Ini Harapan Pengembang Setelah KPR Subsidi FLPP Disalurkan BP Tapera

Wahyu ArdiyantoDesember 8, 2021

RumahCom – Kalangan pengembang yang tergabung dalam berbagai asosiasi menyatakan apresiasinya kepada PPDPP yang telah menyalurkan KPR subsidi FLPP sejak tahun 2010. Harapan yang sama diberikan kepada BP Tapera yang akan melanjutkan penyaluran FLPP dari PPDPP.

Penyaluran KPR subsidi fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) telah resmi dialihkan ke Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera). Saat ini masih terus dilakukan koordinasi dan sinkronisasi penyaluran FLPP dari Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) ke BP Tapera.

Dalam berbagai kesempatan, Direktur Utama PPDPP Arief Sabaruddin mengungkapkan, penyaluran KPR FLPP dari PPDPP ke BP Tapera akan dilakukan secara plug and play dan tidak akan mengubah mekanisme bisnis termasuk berbagai aplikasi yang telah dikembangkan untuk memudahkan masyarakat, pengembang, maupun perbankan terkait mekanisme penyaluran FLPP.

Berbagai dukungan dan harapan juga disampaikan oleh kalangan pengembang terkait peralihan penyaluran KPR subsidi FLPP dari PPDPP ke BP Tapera ini. Menurut Ketua Dewan Pengurus Pusat Real Estat Indonesia (DPP REI) Bidang Perumahan Subsidi dan Perumahan Aparatur Pemerintah Moeroed, pihaknya berharap proses peralihan ini bisa berjalan dengan lancar.

“Selama ini kami sangat merasakan manfaat dari program KPR subsidi FLPP yang disalurkan PPDPP. Terlebih dengan berbagai aplikasi yang memudahkan baik pendaftaran, penyaluran, hingga pemantauan yang semuanya bisa berjalan dengan baik dan lancar. PPDPP juga sangat luar biasa memosisikan kami sebagai mitra dan membantu para anggota kami kalangan pengembang,” ujarnya.

Hal senada disampaikan asosiasi perusahaan pengembang lainnya. Menurut Muhammad Syawali selaku pengurus Asosiasi Pengembang dann Pemasar Rumah Nasional (Asprumnas), peralihan penyaluran FLPP ini harus bisa melanjutkan berbagai program yang telah berjalan di PPDPP.

“Kami berharap BP Tapera bisa melanjutakan program yang selama ini telah berjalan di PPDPP bahkan ditingkatkan. Kami juga sangat mengapresiasi PPDPP yang sangat luar biasa dalam melayani kami dari kalangan pengembang dan selalu memberikan solusi dari berbagai permasalahan yang dihadapi di lapangan,” katanya.

Sementara itu Endang Kawidjaja, Ketua Umum Himpunan Pengembang Permukiman dan Perumahan Rakyat (Himperra) mengatakan, berbagai layanan yang dimudahkan melalui sistem aplikasi maupun kecepatan pelayanan yang telah dijalankan oleh PPDPP harus bisa dipertahankan.

“Kami berharap BP Tapera sebagai lembaga baru yang menyalurkan KPR FLPP bisa menjalankan berbagai kemudahan dan kecepatan yang telah ditunjukkan oleh PPDPP. Bukan hanya itu, BP Tapera juga harus bisa melakukan berbagai peningkatan sehingga pelayanan perumahan untuk masyarakat juga bisa lebih luas,” pungkasnya.

Kota mandiri memang dibangun untuk jangka panjang, tetapi berpotensi baik untuk diinvestasikan kemudian. Simak jurus investasinya di video berikut ini, ya!

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Program Prasarana Sarana Utilitas Untuk Rumah Subsidi Lampaui Target

RumahCom – Program bantuan prasarana sarana dan utilitas (PSU) yang disalurkan Kementerian PUPR tahun 2021 ini mencapai 25.781 unit dari target 25 ribu unit. Program ini merupakan stimulus untuk pen

Lanjutkan membacaDesember 6, 2021

Kolaborasi Bank-Pengembang Hadirkan Bunga KPR Khusus Mulai 4 Persenan

RumahCom – Perbankan dan pengembang terus menjalin kerja sama untuk memberikan berbagai kemudahan. PaninBank dan Metland berkolaborasi dengan memberikan banyak kemudahan seperti suku bunga ringan be

Lanjutkan membacaDesember 7, 2021

Teknologi “Print” Rumah Siap Diaplikasikan

RumahCom – Teknologi telah merevolusi banyak hal termasuk cara membangun rumah. Dengan tekonogi 3D concrete printing, rumah maupun bangunan yang lain bisa dibuat dengan cara di-print dan uji coba si

Lanjutkan membacaDesember 7, 2021

Aset Rumah Dari KPR Yang Macet Dilelang, Ini Keuntungan Yang Bisa Didapat

RumahCom – Bank BTN menyelenggarakan lelang untuk produk properti yang kreditnya macet. Ada ribuan unit yang dilelang dan ini bisa menjadi kesempatan baik untuk mendapatkan unit rumah maupun apartem

Lanjutkan membacaDesember 7, 2021

Pengembang Kian Pede Luncurkan Produk Rumah Berharga Miliaran

RumahCom – Terus membaiknya penanganan pandemi Covid-19 membuat dunia usaha makin bergairah. Pengembang semakin confident untuk menawarkan produk yang menyasar segmen lebih tinggi seharga miliaran u

Lanjutkan membacaDesember 7, 2021

Masukan