Tren Peningkatan Bisnis Properti Akan Terus Berlanjut Tahun 2022

29 Okt 2021

RumahCom – Kalangan dunia usaha khususnya pengembang optimistis tren peningkatan bisnis properti tahun ini akan terus berlanjut pada tahun depan. REI menyebut berbagai insentif maupun program kerja pemerintah telah merangsang pertumbuhan ekonomi seiring terus meningkatnya program vaksinasi Covid-19.

Kalangan pengembang menyatakan optimismenya terkait sektor properti yang terus menunjukan perbaikan dan tren ini akan terus berlanjut hingga tahun 2022 yang sebentar lagi kita jelang. Menurut Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Real Estat Indonesia (REI) Paulus Totok Lusida, ada beberapa indikator yang menandakan sektor properti akan terus membaik hingga tahun depan.

“Tren membaik itu sudah kita lihat dari tahun ini khususnya dengan terus meningkatnya program vaksinasi Covid-19 yang imbasnya sangat besar untuk perekonomian dan akan terus memicu kinerja bisnis pada tahun mendatang. Hal ini juga ditunjang dengan berbagai stimulus yang terus didorong oleh pemerintah,” ujarnya.

Pemerintah, melalui UU No. 11 Tahun 2020 atau UU Cipta Kerja (UUCK) telah memangkas berbagai kendala yang selama ini menjadi penghambat bisnis dan meringkaskan birokrasi yang berbelit. Kondisi ini menciptakan lingkungan yang semakin ramah untuk bisnis selain berbagai program restrukturisasi utang untuk counter cyclical policy oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Masih cukup banyak hal lain yang diterapkan untuk terus menunjang kinerja bisnis khususnya di sektor properti. Tren penurunan suku bunga menjadi faktor penting yang terus meningkatkan masyarakat membeli produk properti termasuk dengan relaksasi PPN hingga 100 persen maupun relaksasi batasan kredit atau loan to value (LTV) yang memungkinkan masyarakat membeli properti dengan uang muka nol persen.

“Berbagai hal ini telah sangat menggairahkan pasar dan minat masyarakat untuk membeli terus meningkat dari yang selama ini wait and see. Kami berharap pemerintah kembali memperpanjang stimulus pembebasan PPN pada tahun 2022 karena insentif ini yang membuat masyarakat menyegerakan untuk membeli properti,” imbuhnya.

Sementara itu Direktur Eskekutif Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda mengatakan, membaiknya perekonomian nasional telah ditunjukan sejak awal tahun 2021 dengan ekonomi tumbuh positif sebesar 3,31 persen pada kuartal kedua 2021 dan hampir semua sektor industri mulai mencatatkan kinerja yang positif.

“Kebijakan pembebasan dan diskon PPN untuk rumah siap huni (ready stock) yang dimulai pada awal Maret 2021 hingga Agustus dan diperpanjang hingga akhir tahun ini, sangat nyata meningkatkan penjualan dan membuat produk ready stock terserap dengan cepat. Peningkatannya bahkan mencapai 661 persen selama kuartal pertama 2021 saat kebijakan ini baru berjalan satu bulan,” bebernya.

Statusnya sebagai karyawan lepasan mengganjal pengajuan KPR untuk miliki rumah. Lalu bagaimana cara ia bisa mewujudkan rumah idamannya? simak video berikut ini.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Peserta Program Pensiun Sekarang Bisa Dapatkan Pembiayaan Hingga Renovasi Rumah

RumahCom – Bank BTN dan BP Jamsostek bekerja sama untuk memberikan fasilitas pembiayaan perumahan kepada peserta BP Jamsostek hingga Rp500 juta. Fasilitas ini memberikan manfaat lebih dari hanya pro

Lanjutkan membaca28 Okt 2021

Pengembang Kembali Hadirkan Rumah Post Pandemic

RumahCom – Pengembang SML kembali menghadirkan rumah kompak yang didesain sebagai rumah post pandemic. Seluruh desain, layout, fasilitas, dan lainnya dari rumah ini difokuskan untuk keluarga muda un

Lanjutkan membaca28 Okt 2021

Pengendalian Pemanfaatan Ruang Sebagai Upaya Mewujudkan Tertib Tata Ruang

RumahCom - Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja (UUCK) telah menghadirkan beberapa turunan Peraturan Pemerintah (PP) di Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (A

Lanjutkan membaca29 Okt 2021

Dana Tapera Diinvestasikan Di Pasar Modal, Seperti Apa Pengelolaannya?

RumahCom – BP Tapera menunjuk tujuh manajer investasi untuk mengelola Kontrak Investasi Kolektif (KIK) pemupukan dana Tapera di pasar uang sehingga dana Tapera bisa terus membesar. Hal ini akan meni

Lanjutkan membaca29 Okt 2021

Ada Fitur Baru Untuk KPR Milenial, Cicilan Bisa Lebih Murah

RumahCom – Bank BTN meluncurkan fitur baru Graduate Payment Mortgage (GPM) pada produk KPR yang menyasar milenial. Dengan fitur ini cicilan pada awal-awal kredit bisa lebih ringan sehingga akan memu

Lanjutkan membaca29 Okt 2021

Masukan