Jadi Kawasan Industri dan Residensial Terbesar Asia Tenggara, Ini Berbagai Potensi Koridor Timur

Februari 23, 2021

RumahCom – Potensi koridor timur Jakarta yang mencakup Bekasi, Cikarang, hingga Karawang kembali dikemukakan. Berbagai pengembangan proyek infrastruktur akan menjadi motor penggerak kawasan ini masih akan terus berkembang selain fakta kalau 47 persen suplai perumahan juga disumbang dari wilayah ini.

Banyak yang menyebut koridor timur Jakarta merupakan masa depan investasi Indonesia dengan kelengkapan aksesibilitas maupun proyek infrastruktur yang sangat masif di wilayah ini. Koridor timur juga merupakan kawasan sentra industri terbesar di kawasann Asia Tenggara dan saat ini ada sekitar 10 proyek infrastruktur yang masih terus dikebut pembangunannya.

Menurut Lucky Harry Korah, Ketua Satgas Pengamanan dan Pengendalian Program Sejuta Rumah (P2PSR) Ditjen Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), kawasan koridor timur memiliki tingkat pertumbuhan yang pesat dalam satu dekade terakhir khususnya dengan dukungan pengembangan proyek infrastruktur yang dikerjakan pemerintah.

“Kawasan koridor timur ini relatif paling siap untuk jadi pusat kebangkitan ekonomi khususnya pasca pandemi Covid-19. Karena kawasan ini memang dipersiapkan dengan sangat matang dan konsep pengembangannya dilakukan sejak zaman Presiden Soekarno hingga saat ini Joko Widodo, hasil kajian terakhir koridor timur ini memang memiliki potensi yang luar biasa,” ujarnya.

Lucky yang juga Staf Ahli Menteri PUPR bidang Sumber Daya Alam menambahkan, potensi dari berbagai perkembangan wilayah ini datang dari seluruh sub sektor properti lain. Dari sisi perumahan misalnya, 47 persen pasokan perumahan disumbang dari wilayah ini dan 73 persennya untuk segmen menengah ke bawah.

Potensi kawasannya masih akan terus berkembang karena beberapa mega proyek yang dikembangkan di sini seperti kereta ringan LRT Jabodetabek, kereta cepat Jakarta-Bandung, pelabuhan laut dalam Patimban, hingga Bandara Kertajati yang telah beroperasi sejak tahun 2018 lalu.

Kemudian kehadiran Peraturan Presiden (Perpres) No. 60 Tahun 2020 tentang rencana tata ruang pengembangan kawasan perkotaan Jabodetabek Bopunjur juga menjadi pendukung bagi kalangan pengembang untuk membangun berbagai proyek properti di wilayah ini. Karena itu kawasan ini disebut masa depan investasi Indonesia.

“Akhirnya ini juga menjadi keuntungan bagi masyarkat khususnya yang membutuhkan hunian terjangkau. Tidak masalah huniannya jauh dari tempat aktivitasnya, tapi dengan pengembangan infrastruktur dan tersedianya transportasi publik modern jarak yang jauh bisa ditempuh dengan akses yang cepat. Koridor timur ini juga pengembangannya akan berkelanjutan makanya hingga diterbitkan perpres karena memang harus melibatkan banyak pihak pemerintah maupun swasta,” beber Lucky.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Kawasan Industri Catatkan Transaksi Kinclong Saat Pandemi

RumahCom – Kawasan industri merupakan sub sektor properti yang mencatatkan kinerja sangat baik saat situasi pandemi Covid-19. Di sisi lain, industri ini juga telah mendorong produk residensial dan k

Lanjutkan membacaFebruari 22, 2021

Konflik Pertanahan Hingga Penyediaan Landbank Yang Akan Dituntaskan UU Cipta Kerja

RumahCom – Pemerintah terus mengupayakan berbagai cara untuk menyelesaikan berbagai kendala maupun permasalahan investasi dan pembangunan salah satunya melalui UU Cipta Kerja. Dengan aturan turunan

Lanjutkan membacaFebruari 23, 2021

Kolaborasi Pengembang-Perbankan Hasilkan Kemudahan Ini Untuk Konsumen

RumahCom – Kalangan pengembang dan perbankan kembali berkolaborasi dengan melakukan bundling program sehingga promo yang dihasilkan menjadi lebih menarik. Kalangan pengembang terus berupaya menyajik

Lanjutkan membacaFebruari 23, 2021

Proyek Properti Di Bekasi Diuntungkan Perkembangan Infrastuktur Kawasan

RumahCom – Perkembangan sebuah kawasan dengan banyaknya pembangunan proyek infrastruktur seperti di wilayah koridor timur Jakarta pada akhirnya mendorong produk properti di kawasan. LRT City Bekasi

Lanjutkan membacaFebruari 23, 2021

Selama Ini Ada Yang Salah Dengan Penanganan Bencana Banjir Kita

RumahCom – Penanganan banjir yang terjadi di banyak wilayah membutuhkan kolaborasi dan visi bersama antar multisektoral. Selama ini penanganan banjir juga kurang tepat sehingga memicu dampak yang le

Lanjutkan membacaFebruari 23, 2021

Masukan