Berbagai Rusun Ini Mengaplikasikan Unsur Kearifan Lokal Pada Desain Fasad Bangunannya

Oktober 26, 2021

RumahCom – Bangunan bukan semata digunakan sesuai fungsi maupun peruntukannya. Bangunan yang baik juga perlu menerapkan desain yang baik dan penting untuk menampilkan unsur kearifan lokal pada desain bangunan seperti beberapa Rusun yang dibangun Kementerian PUPR.

Desain bukan sekadar model ataupun gaya tapi bisa berfungsi penting untuk menampilkan tema maupun ide dari sebuah bangunan. Hal lain yang juga penting, desain bisa mewakili unsur kearifan lokal misalnya dengan menggunakan beberapa ornamen fasad yang merepresentasikan falsafah maupun gaya sebuah bangunan dikaitkan dengan budaya setempat.

Karena itu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tidak melupakan desain bangunan yang mengandung unsur kearifan lokal itu saat membangun banyak proyek rumah susun (Rusun) di berbagai daerah. Misalnya dengan menggunakan ornamen fasad mega mendung dan atap julang ngapak pada kanopi teras Rusun yang dibangun di Provinsi Jawa Barat.

“Dalam setiap pembangunan yang kami lakukan akan selalu dipastikan memasukkan unsur desain yang mengandung falsafaf kearifan lokal suatu daerah. Itu bisa menjadi ciri khas yang tampak dari sebuah bangunan Rusun tersebut sehingga bisa menjadi ornamen maupun view yang baik untuk kawasan,” ujar Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid.

Kementerian PUPR akan terus mendorong dan memperbanyak pembangunan Rusun karena kebutuhan kita akan hunian yang layak juga sangat besar. Para penerima manfaat Rusun yang selama ini dibangun juga dari berbagai kalangan mulai dari aparatur sipil negara (ASN), TNI-Polri, guru, mahasiswa, santri, hingga berbagai elemen masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

“Pembangunan Rusun bisa menjadi salah satu opsi dan solusi untuk pemanfaatan lahan yang terbatas khususnya di kawasan-kawasan yang populasinya tinggi. Selain mengoptimalkan lahan yang ada Rusun juga memiliki daya tampung yang besar dan dengan dibangun menggunakan desain kearifan lokal bangunan Rusun bisa menambah khazanah kawasan,” imbuhnya.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Jawa II Ditjen Perumahan Kiagoos Egie Ismail menambahkan, Rusun yang dibangun di wilayah Provinsi Jawa Barat ini menggunakan desain unsur kearifan lokal yaitu yang tampak pada bagian bangunan juga atap pada kanopi teras utama.

“Ornamen fasad mega mendung merupakan ciri khas daerah Provinsi Jawa Barat dan kami berharap generasi muda dan masyarakat Jawa Barat bisa ikut memiliki kebanggaan atas kearifan lokalnya dalam hal ini tercermin dalam bangunan Rusun ini. Beberapa Rusun di Jawa Barat juga telah menggunakan ornamen fasad mega mendung seperti Rusun eks gelandangan dan pengemis di Bekasi, Rusun Mahasiswa Universitas Djuanda, dan STKIP NU Indramayu,” bebernya.

Masih bingung cara menghitung bunga KPR? temukan jawabannya di video berikut ini, yuk!

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Pengembang Australia Yang Didirikan Orang Indonesia Eksis 25 Tahun Di Bisnis Properti

RumahCom – Pengembang Australia Crown Group merayakan 25 tahun kiprahnya di bisnis properti dari awalnya membangun hunian tunggal hingga proyek mixed use. 25 tahun ini juga menandakan portofolio per

Lanjutkan membacaOktober 25, 2021

1.607 Rumah Subsidi Di Kalimantan Selatan Dapat Bantuan PSU

RumahCom – Kementerian PUPR kembali menyalurkan program bantuan PSU untuk perumahan bersubsidi di 19 lokasi Kalimantan Selatan. Program PSU diberikan kepada perusahaan developer sebagai stimulus seh

Lanjutkan membacaOktober 25, 2021

Beberapa Penyebab Terjadi Sengketa Tanah, Bisa Karena Faktor Alam

RumahCom – Sengketa ataupun konflik pertanahan masih kerap terjadi dan biasanya karena beberapa faktor. Dulu penentuan batas patok tanah cukup menggunakan pohon, sungai, atau lainnya dan banyaknya p

Lanjutkan membacaOktober 26, 2021

Apartemen Rp400 Jutaan Di Township Ini Tawarkan Banyak Kemudahan

RumahCom – Hunian vertikal banyak ditawarkan di kawasan-kawasan yang sudah sangat matang seperti Sky House Alam Sutera+ di kawasan township Alam Sutera, Tangerang, Banten. Di proyek ini memungkinkan

Lanjutkan membacaOktober 26, 2021

Dapat Suntikan Dana Rp1,5 Triliun, Bank BUMN Ini Akan Lebih Ekspansif Salurkan Pembiayaan Perumahan

RumahCom – Kolaborasi antar perusahaan BUMN kembali dilakukan antara PT SMF dengan Bank BTN. SMF menyalurkan pinjaman subordinasi mencapai Rp1,5 triliun kepada Bank BTN untuk memperkuat pendanaan se

Lanjutkan membacaOktober 26, 2021

Masukan