Begini Siasat Tata Ruang Untuk Daerah Rawan Bencana

Boy LeonardFebruari 9, 2021

Begini Siasat Tata Ruang Untuk Daerah Rawan Bencana

RumahCom – Pulau Jawa bagian selatan juga menjadi fokus pemerintah untuk dikembangkan. Daerah rawan bencana seperti di bagian selatan  ini harus memasukkan potensi bencana hingga mitigasinya ke dalam rencana tata ruang hingga implikasi lainnya sehingga pembangunan tetap bisa berjalan.

Salah satu fokus pemerintah terkait pembangunan adalah melakukan pemerataan ke semua wilayah seperti daerah perbatasan maupun pelosok. Wilayah Pulau Jawa bagian selatan misalnya, saat ini masih terjadi ketimpangan karena pembangunan infrastrukturnya kalah dari Jawa bagian utara.

Pemerataan pembangunan salah satunya juga untuk mengurangi kesenjangan dan memberikan kesempatan yang sama untuk seluruh masyarakat. Karena itu salah satu fokus pembangunan juga dilakukan untuk wilayah bagian selatan seperti Sukabumi baik wilayah kota maupun kabupaten.

Menurut Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Surya Tjandra, pihaknya terus menyaring masukan terkait kondisi pertanahan di wilayah Sukabumi untuk merumuskan pola pembangunan yang tepat karena wilayah ini yang cenderung rawan bencana.

“Sukabumi merupakan wilayah yang rawan bencana tapi itu bukan berarti daerah ini tidak bisa dibangun. Artinya, kita harus menjadikan hal ini sebagai tantangan dan menjadikan bencana sebagai bagian integral dari tata ruang maupun perencanaan pembangunan di wilayah ini,” ujarnya.

Sebagai bagian integral, artinya perencanaannya harus paham dan memasukkan peta geologis dan data geologis secara detil dan itu harus dikombinasikan dengan rencana tata ruang. Semua yang tercantum di dalam tata ruang terkait unsur-unsur potensi kebencanaan ini harus diikuti dengan pelaksanaan yang baik dan efektif.

Daerah rawan bencana harus dibuat rencana dengan memasukkan strategi mitigasi di awal perencanaan. Dengan dasar itu seluruh program-program yang akan dikerjakan nantinya akan memiliki multi player effect yang besar. Bentuknya bisa area untuk perkebunan, komoditas tertentu, atau kawasan ekonomi khusus dengan pelayanan tertentu maupun produk unggulan yang akan menjadi prioritas.

Surya juga menyebut, pengembangan kawasan Sukabumi bisa sejalan dengan proyek infrastruktur yang juga terus dikebut oleh pemerintah. Beberapa program strategis nasional memiliki potensi dan peluang yang besar seperti jalan tol dan pelaksanaan program reforma agraria.

“Proyek jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) misalnya, akan menjadi salah satu backbone untuk mendorong dan mengakselerasi perkembangan Sukabumi. Selama ini akses menuju ke Sukabumi kerap macet dan itu karena di wilayah ini banyak sumber daya alam sehingga traffic ke sini juga padat. Potensi yang besar ini harus diikuti dengan pengembangan infrastruktur sehingga lebih efektif dan efisien,” pungkasnya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Begini Wajah Simpang Senen Setelah Direvitalisasi

RumahCom – Kolaborasi antara pihak pemprov dengan swasta kembali terjadi untuk merevitalisasi maupun mempercantik kawasan Simpang Senen. Produsen cat Mowilex ikut terlibat untuk membenahi kawasan in

Lanjutkan membacaFebruari 9, 2021

TOD Bisa Jadi Ciri Sunrise Property

RumahCom – TOD merupakan konsep hunian yang menggabungkan residensial dengan berbagai sarana pendukung yang ditunjang dengan transportasi publik modern. Konsep pengembangan hunian modern seperti ini

Lanjutkan membacaFebruari 10, 2021

Tiga Keuntungan Hunian Di Kawasan Industri

RumahCom – Kawasan industri dikembangkan bukan hanya untuk segmen yang kecil tapi harus memerhatikan banyak kepentingan mulai infrastruktur, fasilitas, dan lainnya. Karena itu memiliki hunian di kaw

Lanjutkan membacaFebruari 9, 2021

Masukan