Sekali Lagi, Sertifikat Elektronik Tidak Akan Menarik Sertifikat Yang Dipegang Masyarakat

Boy LeonardFebruari 16, 2021

Sekali Lagi, Sertifikat Elektronik Tidak Akan Menarik Sertifikat Yang Dipegang Masyarakat

 RumahCom – Kementerian ATR/BPN akan terus meningkatkan edukasi dan sosialisasi terkait program digitalisasi sertifikat elektronik. Penerapan digitalisasi ini justru untuk menjamin keamanan serta kemudahan proses pendaftaran hingga transaksi pertanahan dengan tanda tangan digital, hash code, dan lainnya.

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) kembali menegaskan terkait program sertifikat elektronik tidak akan menarik sertifikat yang dipegang oleh masyarakat. Penerapan sertifikat elektronik ini merupakan program digitalisasi kementerian yang tertera dalam Peraturan Menteri ATR/Kepala BPN No. 1 Tahun 2021.

“Sosialisasi untuk program ini akan terus dilakukan jajaran internal yang ada di kantor pusat hingga seluruh kantor-kantor pertanahan di Indonesia supaya tidak lagi ada simpang siur mengenai masalah ini. seluruh insan Kementerian ATR/BPN juga diharapkan bisa menjadi duta informasi untuk menyebarluaskan, mengedukasi, serta memberi pemahaman yang baik kepada masyarakat,” ujar Yulia Jaya Nirmala, Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian ATR/BPN.

Dengarkan cerita 10 tahun perjuangan lalui berbagai cobaan demi punya rumah sendiri di video berikut ini.

Program digitalisasi ini juga tidak akan dilakukan dengan serampangan dan tentunya ada tahapan-tahapannya. Transformasi digital akan dimulai dengan berbagai persiapan mulai dari regulasi hingga infrastruktur yang terus dibangun dan dilengkapi. Transformasi dengan layanan elektronik ini juga merupakan amanat UU Cipta Kerja yang disahkan beberapa waktu lalu.

Dengan sertifikat elektronik juga merupakan salah satu upaya perbaikann pelayanan kepada masyarakat dan memberikan kepastian kepemilikan hak atas tanah sehingga legalitas masyarakat bisa lebih terjamin selain memberikan kemudahan perizinan hingga transaksi. Karena itu edukasi khususnya terkait adanya penarikan sertifikat analog yang dipegang masyarakat tidak akan terjadi.

Karena itu program ini juga akan dimulai untuk tanah-tanah yang saat ini belum terdaftar. Saat didaftarkan barulah tanah-tanah ini diproses dengan sertifikat elektronik. Pemberlakuannya juga untuk wilayah maupun kota-kota yang memiliki infrastruktur yang baik dan validasi data yang lengkap seperti di Jakarta dan beberapa kota lainnya.

Dirjen Penetapan Hak dan Pendaftaran Tanah Kementerian ATR/BPN Suyus Windayana mengatakan, dengan sistem berbasis elektronik ini juga akan ada perubahan pola kerja khususnya untuk membuat seluruh dokumen menjadi berbasis digital sehingga pengecekan dan lainnya juga dilakukan secara digital.

“Akan ada beberapa hal yang harus dicek ulang serta perubahan SOP terkait dengan proses untuk pelayanan yang berbasis digital. Dokumen yang berbasis digital ini juga akan menggunakan tanda tangan elektronik hingga kode unik atau hash code atas dokumen yang diterbitkan,” bebernya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Mau Beli Tanah, Perhatikan Tiga Hal Ini Supaya Aman

 RumahCom – Membeli tanah harus siap lebih repot karena ada banyak legalitas yang harus diperhatikan dan diurus. Ini supaya obyek yang kita beli merupakan properti yang aman. Simak tiga tips dari p

Lanjutkan membacaMaret 24, 2020

Bukan Hanya Legalitas, Ini Manfaat Lain Dari Tanah Yang Bersertifikat

RumahCom – Pensertifikatan tanah di seluruh wilayah Indonesia merupakan salah satu fokus utama Kementerian ATR/BPN. Tanah yang telah bersertifikat menjadi legal, menghilangkan konflik, hingga akses

Lanjutkan membacaAgustus 12, 2020

Tak Usah Khawatir, Pemerintah Jamin Keamanan Sertifikat Elektronik

RumahCom – Pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN akan menerapkan sertifikat elektronik menggantikan sistem analog. Dengan sistem elektronik ini akan tercipta efisiensi, kemudahan pendaftaran, hingg

Lanjutkan membacaFebruari 9, 2021

Pemerintah Tidak Akan Tarik Sertifikat Lama, Ini Tahapan Sertifikat Elektronik

RumahCom – Pemerintah menjamin pemberlakukan sertifikat elektronik tidak akan merugikan masyarakat. Sertifikat yang dipegang masyarakat tidak akan ditarik, tetap berlaku, dan penerapannya untuk tana

Lanjutkan membacaFebruari 10, 2021

Masukan