Selain Aplikasi Pemantauan, Ada Juga Fitur Aku Huni Untuk Pastikan Rumah Subsidi Tepat Sasaran

Wahyu ArdiyantoNovember 29, 2021

RumahCom – Berbagai aplikasi untuk memudahkan monitoring dan pemantauan rumah subsidi terus diterapkan. PPDPP sebagai lembaga penyalur KPR subsidi menerapkan uji coba aplikasi SiPetruk dan Aku Huni di 20 perumahan subsidi di wilayah Kalimantan Selatan.

Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan uji coba aplikasi Sistem Informasi Pemantauan Konstruksi (SiPetruk) dan juga fitur Aku Huni yang diusulkan penggunaannnya untuk tahun 2022 mendatang.

Aplikasi SiPetruk merupakan sistem informaasi berbasis aplikasi yang diperuntukan   bagi tenaga Manajemen Konstruksi (MK) yang telah memiliki sertifikat keahlian (SKA) atau keterampilan (SKT) di bidang pengawasan pembangunan untuk mengawasi proses pembangunan rumah subsidi di lapangan.

Dengan adanya aplikasi ini rumah subsidi yang dibangun oleh kalangan pengembang bisa dipastikan telah memenuhi semua syarat yang ditetapkan sehingga menghasilkan rumah berkualitas. Sementara fitur Aku Huni merupakan sistem informasi monitoring evaluasi hybrid yang berbasis web dan diperuntukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) penerima manfaat subsidi perumahan.

“Dengan aplikasi Aku Huni ini para penghuni rumah yaitu kalangan MBR bisa melakukan pelaporan mandiri terkait status ketehunian rumahnya. Teknis penggunaan fitur Aku Huni ini sangat mudah, penghuni tinggal merekam atau melampirkan foto identitas, foto token listrik, foto tampak rumah, serta foto di dalam rumah,” ujar Chris Robert Marbun, Direktur Layanan PPDPP.

Penerapan fitur Aku Huni ini tidak terlepas dari ketentuan pemerintah melalui Peraturan Menteri (Permen) PUPR No. 20 Tahun 2019 tentang kemudahan dan bantuan pemilikan rumah bagi MBR. Berdasarkan permen itu rumah subsidi yang telah diterima MBR harus dihuni sebagai tempat tinggal paling lama satu tahun setelah proses serah terima dilakukan.

Selama ini PPDPP melalui Divisi Pemantauan dan Evaluasi melakukan pemantauan status keterhunian rumah yang telah disalurkan kepada MBR melalui petugas pemantauan lapangan. Diharapkan dengan hadirnya fitur Aku Huni ini ke depannya proses pelaksanaan pemantauan di lapangan menjadi lebih efektif dan efisien.

Sementara itu kegiatan uji coba aplikasi SiPetruk di dua lokasi perumahan juga terus berjalan yaitu di Perumahan Mahligai Permai 4 dan Perumahan Green Hunian Manarap 2 yang berlokasi di Banjar, Kalimantan Selatan. Yang menarik, perumahan ini berlokasi di lahan gambut sehingga untuk pondasinya menggunakan cerucuk atau kayu galam dan aplikasi SiPetruk perlu menyesuaikan untuk perumahan yang dibangun di atas lahan gambut ini.

“Kegiatan uji coba fitur Aku Huni maupun Aplikasi SiPetruk ini melibatkan 500 sample debitur yang tersebar di 20 perumahan subsidi di Kalimantan Selatan. Sejauh ini penerapannya bisa berjalan dengan baik dan berbagai informasi untuk bahan evaluasi maupun pemantauan bisa berjalan,” imbuh Chris.

Beli rumah dengan cicilan KPR Ringan, bisa dan mudah kok. Simak video berikut ini untuk tau triknya!

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Pembangunan Infrastruktur Dorong Peningkatan Harga Lahan Di Jakarta Timur

RumahCom – Pembangunan infrastruktur yang massif di wilayah Jakarta Timur telah membuat kawasan ini terus meningkat value propertinya. Berdasarkan survei IPW, Jakarta Timur menjadi kawasan dengan ke

Lanjutkan membacaNovember 26, 2021

Perekonomian Membaik, Jadi Pendorong Geliat Sektor Properti

RumahCom – Kementerian Keuangan melaporkan situasi perekonomian yang terus membaik bahak tumbuh tinggi melebihi periode sebelum adanya pandemi. Hal ini juga mendorong geliat sektor properti dengan t

Lanjutkan membacaNovember 29, 2021

Value Terus Meningkat, Kawasan Perumahan Subsidi Ini Tawarkan Produk Komersial

RumahCom – Perkembangan sebuah kawasan membuat value sebuah produk properti berkembang. Karena itu Arrayan Group sebagai pengembang rumah subsidi mulai memasarkan produk komersial seiring terus memb

Lanjutkan membacaNovember 29, 2021

10 Bulan 2021, Program Sejuta Rumah Tercapai 871.218 Unit

RumahCom – Kementerian PUPR melaporkan capaian program sejuta rumah telah tercapai hingga 871.218 unit untuk periode 10 bulan tahun 2021. Capaian ini akan terus dikejar supaya bisa tercapai satu jut

Lanjutkan membacaNovember 29, 2021

Pengembang Terus Dorong Masyarakat Manfaatkan Insentif PPN

RumahCom – Kalangan pengembang terus mendorong masyarakat untuk segera memanfaatkan insentif pembebasan PPN karena program ini akan segera berakhir pada akhir tahun ini. Pemerintah juga akan menaika

Lanjutkan membacaNovember 29, 2021

Masukan