Untuk Pemulihan Ekonomi, Rumah Masyarakat Dijadikan Homestay

Februari 16, 2021

RumahCom – Untuk mempercepat pemulihan perekonomian yang terdampak pandemi Covid-19, SMF menyalurkan program pembangunan rumah masyarakat menjadi homestay untuk menggerakan sektor pariwisata daerah. Pembangunan homestay kali ini dilakukan di Sumedang.

PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) menjalin kerja sama dengan Pemerintah Daerah Sumedang, Jawa Barat, dan Yayasan Masyarakat Indonesia Emas (YMIE) untuk pengembangan pariwisata daerah di Kabupaten Sumedang melalui pembiayaan pembangunan homestay, pendampingan, pemberdayaan masyarakat, pengawasan, dan pembinaan komunitas kelompok pariwisata.

Kerja sama ini direalisasikan melalui penandatanganan nota kesepahaman antara Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, dan Ketua Umum YMIE Maersudi Wahyu Kisworo di Pendopo Pusat Pemerintahan Kabupaten Sumedang akhir pekan lalu.

Menurut Ananta, kerja sama dengan Pemda Sumedang ini merupakan komitmen SMF untuk ikut mendukung pemulihan ekonomi nasional (PEN) khususnya di sektor pariwisata melalui pembiayaan homestay. Dengan sektor  paraiwisata yang menggeliat diharapkan roda perekonomian daerah akan ikut bergerak.

“SMF sebagai special mission vehicle Kementerian Keuangan siap mendukung upaya pemerintah untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Melalui pembiayaan homestay untuk rumah-rumah masyarakat di kawasan ini semoga sektor pariwisata segera pulih dan perekonomian kembali bergerak,” ujarnya.

Dengan bergeraknya homestay di Desa Wisata Sumedang ini akan mendjadi pendorong bergeraknya sektor wisata sehingga memunculkan banyak potensi ekonomi yang lain khususnya bagi pemilik homestay maupun masyarakat sekitar. Program pembiayaan homestay ini akhirnya bisa memberikan dampak dari sisi sosial, pendidikan, pekerjaan, tingkat pendapatan, kualitas hidup, perdagangan, dan sebagainya.

Investasi di kampung halaman bisa menjadi pilihan tepat yang menguntungkan. Lalu gimana caranya? simak videonya berikut ini.

 

Bupati Sumedang Dony mengatakan, Sumedang telah menetapkan pariwisata sebagai salah satu core business pemerintah daerah sehingga program pembiayaan homestay ini sangat tepat untuk terus membangun ekosistem wisata salah satunya dengan penyediaan tempat menginap atau homestay.

Program pembiayaan homestay sendiri merupakan salah satu program penugasan khusus kepada SMF dari pemerintah. Sejak tahun 2019 lalu SMF telah bersinergi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk merealisasikann prohram kemitraan berupa program pembiayaan homestay di destinasi pariwisata prioritas. Sejauh ini SMF telah membiayai pembangunan homestay di Yogyakarta, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan lainnya.

SMF juga menyerahkan bantuan berupa Rumah Trauma Healing untuk korban bencana di daerah Sumedang. Bantuan diberikan dalam bentuk pembangunan Rumah Trauma Healing untuk para korban bencana sehingga bisa menjadi tempat bagi para korban untuk kembali menumbuhkan harapan dan membangun kembali semangat hidup.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Lahan Perkebunan Kopi Gayo Dan Pisang Cavendish Di Aceh Ini Legalitasnya Masih Kawasan Hutan

 RumahCom – Daerah penghasil komuditas perkebunan seperti di Bener Meriah dengan kopi gayo dan pisang Cavendish memiliki kendala dari legalitas lahan perkebunannya.  Selama ini lahan yang telah di

Lanjutkan membacaFebruari 15, 2021

Konflik Hingga Mafia Tanah Bisa Dicegah Dengan Sertifikat Elektronik

RumahCom – Kementerian ATR/BPN terus mengembangkan dan membangun infrastruktur untuk pelaksanaan reforma agraria dengan berbasis elektronik. Seluruh layanan pertanahan maupun perizinan akan berbasis

Lanjutkan membacaFebruari 16, 2021

Infrastruktur Jadi Katalisator Percepatan Penjualan Produk Properti

RumahCom – Perkembangan infrastruktur di suatu lokasi bisa mengangkat produk properti yang dipasarkan di wilayah tersebut. Pengembang SML misalnya, diuntungkan dengan perkembangan infrastruktur untu

Lanjutkan membacaFebruari 16, 2021

Sekali Lagi, Sertifikat Elektronik Tidak Akan Menarik Sertifikat Yang Dipegang Masyarakat

 RumahCom – Kementerian ATR/BPN akan terus meningkatkan edukasi dan sosialisasi terkait program digitalisasi sertifikat elektronik. Penerapan digitalisasi ini justru untuk menjamin keamanan serta k

Lanjutkan membacaFebruari 16, 2021

KEK Lido Dan Gresik Ditetapkan, Ini Dampaknya Untuk Pariwisata Hingga Devisa

RumahCom – Pemerintah kembali menetapkan kawasan ekonomi khusus (KEK) untuk wilayah Lido, Jawa Barat, dan Gresik, Jawa Timur. Pengembangan KEK ini bisa mendatangkan pendapatan hingga triliunan dan m

Lanjutkan membacaFebruari 16, 2021

Masukan