BI Relaksasi LTV, DP Rumah Nol Persen

Februari 19, 2021

RumahCom – BI kembali merelaksasi aturan LTV sehingga kredit untuk KPR maupun KPA bisa diberikan 100 persen sehingga debitur tidak perlu menyediakan uang muka. Aturan ini untuk mendorong pemulihan bisnis dan perekonomian nasional salah satunya melalui sektor properti.

Aturan pembatasan kredit untuk KPR maupun KPA kembali direlaksasi oleh Bank Indonesia (BI). Sebagai langkah kebijakan da tindak lanjut sinergi kebijakan Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK), BI kembali mengeluarkan paaket kebijakan terpadu untuk meningkatan pembiayaan dunia usaha dalam rangka percepatan ekonomi nasional.

Menurut Gubernur BI Perry Warjiyo, salah satu kebijakan yang dikeluarkan yaitu pelonggaran loan to value (LTV) atau financing to value (FTV) untuk kredit pembiayaan properti menjadi paling tinggi 100 persen. Belied ini berlaku untuk semua jenis properti mulai rumah tapak, apartemen, ruko atau rukan untuk bank yang memenuhi kriteria non performing loan (NPL) tertentu.

“Ketentuan ini berlaku efektif per tanggal 1 Maret 2021 hingga 31 Desember 2021. Bukan hanya LTV, ketentuan pencairan bertahap untuk properti inden juga dihapuskan untuk mendorong pertumbuhan kredit di sektor properti supaya lebih bergairah di saat sulit karena pandemi saat ini,” ujarnya.

Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI pada 17-18 Februari 2021 juga telah memutuskan untuk kembali menurunkan BI 7-Day Reverse Rate hingga 25 basis poin menjadi 3,5 persen. kemudian untuk suku bunga deposit facility ratio sebesar 2,75 persen, dan suku bunga lending facility menjadi 4,25 persen.

Rumah bisa memberikan kenyamanan yang tak bisa diungkapkan. Terus apa sih enaknya punya rumah sendiri? Simak selengkapnya di video berikut ini.

BI juga akan menggunakan seluruh instrumen kebijakannya untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional dengan tetap menjaga terkendalinya inflasi dan memelihara stabilitas nilai tukar rupiah serta mendukung stabilitas sistem keuangan. Koordinasi kebijakan dengan pemerintah daerah dan KSSK juga akan terus diperkuat.

Fokus BI lainnya yaitu pada upaya untuk mengatasi permasalahan di sisi permintaan dan penawaran dalam penyaluran kredit atau pembiayaan dari perbankan kepada dunia usaha khususnya sektor-sektor prioritas yang bisa mendukung pertumbuhan ekonomi dalam rangka pemulihan ekonomi nasional.

“Keputusan ini juga konsisten dengan prakiraan inflasi yang tetap rendah dan stabilitas nilai rupiah yang terjaga sebagai langkah lanjutan untuk mendorong pemulihan ekonomi. Vaksin Covid-19 yang telah dilakukan di berbagai negara termasuk Indonesia juga telah mendorong optimisme pasar dan BI akan terus melanjutkan keberlanjutan stimulus kebijakan fiskal dan moneter,” pungkasnya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Bantuan PSU Bikin Harga Rumah Jadi Lebih Murah

RumahCom – Kementerian PUPR memiliki program bantuan prasarana, sarana dan utilitas (PSU) untuk kalangan pengembang yang membangun rumah bersubsidi. Dengan bantuan PSU ini konsumen tidak dibebankan

Lanjutkan membacaFebruari 18, 2021

Pengembang Ini Sangat Ekspansif Saat Pandemi

RumahCom – Situasi bisnis yang sulit karena pandemi Covid-19 tidak berlaku umum. Beberapa kalangan pengembang ada yang tetap ekspansif dengan terus meluncurkan pengembangan produk barunya di berbaga

Lanjutkan membacaFebruari 18, 2021

Rumah Bersubsidi Ini Juga Dirancang Dengan Desain Tanggap Pandemi

RumahCom – Berbagai adaptasi terus dilakukan di saat pandemi termasuk untuk desain rumah. Perumahan Griya Mulya Indah menerapkan desain rumah sehat dengan plafon tinggi dan bukaan ventilasi untuk ru

Lanjutkan membacaFebruari 18, 2021

Klaster Baru Yang Diluncurkan Saat Pandemi Harganya Lebih Murah

RumahCom – Banyak kalangan pengembang yang menurunkan segmen pasar dengan mengeluarkan produk untuk segmen di bawah harga Rp500 juta. Perumahan Harvest City meluncurkan klaster baru rumah kompak seh

Lanjutkan membacaFebruari 19, 2021

Kolaborasi Kementerian PUPR-Kemensos Bangun 16 Tower Rusun

RumahCom – Kementerian PUPR dan Kemensos akan membangun 16 tower rusun di berbagai balai-balai yang dimiliki Kemensos untuk menjadi hunian bagi kalangan masyarakat bawah seperti eks pemulung dan tun

Lanjutkan membacaFebruari 19, 2021

Masukan