Setelah Direnovasi, Gedung Sarinah Akan Dikembalikan Seperti Aslinya Tahun 1960-an

Boy LeonardFebruari 10, 2021

Setelah Direnovasi, Gedung Sarinah Akan Dikembalikan Seperti Aslinya Tahun 1960-an

 RumahCom – Gedung Sarinah yang merupakan salah satu cagar budaya akan dikembalikan seperti bentuk aslinya sebagaimana yang digagas oleh Presiden Soekarno. Targetnya, gedung ini akan kembali dibuka pada November tahun ini.

Gedung Sarinah di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, merupakan gedung ikonik dan merupakan salah satu bangunan cagar budaya Indonesia. Hal itu tidak terlepas dari  sejarah bangunan ini yang dibangun pada era Presiden Soekarno dari rampasan perang Jepang dan merupakan bangunan highrise pertama di Indonesia.

Saat ini, Gedung Sarinah tengah direnovasi yang prosesnya dimulai sejak bulan Juli 2020 lalu dan ditargetkan akan selesai pada November 2021 dengan biaya renovasi mencapai Rp700 miliar. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono berkesempatan meninjau proses renovasi gedung yang  dibangun pada tahun 1962-1966 ini.

Basuki menyebut, Gedung Sarinah ini akan mengembalikan konsep desain menara dan podium kepada bentuk aslinya dengan beberapa penambahan. Misalnya, gedung ini dirancang sebagai gedung smart dan green building yang dilenngkapi dengan area berkumpul dan penyediaan co-working space yang modern.

“Kami juga mengingatkan supaya renovasi gedung ini memerhatikan kualitas pondasi dan tiang gedung lama untuk menjamin keamanan bangunannnya. Selain itu juga supaya diperhatikan betul estetika bangunan karena ini merupakan gedung cagar budaya,” ujarnya.

Untuk memastikan keamanan bangunan ini, pihak kontraktor yaitu PT Wijaya Karya, telah menggandeng tim independen dari berbagai tenaga ahli untuk  memastikan konstruksi gedung ini. Pengujian struktur bangunan ini juga telah mengacu pada SNI terbaru karena itu saat baru pada tahap pekerjaan di lapangan telah dilakukan beberapa perkuatan baik itu pondasi maupun struktur kolom penyangga.

Karena gedung cagar budaya, maka bentuk bangunan asli termasuk adanya karya seni patung relief akan dijaga keasliannya. Transformasi Gedung Sarinah ini sendiri memang bertujuan untuk membangun gedung ini dengan gaya lama dan menjaga keaslian namun dengan estetika kekinian sehingga tetap menjadi sebuah bangunan ikon ke depannya.

Direktur Operasi III PT Wijaya Karya Sugeng Rochadi menambahkan, untuk menjadi ikon kekinian diperlukan tambahan sarana-prasarana untuk memudahkan pengunjung datang ke Gedung Sarinah. Salah satunya dengan rencana penambahan area parkir basemen sebanyak dua lantai.

“Akan ada tambahan mezanin juga sebanyak dua lantai dan untuk casing atau fasadnya akan diubah ke kondisi asli tampilan saat gedung ini pertama kali dibangun tahun 1960-an. Dulu tahun 1984 gedung ini pernah direnovasi karena kebakaran, bagian fasad dan podiumnya ditutup alumunium dan tangga outdoor diberi atap, nantinya akan dikembalikan seperti semula saat dikonsep oleh Presiden Soekarno,” bebernya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

TOD Bisa Jadi Ciri Sunrise Property

RumahCom – TOD merupakan konsep hunian yang menggabungkan residensial dengan berbagai sarana pendukung yang ditunjang dengan transportasi publik modern. Konsep pengembangan hunian modern seperti ini

Lanjutkan membacaFebruari 10, 2021

Di Australia, Legalitas Pemilik  Properti Orang Asing Disamakan Dengan Penduduk Lokal

RumahCom – Pemerintah Australia menyamakan konsumen asing maupun lokal untuk kepemilikan produk properti yaitu dengan sertifikat hak milik (SHM) yang berlaku seumur hidup dan bisa diwariskan. SHM di

Lanjutkan membacaFebruari 9, 2021

Pandemi Bukan Alasan Tak Luncurkan Produk  Baru

RumahCom – Kalangan pengembang terus melakukan adaptasi terkait konsep produk hingga pola marketing untuk terus meningkatkan transaksi penjualan saat situasi pandemi. Pengembang Citra Swarna Group d

Lanjutkan membacaFebruari 10, 2021

Peran BPR Syariah Bisa Dimaksimalkan Untuk Memperluas Akses Masyarakat Pada Pembiayaan Perumahan

RumahCom – SMF terus mendorong peran BPR Syariah untuk menyalurkan pembiayaan perumahan. Jumlah BPR Syariah yang banyak dan tersebar akan lebih mudah untuk menjangkau masyarakat luas di berbagai pel

Lanjutkan membacaFebruari 10, 2021

Sektor Perkantoran Surabaya Mulai Bangkit

RumahCom – Sektor properti mulai menggeliat dengan didorong dari segmen perkantoran untuk wilayah Surabaya. Berbagai adaptasi dan penyesuaian selain kebutuhan akan ruang perkantoran telah membuat ge

Lanjutkan membacaFebruari 10, 2021

Masukan