Program PSU Untuk Rumah Subsidi Dievaluasi

Wahyu ArdiyantoNovember 26, 2021

RumahCom – Salah satu program perumahan Kementerian PUPR yaitu bantuan PSU untuk perumahan subsidi yang dibangun kalangan pengembang. Program PSU ini dilakukan evaluasi untuk memetakan kendala dan merumuskan kebijakan yang lebih baik sehingga lebih maksimal untuk mendorong program sejuta rumah.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan evaluasi pelaksanaan program bantuan prasarana sarana dan utilitas (PSU) untuk perumahan subsidi tahun anggaran 2021. Program PSU ini diberikan untuk perusahaan developer yang membangun rumah subsidi sehingga bisa mendapatkan sarana lingkungan seperti jalan perumahan, drainase, dan utilitas lainnya yang lebih baik.

Evalusi in diharapkan bisa menyelesaikan berbabai kendala dan tantangan yang dihadapi saat pelaksanaan pembangunan fisik bantuan PSU di lapangan sekaligus menjadi wadah untuk berkoordinasi dan menyampaikan masukan terhadap penyelenggaraan bantuan PSU untuk perumahan umum.

Evaluasi dilakukan oleh Direktorat Rumah Umum dan Komersial Ditjen Perumahan Kementerian PUPR di Samarinda, Kalimantan Timur. Menurut Direktur Rumah Umum dan Komersial (RUK) Fitrah Nur, evaluasi ini untuk mengetahui sejauh mana efektifitas pelaksanaan bantuan PSU tahun 2021.

“Kami ingin mengetahui apakah program PSU ini telah berjalan sesuai sasaran mutu maupun asas manfaat yang telah ditetapkan atau tidak sehingga kita juga bisa mengetahui efektifitas program ini terhadap program sejuta rumah. Makanya perlu dilakukan pemantauan dan evaluasi sebagai masukan terhadap perencanaan untuk kebijakan sektor perumahan yang mendatang,” ujarnya.

Terkait pelaksanaan tugas dan fungsi Direktorat Rumah Umum dan Komersial, Fitrah menyebut perlu adanya sinkronisasi dan koordinasi untuk memetakan isu, potensi, dan kendala pelaksanaann bantuan PSU serta pendataan program sejuta rumah di setiap provinsi bersama Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Satuan Kerja Penyediaan Perumahan dan Pemerintah Daerah.

Evaluasi juga bertujuan sebagai forum diskusi bagi Direktorat RUK, Balai P2P, Satker Provinsi dan Pemerintah Daerah, untuk terus meningkatkan pemahaman sekaligus memetakan isu, potensi, maupun kendala agar bisa menghasilkan rumusan kebijakan yang lebih baik dan implementatif.

“Jadi selain kita membahas berbagai kendala yang terjadi di lapangan terkait program ini, dengan diskusi maupun sharing experience diharapkan pelaksanaan program PSU ke depan bisa lebih efektif. Dengan pelaksanaan program yang lebih baik manfaat yang dirasakan oleh masyarakat juga menjadi lebih optimal,” imbuhnya.

Rumah bisa memberikan kenyamanan yang tak bisa diungkapkan. Terus apa sih enaknya punya rumah sendiri? Simak selengkapnya di video berikut ini.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Pandemi Membuat Kaveling Industri Dan Pergudangan Kian Menarik

RumahCom – Sektor properti telah menjadi bisnis yang sangat menguntungkan saat situasi pandemi. Anak perusahaan BUMN Krakatau Steel, PT Krakatau Sarana Properti akan merambah berbagai kawasan indust

Lanjutkan membacaNovember 25, 2021

Lebih Rp23 Triliun Untuk Program Infrastruktur Pemukiman

RumahCom – Kementerian PUPR menggelontorkan anggaran hingga lebih dari Rp23 triliun untuk program padat karya tunai. Program ini digunakan untuk pengembangan infrastruktur dasar hingga pendukung kaw

Lanjutkan membacaNovember 25, 2021

Apartemen Suburban Ini Mulai Melakukan Serah Terima Unit

RumahCom – Proyek apartemen satu-satu menunjukan progres yang baik seperti Sayana Apartements yang mulai melakukan serah terima unit. Berlokasi di township Kota Harapan Indah, apartemen menjadi alte

Lanjutkan membacaNovember 25, 2021

Seperti Ini Broker Properti Dorong Peningkatan Bisnis Properti

RumahCom – Broker properti bisa memberikan layanan untuk produk properti yang dipasarkan sesuai kebutuhan konsumen. Untuk itu Arebi terus mendorong sertifikasi jasa broker properti agar bisa bekerja

Lanjutkan membacaNovember 25, 2021

Dukung Konsep Green, Bank BUMN Ini Wajibkan Tanam Pohon Di Setiap Rumah Yang Dibiayai

RumahCom – Untuk mendukung konsep wawasan lingkungan dan green home, Bank BTN yang fokus dalam pembiayaan perumahan mewajibkan menanam satu pohon untuk setiap unit rumah yang dibiayainya. Bank BTN j

Lanjutkan membacaNovember 26, 2021

Masukan