Kolaborasi Kementerian PUPR-Kemensos Bangun 16 Tower Rusun

Februari 19, 2021

RumahCom – Kementerian PUPR dan Kemensos akan membangun 16 tower rusun di berbagai balai-balai yang dimiliki Kemensos untuk menjadi hunian bagi kalangan masyarakat bawah seperti eks pemulung dan tunawisma. Wapres Ma’ruf Amin meninjau salah satu proyek rusun di Bekasi.

Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin melakukan peninjauan ke lokasi pembangunan rumah susun (rusun) yang akan digunakan sebagai tempat tinggal eks pemulung dan tunawisma di Balai Karya Pangudi Luhur, Bekasi, Jawa Barat. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membangun dua tower rusun untuk Kementerian Sosial (Kemensos) di dua lokasi pada tahun ini yaitu di Bekasi dan di Cipayung, Jakarta Timur.

“Pembangunan rusun bagi eks pemulung dan tunawisma ini merupakan contoh sinergi dan kolaborasi yang baik antar kementerian yaitu Kementerian PUPR dan Kemensos untuk kesejahteraan masyarakat bawah dan ini sejalan dengan program perumahan dan pemukiman dari pemerintah pusat,” ujarnya.

Ada banyak hal baik dari pembangunan proyek rusun yang juga merupakan bagian dari program pembangunan sejuta rumah. Selain menyediakan hunian yang layak untuk kalangan tidak  mampu, program pembangunan rusun sekaligus juga merupakan bagian untuk mewujudkan penataan kota.

Karena itu Ma’ruf berharap, program pembangunan rusun ini bisa direplikasi dan dikembangkan di berbagai lokasi lainya di kota-kota Indonesia. Paling tidak, pembangunan rusun seperti ini bisa diprioritaskan di Balai Rehabilitasi Sosial Kemensos yang tersebar di 16 lokasi yang berada di 10 provinsi.

Masih bingung cara menghitung bunga KPR? temukan jawabannya di video berikut ini, yuk!

“Semoga program pembangunan rusun yang sekaligus program pemberdayaan masyarakat ini bisa mewujudkan kesejahteraan sosial bagi masyarakat dan bisa terus dilaksanakan secara berkelanjutan. Kita tentunya menyambut baik konsep-konsep hunian dan penataan perkotaan seperti ini,” imbuhnya.

Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid menambahkan, berdasarkan arahan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kementerian PUPR siap mendukung program Kemensos untuk membangun rusun khususnya bagi kalangan seperti eks pemulung dan tunawisma di seluruh Indonesia.

“Usulan dari Pak Wapres terkait 16 lokasi yang disiapkan Kemensos telah menjadi perhatian kami. Kementerian PUPR telah menganggarkan untuk membangun 16 rusun dengan perincian di Jakarta empat tower, Bekasi dan Bandung dua tower, Makassar, Surakarta, Mataram, Palembang, Padang, Manado, dan Tabanan masing-masing satu tower,” jelasnya.

Untuk rusun yang akan dibangun di Bekasi ini akan terdiri dari  lima lantai. Tipe hunian yang disiapkan berukuran 24 m2 dan telah dilengkapi dengan perabotan standar seperti tempat tidur, lemari, meja, dan kursi. Rusunnya juga telah dilengkapi dengan unit difabel, ruang kios, koperasi, ruang pengelola, ruang serbaguna, dan mushala. Targetnya rusun ini akan selesai dibangun pada akhir tahun ini.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

MBR Bisa Akses Rumah Rp150 Jutaan Di Bogor

RumahCom – Beberapa penawaran perumahan masih cukup banyak yang dipasarkan untuk segmen masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) maupun rumah komersial seharga Rp200 jutaan. Puri Harmoni 9 Extension m

Lanjutkan membacaFebruari 18, 2021

Bantuan PSU Bikin Harga Rumah Jadi Lebih Murah

RumahCom – Kementerian PUPR memiliki program bantuan prasarana, sarana dan utilitas (PSU) untuk kalangan pengembang yang membangun rumah bersubsidi. Dengan bantuan PSU ini konsumen tidak dibebankan

Lanjutkan membacaFebruari 18, 2021

Pengembang Ini Sangat Ekspansif Saat Pandemi

RumahCom – Situasi bisnis yang sulit karena pandemi Covid-19 tidak berlaku umum. Beberapa kalangan pengembang ada yang tetap ekspansif dengan terus meluncurkan pengembangan produk barunya di berbaga

Lanjutkan membacaFebruari 18, 2021

Rumah Bersubsidi Ini Juga Dirancang Dengan Desain Tanggap Pandemi

RumahCom – Berbagai adaptasi terus dilakukan di saat pandemi termasuk untuk desain rumah. Perumahan Griya Mulya Indah menerapkan desain rumah sehat dengan plafon tinggi dan bukaan ventilasi untuk ru

Lanjutkan membacaFebruari 18, 2021

Klaster Baru Yang Diluncurkan Saat Pandemi Harganya Lebih Murah

RumahCom – Banyak kalangan pengembang yang menurunkan segmen pasar dengan mengeluarkan produk untuk segmen di bawah harga Rp500 juta. Perumahan Harvest City meluncurkan klaster baru rumah kompak seh

Lanjutkan membacaFebruari 19, 2021

Masukan