Pemerintah Pastikan Bank Tanah Terbentuk Awal Tahun Depan

Oktober 19, 2021

RumahCom – Badan baru bank tanah terus dikebut untuk bisa segera operasional yang ditargetkan pada awal tahun depan. Fungsi bank tanah akan sangat strategis untuk menjamin keberlangsungan berbagai program pembangunan infrastruktur, perumahan, dan sebagainya.

Pemerintah terus menggodok berbagai hal teknis untuk merealisasikan lembaga baru bank tanah. Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menargetkan institusi bank tanah ini bisa segera hadir dan beroperasi pada awal tahun depan.

Menurut Menteri ATR/BPN Sofyan Abdul Djalil, saat ini pembentukan bank tanah sudah dalam proses finalisasi dan diproyeksikan akan bisa beroperasi di awal tahun depan. Ada dua regulasi yang tengah dalam tahapan harmonisasi terkait pembentukan bank tanah ini yaitu peraturan presiden (Perpres) tentang governance bank tanah dan peraturan pemerintah (PP) tentang pemasukan modal bank tanah.

“Berbagai kendala teknis terus dilakukan harmonisasi selain terus menjaring berbagai masukan. Sejauh ini aturan mengenai perpres governance-nya sudah bisa diselesaikann sehingga kita optimistis bank tanah ini bisa segera terwujud pada periode awal tahun depan minimal kita sudah punya bank tanah untuk tahap awal,” ujarnya.

Bila nanti kedua regulasi yang tengah dilakukan harmonisasi ini selesai akan langsung dilakukan penunjukan bank tanah. Nantinya bank tanah ini akan bisa menyelesaikan berbagai kebutuhan lahan untuk pembangunan infrastruktur, perumahan, dan berbagai fungsi lainnya.

Bank tanah akan mengelola lahan-lahan yang diperuntukan bagi kepentingan umum seperti fasilitas umum dan termasuk program reforma agaria. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian ATR/BPN Himawan Arief Sugoto menambahkan, nantinya juga akan dibentuk komite bank tanah di dalam struktur lembaga bank tanah ini.

“Komite ini akan dipegang oleh tiga menteri yaitu Menteri ATR/BPN sebagai ketua merangkap anggota, Menteri Keuangan, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebagai anggota. Masih ada satu menteri atau kepala lembaga lain yang nanti akan ditunjuk presiden sebagai anggota,” katanya.

Komite bank tanah pada badan bank tanah ini diadakan untuk menghindari terjadinya kewenangan yang besar sehingga berpotensi terjadi abuse of power atau penyalahgunaan kewenangan. Komite ini juga untuk menjadi check of balance karena akan mengurus hal yang sangat krusial yaitu sektor pertanahan.

“Nantinya di dalam badan bank tanah juga akan ada dewan pengawas yang bertuga melakukan pengawasan dan memberikan nasihat atau saran kepada pelaksana dalam menjalankan kegiatan bank tanah. Komite bank tanah ini akan menetapkan badan pelaksana yang terdiri dari kepala dan deputi yang dibantu sekretaris kemudian ada satuan pengawasan internal dari ASN maupun non ASN,” beber Himawan.

Cek lima langkah mudah mengurus balik nama sertifikat rumah lewat video berikut ini.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Reforma Agraria Fokus Penataan Aset Dan Akses Pertanahan

RumahCom – Kementerian ATR/BPN terus mendorong program reforma agraria dengan target seluruh wilayah Indonesia telah tersertifikat pada tahun 2025. Selain itu masyarakat juga diberikan akses pembiay

Lanjutkan membacaOktober 18, 2021

Sinergitas Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam Pengendalian dan Penertiban Tanah dan Ruang

RumahCom – Direktorat Jenderal Pengendalian dan Penertiban Tanah dan Ruang, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional menyelenggarakan “Sosialisasi Peraturan Pemerintah Turunan

Lanjutkan membacaOktober 19, 2021

Masyarakat Minati Rumah Sehat, Pengembang Wujudkan Produknya

RumahCom – Berbagai konsep rumah sehat dengan layout untuk memenuhi kebutuhan bekerja dari rumah terus dihadirkan pengembang. Salah satunya produk Synthesis Huis yang merupakan rumah tapak tiga lant

Lanjutkan membacaOktober 19, 2021

Situasi Sulit, Proyek Apartemen Di Bekasi Bisa Topping Off Lebih Cepat Dari Jadwal

RumahCom – Pengembang terus berupaya menyelesaikan tahapan pengembangan proyeknya. Trans Property berhasil melakukann topping off tower kelima Transpark Juanda lebih cepat dari jadwal sebagai bentuk

Lanjutkan membacaOktober 19, 2021

Pandemi Melandai, Rumah Tapak Di Bali Kembali Diminati

RumahCom – Penawaran rumah tapak di Bali mulai meningkat seiring membaiknya sektor pariwisata. Perumahan Vasaka Bali hasil pengembangan Waskita Realty bisa menjual unit khususnya hingga dua kali lip

Lanjutkan membacaOktober 19, 2021

Masukan