Aplikasi Pemantau Rumah Bersubsidi Akan Diterapkan Secara Penuh Semester Kedua 2021

Maret 3, 2021

RumahCom – Lembaga penyalur KPR subsidi FLPP, PPDPP, terus memaksimalkan aplikasinya untuk memantau maupun mengawasi proses pembangunan rumah. Dengan aplikasi ini banyak pihak yang bisa ikut memantau proses pembangunan rumah murah dan masyarakat dipastikan mendapatkan produk berkualitas.

Lembaga penyalur KPR bersubsidi fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggalakkan Gerakan Bangun Rumah Bersubsidi Berkualitas.

Gerakan ini diluncurkan tidak terlepas dari penerapan aplikasi Sistem Pemantauan Kontruksi (SiPetruk) beberapa waktu lalu untuk memantau proses pembangunan rumah subsidi oleh kalangan pengembang. Melalui aplikasi SiPetruk ini kualitas rumah yang dibangun bisa dipantau dan dipastikan telah sesuai dengan berbagai persyaratan yang ditetapkan.

“Terkait penerapan aplikasi SiPetruk ini, kami akan melakukan pelatihan untuk calon-calon tenaga manajemen konstruksi. Untuk pelatihan ini kami telah menggandeng Ditjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR dan saat ini sedang dalam proses pembahasan untuk segera diimplementasikan,” ujar Arief Sabaruddin, Direktur Utama PPDPP.

Berbagai aktivitas maupun penerapan aplikasi ini diterapkan untuk melancarkan penyaluran FLPP kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Terlebih target penyaluran KPR FLPP PPDPP pada tahun ini juga terus meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini PPDPP dianggarkan untuk menyalurkan dana FLPP sebesar Rp19,1 triliun untuk membiayai sebanyak 157.500 unit rumah.

Aplikasi SiPetruk sendiri terus disempurnakan dan saat ini tengah melaksanakan uji coba dengan beberapa pilot project. Targetnya, pada semester kedua tahun ini aplikasi SiPetruk akan diterapkan secara penuh untuk semua proyek perumahan yang dibangun kalangan pengembang dan terdaftar dalam database PPDPP.

Optimis pasti punya rumah, pertama dengan kumpulkan niat beli rumah. Bagaimana caranya yah? Simak videonya berikut ini.

Aplikasi SiPetruk akan merekam proses pemeriksaan persyaratan keselamatan, kesehatan, kemudahan, kenyamanan, dan tata bangunan sesuai ketentuan yang berlaku. Aplikasi ini juga terintegrasi dengan aplikasi SiKumbang dan SiKasep hingga ke bank pelaksana penyalur KPR FLPP.

“Dengan aplikasi ini kita bisa mengawal rumah subsidi yang dibeli oleh MBR telah sesuai aturan dan bisa siap huni tidak perlu direnovasi lagi. Per 2 Maret 2021, kami telah menyalurkan sebanyak 1.031 unit senilai Rp111,1 miliar, total PPDPP sejak tahun 2010 telah menyalurkan FLPP senilai Rp55,7 triliun untuk sebanyak 765.886 unit,” jelas Arief.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Tahapan Penataan Kawasan Wisata NTT, Infrastruktur Hingga Gazebo Dibenahi

RumahCom – Penataan kawasan pariwisata merupakan salah satu program Kementerian PUPR. Salah satunya yaitu penataan di kawasan pariwisata Kota Kupang yang mencakup penataan kawasan pantai hingga fasi

Lanjutkan membacaMaret 1, 2021

LRT City Ciracas Berpotensi Jangkau Market Lebih Luas

RumahCom - Sinyal positif bagi sektor properti di tahun 2021 menjadi momentum kebangkitan bisnis properti yang sempat terpuruk di tahun 2020 akibat dampak pandemi COVID-19. Tambah lagi sejumlah kebija

Lanjutkan membacaMaret 2, 2021

Pengembang Ini Berikan Diskon Hingga 35 Persen Di Seluruh Proyeknya

RumahCom – Pengembang terus memberikan berbagai gimmick marketing untuk menggairahkan pasar saat situasi bisnis lesu karena pandemi Covid-19. Damai Putra Group misalnya, memberikan diskon hingga 35

Lanjutkan membacaMaret 3, 2021

Pemerintah Bebaskan PPN Untuk Rumah Seharga Di Bawah Rp2 Miliar

RumahCom – Kementerian Keuangan menerbitkan aturan pembebasan PPN untuk produk rumah atau apartemen seharga di bawah Rp2 miliar dan diskon PPN 50 persen untuk produk seharga maksimal Rp5 miliar. Bel

Lanjutkan membacaMaret 3, 2021

Setelah Penghapusan dan Diskon PPN, Pengembang Berharap Diskon BPHTB

RumahCom – Kalangan pengembang mengapresiasi insentif penghapusan dan diskon PPN untuk produk properti. Hal ini bisa menggairahkan kembali sektor ini yang tengah lesu dan pengembang juga berharap ke

Lanjutkan membacaMaret 3, 2021

Masukan