Arsitektur Bergaya Jepang dan Indonesia Menginspirasi Kaum Urban Indonesia

Februari 22, 2021

RumahCom – Selama ratusan tahun, arsitektur Jepang telah dipuja karena karakteristiknya yang khas dan estetika yang memukau. Desain hunian Jepang khususnya telah berkembang selama bertahun-tahun dan menjadikan daya tarik tersendiri. Tidak heran elemen jepang di sebuah hunian rumah masih favorit hingga saat ini.

Di Indonesia sendiri, setiap orang memiliki preferensi yang beragam pada tipe dan model bangunan. Baik bergaya modern, tradisional maupun keduanya. Kekaguman terhadap perbedaan gaya tentu memengaruhi dalam pemilihan rumah yang menyesuaikan dengan keinginan mereka.

Tertarik memiliki hunian di Indonesia? cek dulu ulasan wilayahnya di AreaInsider Rumah.com dengan beragam informasi wilayah yang penting dan bermanfaat.

Tradisional dan Orientasi Alam

Apa yang terlintas saat memikirkan rumah bergaya jepang? Tentu yang terlintas berpola Minka yaitu rumah tradisional jepang yang memiliki beberapa ciri khas. Adanya pintu geser, beranda kayu, dan lantai tatami. Minka memiliki arti ‘Rumah Orang’. Dibangun sebagai sebuah pondok atau rumah pedesaan dengan material sederhana seperti bambu, jerami, dan kayu. Minka pada masa lalu menjadi tempat tinggal khas petani dan pedagang. Namun saat ini justru elemen-elemen minka digabungkan dalam bangunan rumah dan struktur komersial.

Selain itu, ada komponen tradisional jepang yang begitu penting menjadi pembentuk estetika jepang yaitu buddhisme jepang. Pengaruh buddhisme dapat dapat dilihat dan dirasakan dalam kualitas yang oleh banyak orang digambarkan sebagai “Zen” —sederhana, alami, kosong. Inilah sebabnya mengapa gambar taman batu dengan banyak ruang kosong secara otomatis dikaitkan dengan konsep Zen dan / atau Buddhisme Jepang. literasi berbeda dari taman batu yang terinspirasi Jepang dapat dilihat di berbagai bangunan komersial dan properti hunian di mana pun di dunia. Mereka sering diintegrasikan ke dalam properti karena mereka cenderung memberikan aura ketenangan. Rasa ketenangan inilah yang menurut banyak pemilik rumah sangat menarik untuk dimiliki.

The Courtyard, Daisan

Melihat konsep desain jepang yang berorientasi alam dapat dilihat dari Pemenang Best Housing Architectural Design pada PropertyGuru Indonesia Property Awards 2020 Daisan oleh SwanCity dan Mitsubishi Estate Residence di Tangerang. Pengembang bertujuan untuk menjadikannya area perumahannya dengan estetika Gaya Asia dengan mengambil ciri desain didominasi dari arsitektur Jepang.

DAISAN dibangun untuk menjadi komunitas hunian yang kompak dengan ruang hijau yang luas dan fasilitas yang cocok untuk keluarga. Cluster Osaka dalam pembangunan menekankan lingkungannya yang tenang, dan taman Zen-nya sebagai pusat perhatian yang menarik. Taman ini dimaksudkan untuk menonjolkan lanskap sekitarnya yang mencakup danau tenang sebagai lambang arsitektur Jepang.

Nara Village, Paramount Land

Nara Village, Paramount Land

Pengembangan Indonesia yang memenangkan penghargaan properti lainnya dengan mengadopsi estetika arsitektur jepang adalah pengembang Paramount Land melalui Nara Village (Winner, Best Housing Development). Penghuni di properti Gading Serpong akan mendapatkan keuntungan dari fasilitas modern unit-unitnya yang meliputi kunci pintu pintar, sistem pengelolaan air berkualitas tinggi, dan layanan internet berkecepatan tinggi. Penghuni akan merasa senang dengan lingkungan yang terinspirasi Jepang yang menekankan alam berdasarkan kepercayaan Jepang Shinto. Shinto adalah salah satu agama utama Jepang bersama dengan Buddha dan diwakili oleh dewa Shinto (kami) atau roh yang mengambil bentuk elemen alam seperti hujan, angin, dan gunung dan konsep seperti kesuburan.

Cari properti di Kota Tangerang dengan fasilitas dan infrastruktur yang baik dan lengkap? cek di sini untuk temukan pilihannya.

