SiPertruk Diterapkan, Seperti Ini Aplikasinya Untuk Pengembang Maupun Konsumen

Februari 17, 2021

RumahCom – PPDPP telah memulai pilot project penerapan apikasi SiPetruk untuk memantau rumah yang dibangun kalangan pengembang telah memenuhi syarat yang ditetapkan. Aplikasi ini akan memudahkan perbankan memberikan persetujuan kredit dan masyarakat menerima produk yang berkualitas.

Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan segera menerapkan aplikasi Sistem Pemantauan Konstruksi (SiPetruk). PPDPP merupakan lembaga penyalur KPR berubsidi fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP).

Aplikasi SiPetruk yang akan diterapkan secara penuh pada semester kedua2021 ini tengah menerapkan uji coba untuk beberapa pengembang yang tergabung dalam asosiasi perusahaan pengembang. Direktur Utama PPDPP Arief Sabaruddin mengatakan, SiPetruk tidak akan menghambat proses kerja pengembang maupun mempersulit masyarakat mendaftar KPR subsidi.

“Saat ini kami masih mempersiapkan aplikasi ini dan sudah menerapkan pilot project bersama para asosiasi pengembang. SiPetruk untuk menjamin kualitas produk yang dihasilkan dan di sisi lain tidak akan menghambat pekerjaan pengembang. Kalangan perbankan juga akan lebih mudah memberikan persetujuan karena produk rumah yang dibangun telah sesuai standar. Kami akan pastikan aplikasi ini mudah digunakan dan sederhana,” katanya.

SiPetruk akan menerapkan teknologi Artificial Intelligence (AI) sehingga kelayakan proses foto-foto perumahan yang dibangun wajib diunggah mekalui sistem yang sudah ditetapkan. Sistem ini juga sifatnya independen sehingga tidak bisa ada proses “main mata” sehingga hasil yang disampaikan akan sesuai dengan yang terjadi di lapangan.

Adapun fungsi pengawas pada aplikasi SiPetruk hanya sebatas untuk membimbing pengembang ketika mengisi ketentuan yang telah ditetapkan oleh sistem yang ada pada aplikasi SiPetruk. Sistem yang dirancang akan mengakomodir seluruh kondisi di lapangan hingga kondisi tanah yang memiliki karakteristik khusus misalnya tanah gambut, akan ada notifikasi untuk penanganan khususnya.

Masih bingung perbedaan antara SHM dan HGB dalam properti? Simak informasi selengkapnya di videonya berikut ini.

 

PPDPP juga akan terus menindaklanjuti proses sertifikasi kepada pengembang untuk mempercepat berbagai persyaratan yang tertera dalam aplikasi ini. Pengawas misalnya, harus dari Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) dan untuk sementara ini masih diperbolehkan dari kalangan pengembang setelah sebelumnya mengikuti pelatihan dan mendapatkan sertifikat.

“Kami juga tengah menyusun konsep bersama Ditjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR untuk menyelenggarakan pelatihan yang ke depan bisa dibentuk asosiasi pengawas rumah sederhana.  Jadi berbagai data yang masuk aplikasi SiPetruk ini bisa juga untuk mengontrol kontraktor yang membangun hingga berbagai data lain yang akan terekam di dalam aplikasi ini. Masyarakat juga lebih terjami dengan produk perumahan yang berkualitas,” beber Arief.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Diluncurkan! Home Resort Tepi Danau Terjernih Pertama di Indonesia

ADVERTORIAL - Keindahan danau yang megah, barisan pegunungan yang memukau, langit luas tanpa batas, serta cantiknya pesona fajar dan senja, tentu dapat membuat siapa pun jatuh hati. Dengan tinggal di

Lanjutkan membacaFebruari 17, 2021

KPR Subsidi Jadi Penopang Peningkatan Laba Bank Ini

RumahCom – Bank BTN berhasil mencatatkan kenaikan laba hingga 665,71 persen menjadi Rp1,6 triliun untuk tahun buku 2020. Kinerja yang baik ini ditopang dari pertumbuhan kredit perumahan khususnya KP

Lanjutkan membacaFebruari 17, 2021

Program Perumahan Di Sulawesi Selatan Capai Ribuan Unit

RumahCom – Program perumahan yang dari Kementerian PUPR di berbagai daerah telah menyentuh langsung masyarakat bawah. Berbagai program perumahan ini akhirnya mendapatkan apresiasi dari Komisi V DPR

Lanjutkan membacaFebruari 17, 2021

630 Hunian Di Kawasan Bencana Palu Mulai Dihuni

RumahCom – Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan hunian tetap (Huntap) untuk masyarakat yang terkena bencana di Kota Palu pada tahun 2018 lalu. Huntap ini dibangun dengan kelengkapan dasa

Lanjutkan membacaFebruari 17, 2021

Dekat Dari Lebak Bulus-Pondok Indah Banyak Apartemen Ditawarkan Mulai Rp300 Jutaan

RumahCom – Bila jeli kita bisa mendapatkan produk hunian yang harganya miring dengan lokasi tidak jauh dari Jakarta. Ciputat misalnya, menawarkan unit apartemen yang harganya sangat terjangkau namun

Lanjutkan membacaFebruari 17, 2021

Masukan