2021 Sektor Propeti Warming Up Karena Vaksin, Booming Tahun 2025

Februari 16, 2021

RumahCom – Program vaksinasi yang akan dilakukan untuk 180 jutaan penduduk Indonesia akan berdampak sangat baik untuk kemajuan bisnis properti. Vaksin telah membuat sektor properti saat ini mengalami warming up dan akan terus mengalami peningkatan hingga tahun 2025.

Sebelum ada pandemi Covid-19, berbagai kalangan banyak yang memprediksi industri properti akan mengalami kebangkitan pada tahun 2020 setelah sektor ini mengalami kelesuan panjang dari tahun 2014. Tahun 2020 juga banyak indikasi dan sentimen-sentimen positif yang mendukung kebangkitan sektor properti dan pandemi telah membuyarkan hal tersebut.

Tapi setelah pandemi kita lalui sekitar satu tahun belakangan dan juga telah dimulai program vaksinasi, keyakinan sektor properti akan bangkit kembali menggeliat. Beberapa kalangan menyebut tahun 2021 ini bisa menjadi momentum kebangkitan itu karena tanda-tandanya juga sudah mulai terlihat sejak akhir tahun lalu.

Indikator yang paling terasa yaitu, kendati perekonomian nasional mencatatkan minus tahun 2020 lalu, sektor properti masih mencatatkan kinerja postif yaitu 1,2-2 persen. Sebagai lokomotif perekonomian dengan 174 industri di belakangnya, pemerintah akhirnya menjadikan properti sebagai salah satu sektor untuk menjadi pendorong peningkatan ekonomi.

Menurut Pengamat Properti Panangian Simanungkalit, kita boleh merasa lebih optimistis tahun 2021 ini menjadi awal untuk kebangkitan sektor properti. Terlebih dengan telah dilakukannya vaksin dan program vaksin ini akan dilakukan untuk 180 jutaan penduduk Indonesia.

“Melihat dari program vaksin ini saja dan efektivitasnya untuk membentuk imun tubuh dalam waktu tiga bulan, artinya kita bisa memprediksi aktivitas bisnis bisa kembali normal pada semester kedua tahun ini. Vaksinasi ini bisa menjadi kunci untuk kebangkitan ekonomi dan untuk sektor properti tanda-tandanya sudah mulai terlihat sejak awal tahun ini dengan pengembang telah melakukan berbagai adaptasi dan cukup banyak yang sukses,” ujarnya.

Investasi di kampung halaman bisa menjadi pilihan tepat yang menguntungkan. Lalu gimana caranya? simak videonya berikut ini.

Karena itu lanjut Panangian, periode awal tahun 2021 ini bisa menjadi tahapan untuk semacam warming up atau pemanasan untuk sektor properti kembali menggeliat. Perjalanan bisnis pada tahun ini bila semuanya berjalan dengan baik, bisa menjadi pondasi yang bagus untuk periode kebangkitan dan puncak booming properti pada tahun 2025-2026 nanti.

Indikator lainnya, kondisi makro ekonomi cukup mendukung untuk kebangkitan sektor properti seperti tren menurunnya suku bunga, inflasi tetap terjaga, hingga beberapa regulasi yang dikeluarkan untuk memudahkan sektor bisnis. Pengembang hingga perbankan juga banyak mengeluarkan berbagai gimmick marketing seperti depe ringan, kemudahan proses, subsidi bunga, dan lainnya yang ikut menggairahkan pasar.

“Di sisi lain kebutuhan dan pasar hunian kita itu sangat besar. Saat situasi bisnis properti sulit beberapa tahun ini juga telah membentuk pasar yaitu 70 persen dari kalangan end user dan segmen yang banyak dicari yang di bawah Rp1 miliar. Pasar yang besar ini mau tidak mau pasti akan masuk ke pasar dan itu harus diantisipasi oleh pengembang maupun perbankan dengan produk yang tepat,” bebernya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

KEK Lido Dan Gresik Ditetapkan, Ini Dampaknya Untuk Pariwisata Hingga Devisa

RumahCom – Pemerintah kembali menetapkan kawasan ekonomi khusus (KEK) untuk wilayah Lido, Jawa Barat, dan Gresik, Jawa Timur. Pengembangan KEK ini bisa mendatangkan pendapatan hingga triliunan dan m

Lanjutkan membacaFebruari 16, 2021

Untuk Pemulihan Ekonomi, Rumah Masyarakat Dijadikan Homestay

RumahCom – Untuk mempercepat pemulihan perekonomian yang terdampak pandemi Covid-19, SMF menyalurkan program pembangunan rumah masyarakat menjadi homestay untuk menggerakan sektor pariwisata daerah.

Lanjutkan membacaFebruari 16, 2021

Pengembang Catat Kesuksesan Penjualan Properti Selama Pandemi

RumahCom – Kisah kesuksesan penjualan dari kalangan developer menjadi lebih berarti saat situasi pandemi Covid-19. Salah satu yang sukses tersebut yaitu perumahan Gardens at Candi Sawangan di Depok

Lanjutkan membacaFebruari 16, 2021

Aplikasi Pemantau Kualitas Rumah Subsidi Mulai Diterapkan

RumahCom – Lembaga penyalur KPR bersubsidi PPDPP mulai menerapkan aplikasi SiPetruk untuk memantau kualitas hunian yang dibangun telah sesuai persyaratannya. Dengan aplikasi ini akan memudahkan pema

Lanjutkan membacaFebruari 16, 2021

Rumah Rp2 Miliaran Di Sentul Ini Laris Saat Pandemi

RumahCom – Saat situasi bisnis sulit karena pandemi Covid-19 nyatanya ada pengembang yang cukup sukses penjualannya. Perumahan The Sanctuary Collection di Sentul misalnya, saat pandemi ini justru bi

Lanjutkan membacaFebruari 16, 2021

Masukan