Konsep Less is More

Filosofi minimalis Jepang ‘less is more’ dicirikan oleh lebih sedikit harta benda akan memberikan sedikit masalah dan memunculkan rasa kepuasan dan kecukupan. Filosofi ini sering dianggap penting dalam estetika Jepang. Dari segi desain interior hunian, hal ini menggambarkan gambaran rumah yang dipenuhi cahaya dengan ruang terbuka. Interior rumah minimalis selaras dengan bahan alami seperti kayu, tanaman, dan barang lainnya.

Glendale Park, Orange County

Glendale Park, Orange County

Prinsip desain interior ‘less is more’ ini terbukti dalam pengembangan kondominium pemenang penghargaan seperti Orange County di Cikarang, Jawa Barat milik Lippo Group (Winner, Best Mixed Use Architectural Design). Meskipun dikatakan terinspirasi oleh ibu kota Tokyo yang ramai, Orange County merupakan tempat tinggal mewah yang melambangkan minimalis dengan caranya yang berbeda. Finishing kayu mendominasi interior unit 1 dan 3 kamar tidurnya, sementara permukaan dan ruang lain sebagian besar memiliki palet netral.

Di ujung lain spektrum adalah maximalism, pergeseran ke arah estetika yang berlebihan dengan kemewahan, baik dalam hal gaya, penggunaan ruang, atau aspek desain lainnya. Coba lihat karya desainer seperti Juan Pablo Molyneux untuk melihat seperti apa tampilan maksimalis sebenarnya. Desainnya penuh hiasan dan mencakup berbagai macam warna dan tekstur. Ini adalah prinsip desain yang menggunakan berbagai teknik dan bahan untuk mengisi ruang dan menciptakan tampilan yang utuh.

Meski tidak “maksimalis”, Senayan Park (Winner, Best Retail Architectural Design and Best Retail Landscape Architectural Design) oleh Ariobimo Laguna Perkasa berada di tengah-tengah prinsip desain yang berlawanan ini. Secara ukuran dan cakupan, Senayan Park atau “SPARK” bukanlah minimalis atau maksimalis. Ini adalah pusat gaya hidup untuk masyarakat pasca pandemi yang memiliki desain khas Indonesia secara menyeluruh dan ruang luar yang luas, pola Batik mendominasi tata rias arsitektur dan desain interior.

SPARK

SPARK

Indonesia boleh saja bangga dengan warisannya, tetapi perpaduan yang mulus antara kualitas arsitektur Jepang dan Indonesia dalam berbagai struktur di seluruh negeri ini menunjukkan bahwa Indonesia juga dapat merangkul perbedaan budaya. Keharmonisan ini menciptakan kualitas dan keseimbangan yang baik.

Tinggal di wilayah ibukota memang memberikan kemudahan dan kepraktisan dalam bisnis maupun personal. Wilayah Senayan, Jakarta Pusat menjadi lokasi yang strategis dengan perkantoran dan perbelanjaan.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Sektor Properti Tahun Ini Pasti Lebih Baik Dari 2019-2020

RumahCom – Sektor properti pada tahun ini disebut akan lebih baik dengan berbagai indikator maupun proyeksi dari lembaga-lembaga internasional. CIMB Niaga sebagai salah satu stakeholder properti men

Lanjutkan membacaFebruari 19, 2021

Properti Sepekan: Izin Bangun Rumah 14 Hari, Tol Serpong-Pamulang Bisa Dilintasi Lebaran 2021

Izin Bangunan Rumah Hanya 14 HariPemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memberikan kemudahan perizinan bagi bangunan gedung dan perumahan di Jakarta. Peraturan ini akan menjadi basis alur perizinan

Lanjutkan membacaFebruari 22, 2021

Kementerian PUPR Punya Anggaran Dan Teknologi Untuk Membangun Hunian Bagi Masyarakat Terdampak Bencana

RumahCom – Kementerian PUPR siap membangun hunian bagi masyarakat korban bencana seperti di Subang yang terkena bencana longsor. Kementerian PUPR akan membangun rumah instan di atas tanah yang dised

Lanjutkan membacaFebruari 22, 2021

Pilot Project Sertifikat Tanah Dimulai Untuk Tanah Pemerintah

RumahCom – Pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN menerangkan mekanisme pemberlakukan sertifikat elektornik yang bertahap dimulai dengan pilot project untuk tanah-tanah pemerintah. Layanan elektroni

Lanjutkan membacaFebruari 22, 2021

Ini Cara Pekerja Informal Dapat KPR Bersubsidi

RumahCom – Selama ini program KPR bersubsidi FLPP mayoritasnya disalurkan untuk kalangan pekerja formal yang memiliki slip gaji resmi dari perusahaan. Ada beberapa cara bagi kalangan pekerja informa

Lanjutkan membacaFebruari 22, 2021

Masukan