Ini Manfaat Peserta Tapera Yang Sudah Punya Rumah

Wahyu Ardiyanto30 Des 2021

RumahCom – BP Tapera telah mulai bekerja untuk menyalurkan pembiayaan perumahan bagi kalangan pekerja maupun MBR. Khusus bagi pekerja yang telah memiliki rumah, BP Tapera akan mengembangkan berbagai manfaat maupun fitur-fitur yang akan menguntungkan peserta.                                                 

Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) telah resmi beroperasi. BP Tapera bekerja dengan mengelola potongan gaji setiap bulan dari kalangan pekerja dan untuk tahap awal ini disalurkan untuk kalangan aparatur sipil negara (ASN) dan KPR subsidi fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) untuk kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Menurut Komisioner BP Tapera Adi Setianto, untuk kalangan pekerja, BP Tapera menyalurkan pembiayaan perumahan dengan pola gotong royong. Artinya, pekerja yang sudah memiliki rumah mempersilakan potongan gajinya untuk membiayai kalangan pekerja yang belum memiliki rumah.

“Lalu apa manfaatnya menjadi peserta BP Tapera bagi yang sudah punya rumah? Kita tahu kendala utama pembiayaan perumahan kita karena adanya ketidaksesuaian atau mismatch sumber dana jangka pendek yang digunakan untuk pembiayaan perumahan yang jangka panjang. Makanya kalangan pekerja dipotong gajinya untuk menyediakan pembiayaan yang jangka panjang sehingga bisa mengurangi mismatch tadi,” katanya.

Kembali pada pertanyaan apa keuntungan bagi pekerja yang telah memiliki rumah. Adi menjelaskan, untuk pekerja senior yang telah memiliki rumah dan masa kerja katakan 20 tahun lagi hingga usia pensiun. Selama 20 tahun pekerja ini akan selalu membayar iuran Tapera yang akan digunakan untuk membiayai pekerja baru yang belum punya rumah dengan usia pensiun yang masih panjang, katakan di atas 30 tahun.

Iuran dari pekerja yang telah memiliki rumah akan menjadi tabungan dan bisa diambil saat nanti pensiun. Tentu bukan sekadar tabungan pensiunya tapi juga dengan pembagian hasil pemupukan dananya karena BP Tapera bekerja sebagai pengumpul dana, penyalur, cadangan, juga pemupukan dana sehingga akan ada imbal hasil bagi para peserta BP Tapera.

Bukan hanya itu, pekerja yang telah memiliki rumah juga bisa menggunakan dananya untuk renovasi rumah (KRR) atau membangun rumah di atas tanah sendiri (KBR). Semakin besar iuran dari pekerja termasuk dari penerimaan pekerja setiap tahun, maka akan semakin besar kelolaan dana BP Tapera dan makin besar pula anggaran yang bisa disalurkan untuk membiayai perumahan para anggotanya.

BP Tapera juga akan terus mengembangkan berbagai fitur maupun manfaat yang menarik untuk para anggotanya. Misalnya, peserta yang telah memiliki rumah bisa mendapatkan pembiayaan dengan bunga yang murah atau mendapatkan jasa arsitek yang lebih murah yang sudah bekerja sama dengan BP Tapera.

“Pola-pola seperti ini akan terus kami kembangkan sehingga ada banyak manfaat yang bisa didapatkan bagi peserta Tapera khususnya yang sudah memiliki rumah. Zaman dulu di kampung-kampung kalau ada warga mau bangun rumah konsepnya saling bantu seperti itu, yang bantu material, tenaga, hingga makanan, dan nanti saling bergantian. BP Tapera konsepnya seperti itu tapi dikemas dengan sistem keuangan yang lebih canggih untuk manfaat yang sebesar-besarnya bagi peserta,” beber Adi.

Menggunakan agen properti untuk membantu proses pembelian rumah menjadi lebih lancar dan mudah, Lalu apa sih untungnya? nonton videonya berikut ini.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Tahun 2022, Rumah Tapak Masih Jadi Andalan Pengembang

RumahCom – Pengembang manatap optimistis bisnis properti tahun 2022 yang masih ditopang oleh produk landed house. Swancity merupakan township di Tangerang yang masih akan fokus menyediakan produk la

Lanjutkan membaca29 Des 2021

Pengembang Bakal Agresif Dorong Kinerja Bisnis Tahun 2022

RumahCom – Pelemahan bisnis akibat dampak  pandemi Covid-19 selama dua tahun terakhir akan didorong pada tahun 2022. Pengembang kian optimistis seiring tren peningkatan bisnis seperti PT Mas Murni

Lanjutkan membaca30 Des 2021

Ada Jalan Dan Jembatan Penghubung Baru, Ini Manfaatnya Untuk Masyarakat Konawe

RumahCom – Kementerian PUPR melanjutkan pembangunan jalan poros dan jembatan yang mengubungkan ruas Morosi-Lasolo di Konawe, Sulawesi Tenggara. Keberadaan infrastruktur ini bisa mendukung kawasan in

Lanjutkan membaca30 Des 2021

Bisa Ditiru, Koperasi Karyawan Gandeng Bank Untuk Fasilitasi Pembiayaan Rumah

RumahCom – Koperasi Karyawan Kawan Lama Mandiri (Kopkari) menggandeng Bank BTN untuk menyediakann pembiayaan perumahan (KPR-KPA) maupun produk pembiayaan lainnya. Dengan kerja sama ini para karyawan

Lanjutkan membaca30 Des 2021

Kolaborasi Pemerintah Pusat, Daerah, Hingga Lembaga Keuangan Dorong Aksesibilitas Masyarakat Ke Sarana Hunian

RumahCom – Kolaborasi antara SMF, Pemkab Sragen, pemerintan pusat, dan stakeholder lainnya terus ditingkatkan untuk menyediakan akses masyarakat terhadap pembiayaan perumahan khususnya kalangan MBR

Lanjutkan membaca30 Des 2021

Masukan