1.607 Rumah Subsidi Di Kalimantan Selatan Dapat Bantuan PSU

Oktober 25, 2021

RumahCom – Kementerian PUPR kembali menyalurkan program bantuan PSU untuk perumahan bersubsidi di 19 lokasi Kalimantan Selatan. Program PSU diberikan kepada perusahaan developer sebagai stimulus sehingga membangun lebih banyak lagi rumah-rumah bersubsidi untuk MBR.

Bantuan prasarana sarana utilitas (PSU) terus disalurkan untuk rumah-rumah bersubsidi oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Dengan program bantuan PSU ini rumah-rumah bersubsidi bisa mendapatkan infrastruktur perumahan seperti jalan lingkungan, drainase, hingga pengolahan sampah yang lebih baik sehingga kawasan pemukimannya tidak kalah dengan pengembangan perumahan komersial.

Bantuan PSU ini diberikan kepada kalangan perusahaan developer sebagai program stimulus sehingga developer lebih bersemangat lagi membangun hunian untuk segmen masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Untuk kali ini Kementerian PUPR menyalurkan program PSU di wilayah Kalimantan Selatan.

Menurut Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid, total bantuan PSU yang disalurkan di Kalimantan Selatan ini senilai Rp10,4 miliar yang pelaksanaannya tersebar di 19 lokasi perumahan yang ada di enam kabupaten maupun kota.

“Pemerintah akan terus mendorong pembangunan rumah bersubsidi di seluruh wilayah Indonesia khususnya yang kawasannya membutuhkan hunian besar. Untuk itu pemerintah memberikan stimulan berupa PSU ini kepada kalangan pengembang sehingga biaya pengembangannya bisa difokuskan untuk kualitas produk rumahnya karena untuk PSU-nya bisa mendaptkan subsidi dari pemerintah,” ujarnya.

Pembangunan PSU merupakan satu upaya pemerintah dalam mewujudkan rumah layak huni dan terjangkau bagi MBR sekaligus mendorong capaian program sejuta rumah. Pembangunan PSU yang dilaksanakan berupa peningkatan kualitas jalan lingkungan perumahan bersubsidi sehingga masyarakat bisa menikmati hasil pembangunan dan mewujudkan lingkungan hidup yang nyaman.

Sementara itu menurut Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Kalimantan II Hujurat, jumlah rumah bersubsidi di Provinsi Kalimantan Selatan yang mendapatkan bantuan PSU pada tahun 2021 sebanyak 1.607 unit yang pelaksanaannya terus dilakukan di 19 lokasi perumahan.

“Kami juga berharap pemerintah daerah bisa mendorong semangat kalangan pengembang untuk pro aktif mengusulkan bantuan PSU di proyeknya melalui aplikasi Sistem Informasi Bantuan Perumahan (Sibaru). Aplikasi ini digunakan oleh Ditjen Perumahan untuk mempermudah pemerintah daerah mengusulkan bantuan perumahan bagi masyarakatnya sehingga ke depan ada lebih banyak lagi pengembang yang membangun rumah bersubsidi dengan kualitas lingkungan yang baik,” jelasnya.

Salah satu perumahan yang mendapatkan bantuan PSU di Kota Banjarmasin yaiitu Perumahan Batola Residence II. Perumahan ini mendapatkan bantuan PSU senilai Rp958 juta berupa jalan lingkungan sepanjang 715 meter. Penghuni pun senang dengan bantuan ini karena sebelumnya jalan lingkungan ini rusak pasca banjir beberapa tahun lalu.

Punya rumah yang ingin cepat lunas? simak caranya di video berikut ini agar hunian segera lunas.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

PropertyGuru Asia Real Estate Summit Siap Digelar. Ini Daftar Pembicaranya!

Para praktisi global akan berbagi wawasan dan hasil studi praktis terkait teknologi properti, kota pintar, dan pengembangan berkelanjutanMenandai tahun ketujuhnya, pertemuan virtual akan digelar pada

Lanjutkan membacaOktober 23, 2021

Ada Rusun Untuk Eks Pengemis dan Gelandangan Di Bekasi

RumahCom – Kementerian PUPR kembali membangun fasilitas Rusun dan kali ini untuk Kementerian Sosial. Rusun ini akan digunakan untuk fasilitas hunian kalangan eks pengemis dan gelandangan khususnya d

Lanjutkan membacaOktober 25, 2021

Tiga Subsektor Properti Ini Jadi Jagoan Saat Pandemi

RumahCom – Industri properti cukup terpukul dengan adanya pandemi Covid-19 dengan turun drastis transaksi penjualan. Namun begitu beberapa subsektor properti mampu bertumbuh saat pandemi ini yaitu l

Lanjutkan membacaOktober 25, 2021

Bangun Ibukota Baru, Pemerintah Studi Banding Ke Township Serpong

RumahCom – Kementerian PUPR melakukan studi banding ke township BSD City, Tangerang, Banten, terkait pembangunan ibukota baru di Kalimantan Timur. Beberapa gedung maupun kawasan yang disurvei yaitu

Lanjutkan membacaOktober 25, 2021

Pengembang Australia Yang Didirikan Orang Indonesia Eksis 25 Tahun Di Bisnis Properti

RumahCom – Pengembang Australia Crown Group merayakan 25 tahun kiprahnya di bisnis properti dari awalnya membangun hunian tunggal hingga proyek mixed use. 25 tahun ini juga menandakan portofolio per

Lanjutkan membacaOktober 25, 2021

Masukan