KPR Subsidi Jadi Penopang Peningkatan Laba Bank Ini

Februari 17, 2021

RumahCom – Bank BTN berhasil mencatatkan kenaikan laba hingga 665,71 persen menjadi Rp1,6 triliun untuk tahun buku 2020. Kinerja yang baik ini ditopang dari pertumbuhan kredit perumahan khususnya KPR subsidi dan peningkatan hingga enam kali lipat ini terjadi saat tekanan bisnis dampak pandemi Covid-19.

Bank dengan spesialisasi pembiayaan perumahan (KPR) Bank BTN, menutup kinerja bisnis tahun 2020 dengan sangat baik. Bank dengan penyaluran KPR bersubsidi fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) terbesar secara nasional ini mencatatkan kenaikan laba mencapai 665,71 persen dibandingkan tahun 2019 atau dari Rp209 miliar menjadi Rp1,6 triliun.

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Bank BTN Nixon LP Napitupulu, lompatan laba bersih ini bisa diraih dengan penerapan lima strategi utama perusahaan yaitu memaksimalkan penerapan good corporate governance (GCG), sentralisasi proses bisnis, penguatan permodalan dan pendanaan, meningkatkan kualitas kredit, dan menggenjot efisiensi.

“Sektor pembiayaan perumahan masih menjadi penopang utama tingginya pundi laba Bank BTN tahun 2020 lalu. Hal yang membanggakan, lonjakan laba ini justru terjadi saat tekanan berat pada industri perbankan karena pandemi Covid-19 dan kami bersyukur masih mencatatkan kinerja yang sangat positif,” ujarnya.

Beberapa faktor yang membuat peningkatan laba maupun bisnis secara signifikan ini antara lain dari pendapatan bunga sebesar Rp25,16 triliun yang disumbang dari penyaluran kredit yang tetap tumbuh. Penyaluran KPR subsidi juga masih tumbuh hingga 8,63 persen menjadi Rp120,72 triliun dan porsinya mencapai 60 persen dibandingkan KPR komersial (non subsidi).

Total, kenaikan kredit perumahan secara tahunan mencapai 2,29 persen menjadi Rp234,78 triliun dan hampir seluruh kinerja kredit mencatatkan kenaikan. Di segmen non perumahan juga mengalami kenaikan kredit senilai Rp25,32 triliun. Total penyaluran kredit Bank BTN mencapai Rp260,11 triliun atau naik 1,68 persen dari tahun 2019 Rp255,82 triliun.

Optimis pasti punya rumah, pertama dengan kumpulkan niat beli rumah. Bagaimana caranya yah? Simak videonya berikut ini.

Dari sisi kualitas kredit juga terus menunjukan tren membaik dengan kredit macet atau non performing loan (NPL) dari 2,96 persen menjadi 2,06 persen. Rasio coverage Bank BTN juga meningkat menjadi 115,02 persen sementara dana pihak ketiga (DPK) mengalami perumbuhan 23,84 persen dari Rp225,4 triliun menjadi Rp279,13 triliun.

“Untuk tahun 2021 ini kami masih akan menerapkan lima strategi utama ini karena dengan strategi ini kami bukan hanya bisa bertahan di tengah tekanan pandemi tapi juga memperbaiki kinerja bisnis. Tahun 2021 ini kami menargetkan capaian laba di angka Rp2,5 triliun-Rp2,8 triliun dan pertumbuhan kredit mencapai 7-9 persen,” imbuh Nixon.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Diluncurkan! Home Resort Tepi Danau Terjernih Pertama di Indonesia

ADVERTORIAL - Keindahan danau yang megah, barisan pegunungan yang memukau, langit luas tanpa batas, serta cantiknya pesona fajar dan senja, tentu dapat membuat siapa pun jatuh hati. Dengan tinggal di

Lanjutkan membacaFebruari 17, 2021

Pengembang Catat Kesuksesan Penjualan Properti Selama Pandemi

RumahCom – Kisah kesuksesan penjualan dari kalangan developer menjadi lebih berarti saat situasi pandemi Covid-19. Salah satu yang sukses tersebut yaitu perumahan Gardens at Candi Sawangan di Depok

Lanjutkan membacaFebruari 16, 2021

Aplikasi Pemantau Kualitas Rumah Subsidi Mulai Diterapkan

RumahCom – Lembaga penyalur KPR bersubsidi PPDPP mulai menerapkan aplikasi SiPetruk untuk memantau kualitas hunian yang dibangun telah sesuai persyaratannya. Dengan aplikasi ini akan memudahkan pema

Lanjutkan membacaFebruari 16, 2021

Rumah Rp2 Miliaran Di Sentul Ini Laris Saat Pandemi

RumahCom – Saat situasi bisnis sulit karena pandemi Covid-19 nyatanya ada pengembang yang cukup sukses penjualannya. Perumahan The Sanctuary Collection di Sentul misalnya, saat pandemi ini justru bi

Lanjutkan membacaFebruari 16, 2021

2021 Sektor Propeti Warming Up Karena Vaksin, Booming Tahun 2025

RumahCom – Program vaksinasi yang akan dilakukan untuk 180 jutaan penduduk Indonesia akan berdampak sangat baik untuk kemajuan bisnis properti. Vaksin telah membuat sektor properti saat ini mengalam

Lanjutkan membacaFebruari 16, 2021

Masukan