10 Bulan 2021, Program Sejuta Rumah Tercapai 871.218 Unit

Wahyu ArdiyantoNovember 29, 2021

RumahCom – Kementerian PUPR melaporkan capaian program sejuta rumah telah tercapai hingga 871.218 unit untuk periode 10 bulan tahun 2021. Capaian ini akan terus dikejar supaya bisa tercapai satu juta bahkan lebih hingga akhir tahun 2021 ini.

Program sejuta rumah per tahun terus menunjukan capaian yang meningkat di tengah situasi pandemi Covid-19. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaporkan, untuk periode 10 bulan (Januari-Oktober) 2021 program sejuta rumah telah tercapai sebanyak 871.218 unit.

Menurut Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid, angka ini berdasarkan data yang dimiliki Ditjen Perumahan yang dilaporkan dari seluruh Indonesia. “Program sejuta rumah ini bentuk program percepatan dan kolaborasi pemerintah dengan para pelaku pembangunan perumahan dalam menyediakann hunian yang layak bagi masyarakat,” ujarnya.

Karena itu Khalawi mengajak setiap stakeholder di bidang perumahan untuk terus menjaga konsistensi maupun semangatnya dalam membangun hunian bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) ini. Terlebih saat situasi pandemi yang membutuhkan effort lebih tinggi untuk menjalankan aktivitas bisnis.

Di sisi lain, capaian sebesar ini membuktikan kalau kebutuhan rumah tetap tinggi karena selalu dicari sebagai salah satu pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat. Setiap orang tentunya membutuhkan sarana dan fasilitas hunian yang baik dan saat pandemi kebutuhan itu justru membesar karena banyak kegiatan kita harus dilakukan dari rumah.

Program sejuta rumah sendiri saat ini telah memasuki tahun keenam sejak program ini dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo pada akhir April 2015 lalu. Hingga saat ini, total capaian program sejuta rumah sejak 2015-2021 mencapai 5.765.387 unit.

Direktur Rumah Umum dan Komersial (RUK) Ditjen Perumahan Kementerian PUPR Fitrah Nur menambahkan, pihaknya terus mendorong semua pihak untuk melakukan pendataan capaian program sejuta rumah. Hal ini menjadi bagian penting dari program itu sendiri karena pendataan yang baik bisa menjadi dasar untuk membuat perencanaan dan keputusan program perumahan.

“Dari capaian sebanyak itu data kami melaporkan, untuk rumah segmen MBR capaiannya sebanyak 650.649 unit sementara non MBR sebanyak 220.569 unit. Untuk rumah bagi kalangan MBR yang dibangun Kementerian PUPR mencapai 226.478 unit, kementerian lain 1.499 unit, pemerintah daerah 33.275 unit, perusahaan developer 376.891 unit, program CSR perumahan 642 unit, dan masyarakat 11.864 unit,” bebernya.

Sementara rumah non MBR atau komersial yang dibangun oleh perusahaan developer jumlahnya mencapai 197.781 unit dan masyarakat 22.788 unit. Baik Khalawi maupun Fitrah menyatakan optimismenya capaian program sejuta rumah ini bisa tercapai hingga satu juta unit pada akhir tahun 2021 nanti. 

Jangan panik, tetap waspada. Rumah.com selalu ada bersama Anda melewati COVID-19. Cari tau selengkapnya di sini.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Dukung Konsep Green, Bank BUMN Ini Wajibkan Tanam Pohon Di Setiap Rumah Yang Dibiayai

RumahCom – Untuk mendukung konsep wawasan lingkungan dan green home, Bank BTN yang fokus dalam pembiayaan perumahan mewajibkan menanam satu pohon untuk setiap unit rumah yang dibiayainya. Bank BTN j

Lanjutkan membacaNovember 26, 2021

Program PSU Untuk Rumah Subsidi Dievaluasi

RumahCom – Salah satu program perumahan Kementerian PUPR yaitu bantuan PSU untuk perumahan subsidi yang dibangun kalangan pengembang. Program PSU ini dilakukan evaluasi untuk memetakan kendala dan m

Lanjutkan membacaNovember 26, 2021

Pembangunan Infrastruktur Dorong Peningkatan Harga Lahan Di Jakarta Timur

RumahCom – Pembangunan infrastruktur yang massif di wilayah Jakarta Timur telah membuat kawasan ini terus meningkat value propertinya. Berdasarkan survei IPW, Jakarta Timur menjadi kawasan dengan ke

Lanjutkan membacaNovember 26, 2021

Perekonomian Membaik, Jadi Pendorong Geliat Sektor Properti

RumahCom – Kementerian Keuangan melaporkan situasi perekonomian yang terus membaik bahak tumbuh tinggi melebihi periode sebelum adanya pandemi. Hal ini juga mendorong geliat sektor properti dengan t

Lanjutkan membacaNovember 29, 2021

Value Terus Meningkat, Kawasan Perumahan Subsidi Ini Tawarkan Produk Komersial

RumahCom – Perkembangan sebuah kawasan membuat value sebuah produk properti berkembang. Karena itu Arrayan Group sebagai pengembang rumah subsidi mulai memasarkan produk komersial seiring terus memb

Lanjutkan membacaNovember 29, 2021

Masukan