PPDPP Pastikan Penyaluran KPR Subsidi Ke BP Tapera Lancar

Wahyu ArdiyantoDesember 2, 2021

RumahCom – PPDPP kembali memastikan perpindahan penyaluran KPR subsidi FLPP ke BP Tapera akan berlangsung mulus. Berbagai hal terus dipersiapkan termasuk perjanjian tripatrit antara PPDPP, bank pelaksana penyalur, dan BP Tapera sehingga tahun 2022 proses penyaluran KPR FLPP bisa lancar.

Lembaga penyalur KPR subsidi fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus memastikan hal teknis terkait pemindahan penyaluran dari PPDPP ke Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera).

Menurut Direktur Utama PPDPP Arief Sabaruddin, untuk menjalankan amanah Peraturan Menteri Keuangan No. 11 Tahun 2021 tentang mekanisme pengalihan dana FLPP dari PPDPP ke BP Tapera, PPDPP telah menyelesaikan review dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) terkait seluruh dana FLPP yang telah dialokasikan dalam APBN.

PPDPP telah menyalurkan KPR subsidi FLPP sejak tahun 2010 lalu dan itu semua harus dihitung hingga tahun pengalihan. Dalam beberapa minggu ke depan PPDPP juga harus Menyusun laporan keuangan penutup sebagai tugas dan wewenang kuasa pengguna anggaran (KPA) PPDPP.

“Makanya untuk hal ini kami tengah menyiapkan dokumen perjanjian tripatrit untuk penyaluran FLPP antara PPDPP, bank pelaksana penyalur FLPP, dan BP Tapera sehingga nantinya ketika status idle PPDPP telah dikeluarkan oleh Kementerian Keuangan maka perjanjian tripatrit ini bisa langsung dilaksanakan,” ujar Arief.

PPDPP juga telah menyelesaikan seluruh berkas berita acara serah terima (BAST) terkait tata kelola, aset dan SDM yang merupakan tindak lanjut dari Keputusan Menteri PUPR No. 1187 Tahun 2021 tentang pengalihan fungsi pengelolaan dana FLPP pada PPDPP ke BP Tapera.

Dalam keputusan itu disebutkan terdapat peralihan FLPP ke BP Tapera yaitu sistem tata kelola, sumber daya manusia, dan seluruh aset utama pendukung langsung layanan FLPP berupa aset berwujud dan aset tidak berwujud (teknologi informasi).

“Secara garis besar kami sudah menyiapkan semuanya dan BP Tapera juga sepakat bahwa tidak akan ada layanan yang terganggu. Jadi mari kita semua mengawal bersama-sama, bersabar, dan bisa memberikan koreksi bersama,” imbuhnya.

Deputi Komisioner Bidang Pemanfaatan Dana BP Tapera Ariev Baginda Siregar mengatakan, tahun 2022 mendatang BP Tapera akan menyalurkan FLPP bagi masyarakat umum sementara untuk kalangan pegawai pemerintah (ASN) mendapatkan penyaluran pembiayaan perumahan melalui dana Tapera.

“Komitmen kami adalah peralihan dari PPDPP ke BP Tapera ini plug and play sehingga apapun yang akan dihadapi selama ini baik dari perbankan, pengembang, maupun masyarakat akan sama seperti yang kemarin,” katanya.

Ditengah pandemi, rumah menjadi tempat teraman untuk berlindung. Simak selengkapnya di video berikut ini.

Gaya hidup dari generasi ini turut berpengaruh pada pergerakan tren desain ru

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Pengembang Kebut Pembangunan Kejar Insentif PPN Yang Segera Berakhir

RumahCom – Insentif pembebasan PPN telah sangat nyata meningkatkan penjualan unit properti perusahaan developer. Pengembang APL terus  mendorong pembangunan berbagai proyeknya untuk memaksimalkan i

Lanjutkan membacaDesember 1, 2021

Enam Perumahan Subsidi Di Sumatera Selatan Dapat Bantuan PSU

RumahCom – Program bantuan prasarana sarana dan utilitas (PSU) bisa menjadi stimulus untuk mendorong pengembang terus membangun perumahan subsidi. Masyarakat juga bisa mendapatkan kualitas jalan lin

Lanjutkan membacaDesember 2, 2021

Pandemi Hadirkan Kebutuhan Properti Premium, Pengembang Kian Confident

RumahCom – Pengembang terus memenuhi kebutuhan pasar untuk segmen tertentu yang meningkat saat situasi pandemi Covid-19. Untuk itu pengembang PT Indonesian Paradise Property menghadirkan Antasari Pl

Lanjutkan membacaDesember 2, 2021

Township Hasil Kolaborasi Dua BUMN Ini Diserahterimakan

RumahCom – Dua perusahaan BUMN Perum Perumnas dan PTPN II berkolaborasi mengembangkan proyek kota baru Kota Mandiri Bekala di Deli Serdang, Sumatera Utara. Tahap pertama kota mandiri ini telah berha

Lanjutkan membacaDesember 2, 2021

Ada Bunga KPR Khusus Bagi Anggota Program Jaminan Hari Tua

RumahCom – Peserta BP Jamsostek bisa mendapatkan suku bunga khusus yang ringan untuk pembiayaan perumahannya dari Bank BTN. Dua BUMN ini bekerja sama untuk program pembiayaan perumahan dengan melaku

Lanjutkan membacaDesember 2, 2021

Masukan