Sektor Perkantoran Surabaya Mulai Bangkit

RumahCom – Sektor properti mulai menggeliat dengan didorong dari segmen perkantoran untuk wilayah Surabaya. Berbagai adaptasi dan penyesuaian selain kebutuhan akan ruang perkantoran telah membuat gedung perkantoran di Surabaya kembali diserap seperti yang dialami PT Intiland Grande.

Sektor properti menjadi yang paling terdampak saat pandemi Covid-19 hampir di seluruh sektornya baik residensial, mal, hotel, perkantoran, pergudangan, dan lainnya. Namun begitu bukan berarti sektor ini tidak ada pergerakan, di lokasi tertentu tetap ada sektor-sektor yang menggeliat seperti perkantoran di wilayah Surabaya.

Menurut Harto Laksono, Direktur Pemasaran PT Intiland Grande, anak usaha PT Intiland Development Tbk untuk pengembangan di wilayah Surabaya, tingkat permintaan untuk ruang perkantoran yang sempat mengalami konstraksi dan penurunan sejak tahun lalu mulai menunjukan titik balik.

“Beberapa portofolio kami untk gedung peerkantoran di Surabaya yaitu Intiland Tower dan Praxis  di pusat kota dan gedung lain di Surabaya Barat yaitu Spazio dan Spazio Tower mulai meningkat permintannya. Masa pandemi ini telah meningkatkan kebutuhan terhadap area perkantoran yang sehat dan nyaman dan itu mendorong tren baru untuk dunia bisnis khususnya di Surabaya,” ujarnya.

Memasuki periode awal tahun 2021 ini, Harto menyebut sinyalemen permintaan ruang perkantoran di Surabaya terus mengalami tren yang positif. Gedung perkantorann strata title di Spazio Tower misalnya, berhasil diserap pasar dengan cukup baik mencapai 70 persen dan 60 persennya telah mulai dihuni.

Beberapa perusahaan nasional dan multinasional yang telah berkantor di Spazio Tower hadir untuk berbagai industri. Misalnya, di bidang manufaktur, supplier, digital start-up, dan sebagainya. Bahkan ada juga satu perusahaan yang menempati area kantor seluas satu lantai gedung.

Target Spazio Tower memang dari kalangan pengguna akhir (end user) para pemilik bisnis maupun pabrik yang membutuhkan kantor representative untuk melakukan pertemuan dengan investor maupun calon konsumen dari produknya sebelum berkunjung ke lokasi pabrik.

Respon positif untuk sektor perkantoran di Surabaya ini juga tidak terlepas dari perkembangan kawasan Surabaya Barat dengan pembangunan infrastruktur serta transportasi yang baik. Spazio Tower ini juga merupakan pengembangan lanjutan dari Gedung Spazio yang telah beroperasi sejak tahun 2012 lalu.

Sementara Praxis merupakan area perkantoran modern di pusat Kota Surabaya. Praxis merupakan pengembangan mixed use & highrise terpadu berfasilitas mal. Modifikasi lain yang dilakukan terkait pandemi yaitu membuat lingkungan kantor yang lebih efisien dan memiliki fleksibilitas yang sama ketika harus menjalankan kegiatan work from home.

“Kami juga menawarkn konsep sehat dari unit kantor sehingga bisa memberikan keyakinan lebih bagi calon konsumen. Tren positif untuk sektor perkantoran ini mulai terlihat sejak akhir tahun lalu dan hal itu terus meningkatkan keyakinan konsumen terkait keamanan bekerja di gedung perkantoran,” bebernya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR