seluruh stakeholder properti khususnya kalangan pengembang,” ujar Fitrah Nur, Direktur Rumah Umum dan Komersial Kementerian PUPR.

Untuk mencapai ini tentunya tidak mudah karena ada banyak hal yang harus  diupayakan. Salah satu tantangannya, jelas Fitrah, yaitu ketersediaan lahan maupun proses pembebasan lahan untuk mencapai target besar di bidang perumahan ini. Tantangan soal lahan ini juga terus meningkat seiring harga lahan yang juga terus naik.

Salah satu yang bisa diupayakan yaitu penyediaan lahan diupayakan oleh pemerintah daerah terlebih pemerintah daerah merupakan pihak yang paling tahu mengenai kondisi perumahan masyarakatnya. Selama ini Kementerian PUPR juga kerap membangun maupun menata kawasan kumuh di berbagai daerah.

Terkait penyediaan lahan untuk pembangunan maupun penataan kawasan pemukiman, hal ini sebenarnya telah diatur dalam UU No. 1 Tahun 2011 mengenai perumahan dan kawasan permukiman khususnya Pasal 106. Pasal tersebut menyatakan kalau tanah milik pemerintah bisa langsung digunakan untuk pembangunan perumahan.

Di sisi lain, masih banyak ditemukan kasus-kasus penguasaan tanah milik pemerintah yang ditempati oleh masyarakat hingga telah berlangsung puluhan tahun. Belum tanah maupun lahan yang ditempati secara bukan haknya dan akhirnya menjadi sengketa yang penyelesaiannya kerap panjang dan rumit.

“Soal masalah pertanahan ini kami terus merumuskan jalan keluarnya dengan berbagai instansi. Apakah tanah seperti ini bisa dialihfungsikan menjadi lahan untuk masyarakat melalui mekanisme yang baru, misalnya dengan skema sertifikat hak milik dan hak guna bangunan atau bisa langsung dialihkan ke masyarakat. Berbagai hal ini masih terus dibahas,” jelasnya.

Punya rumah yang ingin cepat lunas? simak caranya di video berikut ini agar hunian segera lunas.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Nepal van Java Kian Berwarna, Dongkrak Nilai Properti Sewa

RumahCom - Berada di ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut, menjadikan Dusun Butuh, dusun tertinggi di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Dahulu, dusun yang terletak di Desa Temanggung, Kecamatan

Lanjutkan membacaOktober 16, 2021

Infrastruktur Bikin Pengembang Confident Kembangkan Proyek

RumahCom – Berbagai proyek infrastruktur yang digenjot pemerintah terus meningkatkan potensi bisnis dan investasi. Kalangan pengembang kian confident mengembangkan proyeknya di kawasan-kawasan yang

Lanjutkan membacaOktober 18, 2021

Ini Berbagai Upaya Pemerintah Untuk Wujudkan Inklusifitas Perumahan

RumahCom – Perumahan merupakan hak seluruh masyarakat dan untuk itu harus bisa diwujudkan berbagai skema aksesibilitas khususnya bagi kalangan MBR. Pemerintah terus mendorong konsep perumahan yang i

Lanjutkan membacaOktober 18, 2021

Working Space Hingga Double Living Room Jadi Standar Baru Rumah Saat Pandemi

RumahCom – Rumah sehat dengan desain yang menerapkan banyak adaptasi untuk menghadirkan rumah sehat terus ditawarkan pengembang. Salah satunya Klaster Carson di Summarecon Serpong yang menghadirkan

Lanjutkan membacaOktober 18, 2021

Bisa Ditiru, Gairahkan Lagi Sektor Pariwisata Hotel Di Australia Lakukan Ini

RumahCom – Berbagai kendala di industri pariwisata yang paling terdampak pandemi Covid-19 terus dilakukan berbagai cara untuk meningkatkan pertumbuhannya. Hotel di Australia bekerja sama dengan jari

Lanjutkan membacaOktober 18, 2021

Masukan