Regulasi Baru Jakarta, Proses Perizinan Dari 360 Hari Jadi 57 Hari, IMB Jadi 14 Hari

Februari 15, 2021

RumahCom – Pemprov DKI Jakarta mengeluarkan regulasi untuk memangkas waktu perizinan sehingga diharapkan bisa menggeliatkan perekonomian. Hal ini diapresiasi oleh kalangan pengembang terlebih sektor properti merupakan lokomotif ekonomi yang akan menggerakkan 174 industri lainnya.

Kalangan pengembang yang tergabung dalam asosiasi Real Estat Indonesia (REI) DPD DKI Jakarta mengapresiasi kebijakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang dianggap akan memudahkan bisnis properti. Pemprov DKI Jakarta menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) No. 118 Tahun 2020 tentang izin pemanfaatan ruang.

Regulasi ini sendiri dikeluarkan salah satunya untuk mendorong menggeliatnya industri properti khususnya dengan berbagai kendala akibat pandemi Covid-19. Menurut Ketua DPD REI DKI Jakarta Arvin F. Iskandar, terbitnya pergub ini sangat baik di tengah situasi yang serba berat saat ini.

“Tentunya kami sangat mengapresiasi terbitnya regulasi ini dan semoga percepatan dan penyederhanaan perizinan sebagaimana yang tertera di dalam pergub ini bisa berjalan baik dan implementatif di lapangan sehingga bisa menjadi stimulus untuk industri real estat di ibukota,” ujarnya.

Regulasi yang diterbitkan Pemprov DKI Jakarta disebut Arvin, bisa mendorong peningkatan geliat sektor properti. Hal ini tentunya akan memberikan dampak yang baik juga untuk sektor lainnya karena properti merupakan lokomotif yang memiliki multiplier effect hingga 174 industri lain di belakangnya.

Selama ini untuk mendapatkan perizinan membangun di wilayah DKI Jakarta sangat sulit dengan banyaknya aturan maupun regulasi yang ditetapkan. Penyederhanaan yang diberlakukan dalam regulasi baru ini merupakan salah satu respon dari Gubernur Anies Baswedan untuk percepatan pembangunan di Jakarta.

Punya rumah yang ingin cepat lunas? simak caranya di video berikut ini agar hunian segera lunas.

 

Melalui regulasi ini, Anies telah memangkas proses perizinan gedung dari 360 hari menjadi 57 hari. Sementara izin bangunan rumah (IMB) tinggal menjadi hanya 14 hari saja. Regulasi ini juga menjadi aturan yang merupakann bagian dari Paket Kebijakan Pemulihan Ekonomi Universal Pemprov DKI Jakarta.

“Sekali lagi kami sangat mengapresiasi keluarganya regulasi ini dan ini juga merupakan masukan dari DPD REI DKI Jakarta sejak beberapa tahun lalu. Kami juga siap untuk kembali berdialog dengan pihak pemprov untu poin-poin aturan pelaksanaan dalam pergub ini supaya implementasi di lapangan semakin baik,” imbuh Arvin.

Regulasi ini sendiri bukan hanyaa terkait aturan tapi juga akan menjamin proses perizinan yang lebih ringkas, tertata, dan berbasis teknologi informasi. Berbagai aturan yang dikeluarkan juga telah melalui serangkaian diskusi dengan para pakar maupun praktisi untuk menghasilkan aturan yang lebih sederhana, efektif, dan tetap dengan prinsip kehati-hatian. Pemprov DKI Jakarta sendiri menyebut industri konstruksi dan real estat memberikan sumbangan mencapai 17,61 persen untuk total perekonomian ibukota.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Pengembang Optimistis Vaksin Covid Akan Dongkrak Bisnis Properti

RumahCom – Vaksin Covid-19 telah dimulai di beberapa negara termasuk di Indonesia. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan diri untuk sektor bisnis properti dan dengan potensi yang sangat besar di sek

Lanjutkan membacaFebruari 11, 2021

Pintu Tidak Harus Selalu Kayu, Material Alternatif Ini Tampilannya Juga Seperti Kayu

RumahCom – Material bahan bangunan alternatif telah bisa menggantikan material konvensional bahkan memiliki beberapa kelebihan yang lebih baik. Pintu Fortress misalnya, menggunakan material plat baj

Lanjutkan membacaFebruari 11, 2021

Vaksin Covid-19 Bikin Pengembang Lebih Optimistis Jalani Bisnis

RumahCom – Kalangan pengembang menjadi lebih optimistis dengan telah dimulainya program vaksinasi untuk memutus pandemi Covid-19. Situasi pasar yang tertekan cukup lama akan lebih bergairah dengan p

Lanjutkan membacaFebruari 11, 2021

Perkantoran Hingga Ritel Masih Berat, Tapi Mulai Bergerak

RumahCom – Beberapa sektor properti memiliki kinerja yang berat pada periode tahun 2020 lalu akibat pandemi Covid-19. Riset JLL menyebutkan, kendati situasinya masih cukup berat, sektor perkantoran

Lanjutkan membacaFebruari 15, 2021

Setelah Direvitalisasi, Pasar Seni Sukawati Bali Jadi Seperti Ini

RumahCom – Kementerian PUPR memiliki program untuk merevitalisasi kawasan maupun bangunan cagar budaya maupun ikonik. Pasar Seni Sukawati di Bali merupakan salah satu bangunan yang direnovasi dan si

Lanjutkan membacaFebruari 15, 2021

Masukan