Kawasan Industri Catatkan Transaksi Kinclong Saat Pandemi

Februari 22, 2021

RumahCom – Kawasan industri merupakan sub sektor properti yang mencatatkan kinerja sangat baik saat situasi pandemi Covid-19. Di sisi lain, industri ini juga telah mendorong produk residensial dan komersial sehingga pengembang Kawasan Industri Jababeka mencatatkan kinerja yang sangat baik dan optimistis menghadapi bisnis properti tahun ini.

Bisnis properti yang terkoreksi cukup dalam terlebih saat pandemi Covid-19 masih mencatatkan kinerja yang cukup baik untuk subsektor properti khususnya dari kawasan industri. Salah satunya seperti PT Kawasan Industri Jababeka (KIJ) Tbk yang masih mencatatkan kinerja positif dengan target pra penjualan (marketing sales) tahun ini juga yang masih cukup optimistis.

Menurut Corporate Secretary KIJ Budianto Liman, untuk tahun 2021 ini perusahaan menargetkan angka marketing sales tahun ini mencapai Rp1,4 triliun atau naik 35,8 persen dari realisasi marketing sales tahun lalu sebesar Rp898,7 miliar. Pencapaian ini akan dicapai dari proyek Cikarang senilai Rp1 triliun dari segmen industrial, residensial, dan komersial sementara sisanya dari penjualan kawasan industri di Kendal, Jawa Tengah.

“Kami juga akan merilis produk residensial dan komersial karena segmen ini menjadi pipeline yang solid untuk kawasan industri Cikarang dan Kendal. Target yang telah ditetapkan ini juga tidak terlepas dari momentum positif situasi bisnis pada semester kedua tahun lalu dan kami yakini akan terus berlanjut pada tahun ini,” ujarnya.

Pada semester kedua tahun 2020, KIJ mencatatkan marketing sales mencapai Rp644 miliar atau meningkat hingga 2,5 kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Pencapaian ini terutama didorong oleh penjualan kawasan industri Kendal dan Cikarang serta suksesnya peluncuran produk residensial di Cikarang.

Karena itu selain mengejar pendapatan dari segmen produk industri, perusahaan akan terus menambah portofolio produk di segmen residensial dan komersial. Bulan September tahun lalu KIJ telah meluncurkan Cluster Rotterdam di Cikarang untuk memenuhi permintaan pasar yang tetap tinggi saat situasi pandemi.

Cluster Rotterdam menawarkan rumah kompak dengan bangunan 36-54 m2 di atas tanah seluas 30-45 m2 seharga Rp380 juta-Rp570 juta. Produk yang ditawarkan sudah berparabot (full furnished) dan menerapkan fitur smart home ini banyak dibeli oleh kalangan pekerja milenial sebagai rumah pertamanya.

Kota mandiri memang dibangun untuk jangka panjang, tetapi berpotensi baik untuk diinvestasikan kemudian. Simak jurus investasinya di video berikut ini, ya!

 

Optimisme untuk transaksi penjualan dari segmen residensial yang ditargetkan perusahaan mencapai Rp1,85 triliun. Untuk aktivitas bisnis pada tahun ini, KIJ menargetkan pendapatan Rp400 miliar dari pendapatan berulang (recurring income) tapi di sisi lain akan mengeluarkan biaya operasional seperti untuk infrastruktur sebesar Rp450 miliar,  pembangunan infrastruktur dan pengembangan lahan di Kendal Rp400 miliar, hingga beban bunga yang juga sebesar Rp400 miliar.

“Kas yang dimiliki perusahaan hingga akhir tahun 2020 mencapai Rp1,5 triliun. Dari sisi utang pada tahun ini akan flat bahkan di tahun 2021 ini nilainya akan lebih kecil. Untuk capital expenditure (capex) di tahun ini telah dianggarkan Rp200 miliar dari kas internal dan ini jumlah dua kali lipat dibandingkan tahun lalu. Landbank juga masih akan terus bertambah selain di Kota Jababeka, Kendal Industrial Park, Tanjung Lesung, Morotai, hingga saat ini total landbank mencapai 5.087 ha,” jelas Budianto.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Kementerian PUPR Punya Anggaran Dan Teknologi Untuk Membangun Hunian Bagi Masyarakat Terdampak Bencana

RumahCom – Kementerian PUPR siap membangun hunian bagi masyarakat korban bencana seperti di Subang yang terkena bencana longsor. Kementerian PUPR akan membangun rumah instan di atas tanah yang dised

Lanjutkan membacaFebruari 22, 2021

Pilot Project Sertifikat Tanah Dimulai Untuk Tanah Pemerintah

RumahCom – Pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN menerangkan mekanisme pemberlakukan sertifikat elektornik yang bertahap dimulai dengan pilot project untuk tanah-tanah pemerintah. Layanan elektroni

Lanjutkan membacaFebruari 22, 2021

Ini Cara Pekerja Informal Dapat KPR Bersubsidi

RumahCom – Selama ini program KPR bersubsidi FLPP mayoritasnya disalurkan untuk kalangan pekerja formal yang memiliki slip gaji resmi dari perusahaan. Ada beberapa cara bagi kalangan pekerja informa

Lanjutkan membacaFebruari 22, 2021

Arsitektur Bergaya Jepang dan Indonesia Menginspirasi Kaum Urban Indonesia

RumahCom - Selama ratusan tahun, arsitektur Jepang telah dipuja karena karakteristiknya yang khas dan estetika yang memukau. Desain hunian Jepang khususnya telah berkembang selama bertahun-tahun dan m

Lanjutkan membacaFebruari 22, 2021

Ini Berbagai Keuntungan Bila Sertifikat Elektronik Telah Diterapkan

RumahCom – Kementerian ATR/BPN membeberkan berbagai kemudahan bila sertifikat elektronik telah diterapkan. Mulai dari mendapatkan fasilitas kredit dari bank hingga kemudahan saat transaksi jual-beli

Lanjutkan membacaFebruari 22, 2021

Masukan