Suntikan Investasi Asing Dorong Sektor Perhotelan

Februari 24, 2021

RumahCom – Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat pencapaian realisasi investasi tahun 2020 (Januari-Desember) sebesar Rp826,3 triliun atau 101,1% dari target Rp817,2 triliun. Dari total nilai tersebut, realisasi Penanaman Modal Asing (PMA) memberikan kontribusi setengahnya atau Rp412,8 triliun (49,9%).

Tercatat, penyaluran investasi pada periode sepanjang tahun 2020 di luar Jawa sebesar Rp 417,5 triliun (50,5%), lebih tinggi dibandingkan di Jawa yang sebesar Rp408,8 triliun (49,5%). Menurut BKPM, hal ini menandakan investor dalam dan luar negeri tidak lagi menjadikan Jawa sebagai alternatif satu-satunya. Ke depan, dalam konteks hilirisasi dan transformasi ekonomi, di luar Jawa juga akan berkembang.

Dalam jumpa pers 25 Januari kemarin, Kepala BKPM Bahlil Lahadalia juga mengatakan investor asing kini lebih memilih berbisnis di Maluku Utara dan kawasan Timur lainnya. Kondisi ini juga mencerminkan investor asing sudah nyaman menanamkan modalnya di daerah yang belum sepenuhnya digali.

Salah satu investor asing yang memilih kawasan Timur sebagai kawasan bisnisnya adalah Invest Islands. Perusahaan real estate developer ini sedang membangun dua proyek vila kelas internasional; diantaranya di Sumba, Nusa Tenggara Timur, dan Torok Hill di Lombok Selatan, Nusa Tenggara Barat. Proyek terakhir ini ditargetkan selesai dan siap beroperasi pada Q2 2023.

“Pembangunan di Torok Hill masih berjalan normal dengan pembangunan saat ini difokuskan pada fasilitas resor,” kata Kevin Deisser, Co-Founder & Director Invest Islands yang berasal dari Belgia, saat dihubungi Rumah.com, Kamis (04/02). “Kami berharap saat Torok Hill resmi dibuka pada 2023, pandemi ini sudah lama hilang dan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, bisa berwisata lagi dengan rasa aman.”

Torok Hill menawarkan private villa dengan lokasi dan pemandangan menakjubkan yang langsung menghadap ke Samudera Hindia. Jumlah vila yang dibangun sebanyak 80 unit, dengan tipe satu kamar tidur, dua kamar, dan tiga kamar. Kevin menuturkan, harga menginap semalam di Torok Hill mulai dari Rp6 juta.

“Sesuai dengan manajemen properti yang kami sediakan, kami targetkan 50% tamu yang datang adalah turis dari Eropa. Kemudian turis lokal dari Jakarta dan Surabaya menempati urutan kedua terbesar, turis China terbanyak ketiga, dan Australia terakhir,” tukas Kevin.

Penting sebelum beli rumah, pahami 5 hal yang penting perlu dipertimbangkan saat membeli rumah agar tak salah pilih. Selengkapnya lihat di video berikut ini.

Investasi Asing Menjadi Lebih Mudah

Sebagai pemain asing, Invest Islands menyadari perubahan besar yang dilakukan Pemerintah Indonesia terhadap investor. Diantaranya kemudahan proses investasi dan waktu tempuh yang singkat untuk prosedur yang berlaku.

“Pemerintah sudah melakukannya dengan sangat baik. Lewat Kementerian ATR/BTN, yang kami rasakan sekarang mendapatkan izin usaha lebih cepat dan mudah dibandingkan beberapa tahun lalu. Apalagi sekarang praktiknya bisa dilakukan secara digital yang tentunya sesuai dengan kondisi saat ini. Lalu proses Penanaman Modal Asing (PMA) yang sebelumnya memakan waktu sekitar 6 bulan, kini bisa selesai tiga minggu,” jelas Kevin.

Ia juga melihat arah kebijakan Pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri yang telah melakukan berbagai upaya dalam membuka seluas mungkin peluang bagi investor asing untuk masuk dan berbisnis di Indonesia. Pelan tapi pasti, menurutnya, Indonesia akan membuka mata dunia terkait potensi yang ada.

Sejalan dengan itu, dalam pidatonya mengenai Nota Keuangan RAPBN 2021, Presiden Joko Widodo mengungkapkan bahwa pembangunan pariwisata tahun 2021 dianggarkan sekitar Rp14,4 triliun, yang diarahkan untuk mendorong pemulihan ekonomi di sektor pariwisata. Kebijakan tersebut dilakukan melalui restorasi pariwisata dengan pengembangan destinasi di 5 wilayah fokus yaitu Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang.

Invest Islands sendiri telah resmi terdaftar sebagai PMA di Badan Koordinasi Penanaman Modal dengan nama PT Invest Indonesian Islands.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Jadi Kawasan Industri dan Residensial Terbesar Asia Tenggara, Ini Berbagai Potensi Koridor Timur

RumahCom – Potensi koridor timur Jakarta yang mencakup Bekasi, Cikarang, hingga Karawang kembali dikemukakan. Berbagai pengembangan proyek infrastruktur akan menjadi motor penggerak kawasan ini masi

Lanjutkan membacaFebruari 23, 2021

Kementerian PUPR Terus Perbanyak Pembangunan Rusun

RumahCom – Kementerian PUPR terus membangun rumah susun untuk berbagai kalangan. Kali ini yang dibangun yaitu rusun untuk ASN di Bengkulu sehingga memudahkan kalangan ini bekerja dan berhunian. Kons

Lanjutkan membacaFebruari 24, 2021

Pengembang Optimistis Pembangunan Rumah Murah Tahun Ini Minimal Bisa Sama Dengan Tahun Lalu

RumahCom – Kalangan pengembang tetap optimistis bisa memproduksi rumah murah hingga 150 ribu unit pada tahun ini. Di tengah berbagai hambatan bisnis karena pandemi, pengembang yang tergabung di asos

Lanjutkan membacaFebruari 24, 2021

Penanganan Pandemi Tepat, Bisnis Properti Australia Mulai Pulih

RumahCom – Mastery by Crown Group mendapatkan penyewa ritel dari Woolworths Group, sebuah jaringan supermarket Australia. Potensi bisnis, penanganan pandemi dari pemerintah, telah membuat potensi pa

Lanjutkan membacaFebruari 24, 2021

Geliat Pemerintah Di Tengah Berbagai Kendala Sektor Perumahan

RumahCom – Berbagai kendala di sektor perumahan kembali dibeberkan oleh Kementerian PUPR dan beberapa program unggulan untuk sektor padat modal ini. Program sejuta rumah merupakan program utama yang

Lanjutkan membacaFebruari 24, 2021

Masukan