Ini Berbagai Keuntungan Bila Sertifikat Elektronik Telah Diterapkan

Februari 22, 2021

RumahCom – Kementerian ATR/BPN membeberkan berbagai kemudahan bila sertifikat elektronik telah diterapkan. Mulai dari mendapatkan fasilitas kredit dari bank hingga kemudahan saat transaksi jual-beli tanpa perlu mendatangi lokasi tanahnya.

Polemik mengenai pemberlakukan sertifikat elektronik kembali ditegaskan oleh pihak pemerintah terkait keamanannya. Teknologi untuk penyimpanan data maupun hal teknis lainnya dibuat dengan sistem keamanan mumpuni dan dirancang dengan melibatkan Badan Sandi dan Siber Nasional (BSSN).

Menurut Suyus Windayana, Dirjen Penetapan Hak dan Pendaftaran Tanah Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), saat ini pihaknya masih terus melakukan edukasi dan sosialisasi terkait penerapan sistem elektronik untuk pendaftaran maupun legalitas sertifikat pertanahan.

“Kami telah menerapkan sistem elektronik untuk pelayanan hak tanggungan elektronik (HT-el) tahun lalu. Hak Tanggungan yaitu hak jaminan atas tanah untuk pelunasan utang tertentu yang memberikan kedudukan diutamakan kepada kreditor tertentu terhadap kreditor-kreditor lain,” ujarnya.

Kementerian ATR/BPN juga melibatkan 1.700 lembaga diantaranya perbankan, lembaga pinjaman, koperasi, dan lainnya. Hingga saat ini sudah ada 500 ribu sertifikat yang dikelaurkan secara elektornik dan data digital tersebut bisa digunakan untuk mendapatkan pinjaman dari perbankan.

Hal ini juga merupakan salah satu tujuan dari mekanisme digitalisasi yang diterapkan. Digitalisasi surat tanah selain bertujuan untuk memudahkan pelayanan, mencegah pemalsuan, dan pengecekan yang lebih mudah sehingga nantinya pembeli tidak harus mengecek langsung tanahnya ke lokasi.

Sebelum membeli tanah, sebaiknya Anda cek dulu legalitas atau keabsahan tanah tersebut. Caranya? simak penjelasan di video berikut ini.

Gambarannya seperti ini, bila seseorang memiliki tanah di Semarang dan akan dijual, sementara pemiliknya tinggal di Jakarta, biasanya prosedurnya harus ke Semarang karena semua dokumennya fisik dan analog. Dengan bentuk elektronik, calon pembeli bisa langsung melakukan pengecekan secara elektronik yang telah disertai dengan barcode sehingga prosesnya lebih mudah dan cepat.

“Jadi seperti itu, digitalisasi ini akan memudahkan kita semua karena kalau masih dengan sistem analog seperti sekarang pendaftaran seluruh bidang tanah di Indonesia tidak akan selesai dalam 100 tahun. Dengan digitalisasi ini akan memudahkan semua, tetap aman, dan tidak ada penarikan sertifikat yang lama selain sertifikat analog itu tetap berlaku,” jelas Suyus.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Properti Sepekan: Izin Bangun Rumah 14 Hari, Tol Serpong-Pamulang Bisa Dilintasi Lebaran 2021

Izin Bangunan Rumah Hanya 14 HariPemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memberikan kemudahan perizinan bagi bangunan gedung dan perumahan di Jakarta. Peraturan ini akan menjadi basis alur perizinan

Lanjutkan membacaFebruari 22, 2021

Kementerian PUPR Punya Anggaran Dan Teknologi Untuk Membangun Hunian Bagi Masyarakat Terdampak Bencana

RumahCom – Kementerian PUPR siap membangun hunian bagi masyarakat korban bencana seperti di Subang yang terkena bencana longsor. Kementerian PUPR akan membangun rumah instan di atas tanah yang dised

Lanjutkan membacaFebruari 22, 2021

Pilot Project Sertifikat Tanah Dimulai Untuk Tanah Pemerintah

RumahCom – Pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN menerangkan mekanisme pemberlakukan sertifikat elektornik yang bertahap dimulai dengan pilot project untuk tanah-tanah pemerintah. Layanan elektroni

Lanjutkan membacaFebruari 22, 2021

Ini Cara Pekerja Informal Dapat KPR Bersubsidi

RumahCom – Selama ini program KPR bersubsidi FLPP mayoritasnya disalurkan untuk kalangan pekerja formal yang memiliki slip gaji resmi dari perusahaan. Ada beberapa cara bagi kalangan pekerja informa

Lanjutkan membacaFebruari 22, 2021

Arsitektur Bergaya Jepang dan Indonesia Menginspirasi Kaum Urban Indonesia

RumahCom - Selama ratusan tahun, arsitektur Jepang telah dipuja karena karakteristiknya yang khas dan estetika yang memukau. Desain hunian Jepang khususnya telah berkembang selama bertahun-tahun dan m

Lanjutkan membacaFebruari 22, 2021

Masukan