Township Hasil Kolaborasi Dua BUMN Ini Diserahterimakan

Wahyu ArdiyantoDesember 2, 2021

RumahCom – Dua perusahaan BUMN Perum Perumnas dan PTPN II berkolaborasi mengembangkan proyek kota baru Kota Mandiri Bekala di Deli Serdang, Sumatera Utara. Tahap pertama kota mandiri ini telah berhasil membangun seribuan unit rumah dan telah memulai serah terima.                                         

Kolaborasi antar perusahaan BUMN terus dilakukan untuk pengembangan kawasan perumahan. Kolaborasi ini dilaukan antara Perum Perumnas dan PTPN II untuk pengembangan kawasan integrated new township atau Kota Mandiri Bekala di Deli Serdang, Sumatera Utara, dan saat ini telah mulai melakukan serah terima kunci kepada konsumen.

Menurut Direktur Utama Perumnas Budi Saddewa Soediro, Perumnas dan PTPN II merupakan dua perusahaan BUMN dengan klaster berbeda namun perbedaan itu tidak menyurutkan semangat untuk tetap bisa bersinergi melakukan pelayanan kepada masayrakat melalui pengembangan kawasan perumahan.

“Dengan telah dilakukannya serah terima kunci untuk proyek Kota Mandiri Bekala tahap pertama ini, kami juga mengucapkan selamat kepada konsumen dan terima kasih karena telah mempercayakan kepada kami untuk produk huniannya,” ujarnya.

Tahap pertama pengembangan Kota Mandiri Bekala ini mencakup luas 5,5 hektar yang dikekelola oleh anak perusahaan Perumnas yaitu PT Propernas Nusa Dua. Pengembangannya antara lain untuk kawasan perumahan dan beberapa area komersial yang terinitegrasi dengan transportasi publik.

Untuk tahap pertama ini perumahan yang dibangun sebanyak 1.499 unit dengan tipe 21 dan 30 m2 plus berbagai fasilitas hunian dan area komersial untuk menunjang kebutuhan penghuni. Proyek ini juga kian menambah daftar pengembangan proyek yang terintegrasi transportasi oleh PT Propernas Nusa Dua.

“Kota Mandiri Bekala ini dibangun untuk menjadi hunian yang nyaman dan berkualitas dengan konsep integrated new township yang ke depan akan terhubung langsung dengan transportasi masal. Inovasi dan berbagai kelebihan kawasan ini akan menjadi nilai tambah dan daya tarik untuk wilayah Deli Serdang,” imbuhnya.

Kota Mandiri Bekala ini juga menambah portofolio Perumnas terkait pengembangan kawasan yang terintegrasi transportasi publik atau transit oriented development (TOD). Sebelumnya, Perumnas juga telah berkolaborasi dengan perusahaan BUMN lain untuk pengembangan kawasan TOD.

Dengan PT KAI misalnya, Perumnas tengah mengembangkan tiga proyek TOD di stasiun KRL berupa rumah susun dan satu rumah tapak. Hal ini untuk terus mendorong sarana hunian bukan hanya perumahan tapi juga mendekatkan dengan akses transportasi masal sebagaimana konsep yang terus didorong oleh pemerintah untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

Tidak sulit mempunyai rumah, ada banyak cara salah satunya KPR. Simak video berikut ini untuk informasi lengkapnya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Pemerintah Daerah Didorong Miliki Strategi Untuk Peningkatan Program Sejuta Rumah

RumahCom – Pemerintah daerah terus didorong untuk menerapkan berbagai strategi guna menyukseskan program sejuta rumah. Secara aturan ada banyak hal yang bisa diterapkan misalnya pendataan aset lahan

Lanjutkan membacaDesember 1, 2021

Pemerintah Dorong Pembiayaan Perumahan Syariah

RumahCom – Skema pembiayaan syariah untuk perumahan maupun produk properti lainnya di Indonesia masih sangat kecil dengan porsi baru 16 persen dibandingkan konvensional. Di sisi lain potensi untuk p

Lanjutkan membacaDesember 1, 2021

Pengembang Kebut Pembangunan Kejar Insentif PPN Yang Segera Berakhir

RumahCom – Insentif pembebasan PPN telah sangat nyata meningkatkan penjualan unit properti perusahaan developer. Pengembang APL terus  mendorong pembangunan berbagai proyeknya untuk memaksimalkan i

Lanjutkan membacaDesember 1, 2021

Enam Perumahan Subsidi Di Sumatera Selatan Dapat Bantuan PSU

RumahCom – Program bantuan prasarana sarana dan utilitas (PSU) bisa menjadi stimulus untuk mendorong pengembang terus membangun perumahan subsidi. Masyarakat juga bisa mendapatkan kualitas jalan lin

Lanjutkan membacaDesember 2, 2021

Pandemi Hadirkan Kebutuhan Properti Premium, Pengembang Kian Confident

RumahCom – Pengembang terus memenuhi kebutuhan pasar untuk segmen tertentu yang meningkat saat situasi pandemi Covid-19. Untuk itu pengembang PT Indonesian Paradise Property menghadirkan Antasari Pl

Lanjutkan membacaDesember 2, 2021

Masukan