Program Prasarana Sarana Utilitas Untuk Rumah Subsidi Lampaui Target

Wahyu ArdiyantoDesember 6, 2021

RumahCom – Program bantuan prasarana sarana dan utilitas (PSU) yang disalurkan Kementerian PUPR tahun 2021 ini mencapai 25.781 unit dari target 25 ribu unit. Program ini merupakan stimulus untuk pengembang yang membangun rumah subsidi sehingga masyarakat bisa mendapatkan jalan lingkungan yang lebih baik.

Tahun 2021 ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menganggarkan program bantuan prasarana sarana dan utilitas (PSU) untuk 25 ribu unit rumah yang tersebar di 33 provinsi. Hingga bulan November 2021, realisasi program PSU secara nasional telah mencapai 25.781 unit atau telah melebihi target.

Komponen program bantuan PSU tahun 2021 ini juga diarahkan seluruhnya untuk pembangunan jalan lingkungan perumahan supaya manfaatnya bisa langsung dirasakan oleh masyarakat penerima bantuan pembiayaan rumah subsidi dengan jalan lingkungan yang lebih baik.

Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, program bantuan PSU ini sebagai salah satu wujud nyata program perumahan pemerintah untuk terus mewujudkan terciptanya kebutuhan rumah bagi seluruh lapisan masyarakat dengan rumah yang terjangkau, layak huni, dann berkualitas.

“Bantuan PSU ini diberikan kepada kalangan perusahaan developer supaya tetap bersemangat dalam membangun rumah bersubsidi sekaligus membantu masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dengan hunian yang layak dan fasilitas memadai dengan jalan lingkungan yang dibangun melalui program PSU,” ujarnya.

Program PSU ini dilaksanakan berdasarkan Peraturan Menteri (Permen) PUPR No. 03 Tahun 2018 tentang perubahan Permen No. 38 Tahun 2015 tentang PSU untuk perumahan umum.  Salah satu wilayah dilaksanakannya program PSU yang telah melampaui target ini antara lain di Kalimantan sebanyak 4.326 unit dengan anggaran Rp33,75 miliar.

Direktur Rumah Umum dan Komersial (RUK) Ditjen Perumahan Kementerian PUPR Fitrah Nur mengatakan, ada tiga landasan filosofis penyaluran program PSU yaitu memberikan stimulus untuk pelaku pembangunan rumah MBR, mendorong capaian target program sejuta rumah, dan memberikan manfaat bagi MBR untuk memperoleh rumah yang layak huni.

“Program sejuta rumah sendiri hingga akhir Oktober 2021 telah terealisasi  mencapai 871.218 unit di seluruh Indonesia. Rinciannya, untuk MBR sebanyak 650.649 unit dan non MBR 220.569 unit. Kementerian PUPR sendiri membangun sebanyak 226.478 unit untuk kalangan MBR,” katanya.

Notaris selalu ada dalam setiap transaksi properti ataupun mengurus hal-hal terkait properti. Simak video berikut untuk mengenal Akta Notaris lebih lanjut.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Pengembang Panen Penjualan Rumah Tapak Saat Pandemi

RumahCom – Rumah tapak jadi produk properti yang banyak dicari saat pandemi Covid-19. Perumahan Familia Urban @Bekasi bisa menjual empat klaster perumahannya diikuti tahap kedua klaster lima yang se

Lanjutkan membacaDesember 3, 2021

Pemerintah Pastikan Jalan Tol, Jalan Nasional, Dan Pendukungnya Siap Untuk Natal-Tahun Baru

RumahCom – Kementerian PUPR memastikan ribuan kilometer (km) jalan tol, jalan nasional, dan pendukung lainnya siap digunakan untuk mengantisipasi peningkatan kepadatan lalu lintas saat libur Natal d

Lanjutkan membacaDesember 3, 2021

Kawasan Yang Tadinya Banyak Dibangun Rumah Subsidi Sekarang Untuk Segmen Menengah

RumahCom – Pengembang terus meluncurkan produk baru seiring terus meningkatnya permintaan untuk rumah tapak. Dwijaya Karya Group menghadirkan rumah untuk segmen menengah di lokasi yang tadinya banya

Lanjutkan membacaDesember 6, 2021

Kebutuhan Rumah Tapak Tinggi, Proyek TOD Bogor Ini Raih Penjualan 80 Persen

RumahCom – Rumah tapak menjadi produk properti yang sangat diminati saat pandemi Covid-19. Pengembang ADCP membukukan penjualan 80 persen dari ratusan unit yang dipasarkan untuk klaster perumahan pe

Lanjutkan membacaDesember 6, 2021

Pengembang Terus Dorong Konsumen Untuk Manfaatkan Insentif PPN

RumahCom – Pengembang terus mendorong penjualan produknya untuk memaksimalkan insentif pembebasan PPN yang akan berakhir tahun ini. Pengembang Modernland Realty mengeluarkan promo akhir tahun sehing

Lanjutkan membacaDesember 6, 2021

Masukan