Tarif Tol Naik, Pelayanan Hingga Fasiltas Rest Area Akan Ditingkatkan

Boy LeonardFebruari 15, 2021

Tarif Tol Naik, Pelayanan Hingga Fasiltas Rest Area Akan Ditingkatkan

RumahCom – Pemerintah akan memastikan kenyamanan, fasilitas, hingga pelayanan seluruh ruas jalan tol termasuk kawasan rest area akan ditingkatkan dengan kenaikan tarif jalan tol. Fungsi rest area juga bukan sekadar tempat singgah tapi untuk etalase obyek wisata hingga UMKM.

Pemerintah telah mengumumkan kenaikan tarif tol di beberapa ruasnya. Karena itu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong seluruh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk bisa memenuhi dan meningkatkan pelayanan jalan tol termasuk pemenuhan standar pelayanan minimal (SPM) rest area atau tempat istirahat dan pelayanan (TIP).

Keberadaan rest area kerap menjadi perhatian luas masyarakat terutama pengguna jalan tol, karena itu dengan kenaikan tarif tol harus bisa meningkatkan pelayanan jalan tol termasuk kawasan rest area. Di sisi lain Menteri PUPR Basuki Hadimuljono juga mengingatkan, pelayanan jalan tol jangan semata mengejar tercapainya SPM tapi harus terus  didoronng untuk kualitas layanan secara berkelanjutan untuk seluruh sarana jalan tol.

“Dengan lingkungan jalan tol yang makin baik tentunya akan berkontribusi terhadap kenyamanan dan keselamatan dalam mengemudi di jalan tol, bukan hanya jalannya tapi juga rest area-nya karena ekspektasi masyarkat juga semakin tinggi.  Jadi tidak boleh lagi hanya mengejar standar minimal SPM,” ujarnya.

Untuk memastikan pelayanan layanan rest area seiring peningkatan layanan jalan tol, secara berkala evaluasi terus dilakukan oleh Kementerian PUPR. Di sepanjang jalan tol Trans Jawa misalnya, mulai rest area Km. 102 A ruas tol Cikampek-Palimanan hingga Km. 833 B ruas tol Pasuruan-Probolinggo.

 

Manakah jenis properti yang cocok untuk kamu, Rumah atau Apartemen? Temukan jawabannya di video berikut ini, yuk!

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Sosial Budaya dan Peran Masyarakat Sudirman menambahkan, peninjauan rest area ini merupakan tindak lanjut dari Menteri PUPR terkait penyesuaian tol sebagai salah satu syarat untuk penyesuaian tarif tol.

“Konsep rest area juga tidak  seharusnya hanya tempat istirahat atau singgah tapi juga bisa dimanfaatkann secara maksimal sebagai etalase produk lokal dan pengembangan wilayah sekitarnya.  Rest area diharapkan bisa jadi tempat edukasi dengan memberikan informasi tentang banyak hal seperti obyek wisata dan UMKM,” katanya.

Akhirnya, untuk menaikan tarif tol harus memastikan kriteria rest area yang tertera dalam Peraturan Menteri PUPR No. 10 Tahun 2014 dan No. 12 Tahun 2018 yaitu terpenuhinya core function. Beberapa aspek core function yaitu kelancaran, keselamatan, dan kenyamanan pengguna ruas jalan tol.

Kemudian hal lainnya harus terpenuhinya support function di rest area jalan tol berupa penerapan regulasi tentang tempat istirahat dan pelayanan pada jalan tol dan terpenuhinya fungsi kebutuhan pendukung dan pelengkap di rest area.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Hutama Karya Optimalkan PMN Rp11 Miliar Untuk Proyek Ini

RumahCom - PT Hutama Karya (Persero) berencana mengoptimalkan penggunaan Penyertaan Modal Negara (PMN) tahun 2020 senilai Rp11 triliun untuk proyek pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) Jalan To

Lanjutkan membacaAgustus 10, 2020

Tol Bocimi Bisa Bikin Cikembar Di Sukabumi Berkembang Pesat

RumahCom – Konsultan properti Colliers International Indonesia memperkirakan kawasan industri Cikembar di Sukabumi akan berkembang pesat.Menurut Senior Associate Director Research Colliers Indonesia

Lanjutkan membacaOktober 12, 2020

Pemerintah Janji 11 Jalan Tol Baru Kelar Akhir 2020

RumahCom - Pemerintah berjanji sebanyak 11 konstruksi ruas tol baru sepanjang 125 kilometer akan selesai akhir Desember 2020. Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perum

Lanjutkan membacaOktober 22, 2020

Hore, 6 Ruas Tol Jabodetabek Sudah Bisa Dipakai Akhir 2020!

RumahCom - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama badan usaha jalan tol (BUJT) memastikan penyelesaian pembangunan enam ruas tol baru di kawasan metropolitan Jabodetabek. Saat

Lanjutkan membacaOktober 27, 2020

Masukan