Kolaborasi Kementerian PUPR-Kemenparekraf Dengan Revitalisasi Hunian Hingga Jadi Homestay

Maret 5, 2021

RumahCom – Kolaborasi Kementerian PUPR dengan Kemenparekraf terus terjalin baik. Kementerian PUPR memiliki program revitalisasi supaya hunian masyarakat lebih layak hingga dijadikan homestay di kawasan wisata. Kemenparekraf memberikan pelatihan dan pendampingan untuk memaksimalkan masyarakat mengelola homestay-nya.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerja sama untuk  meningkatkan potensi wisata sekaligus meningkatkan kualitas hunian rumah masyarakat di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Salah satunya di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Di wilayah ini, Kementerian PUPR melaksanakan program pembangunan sarana hunian pariwisata (Sarhunta) dengan merenovasi hunian masyarakat menjadi lebih layak huni dan sehat sekaligus mendukung pemulihan pariwisata sehingga dampaknya juga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Menurut Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid, Kementerian PUPR juga akan terus mendukung pemerintah daerah untuk mendorong pemulihan perekonomian nasional dari berbagai sektor termasuk sektor pariwisata khususnya di wilayah-wilayah KSPN.

“Program Sarhunta ini supaya kawasan pariwisata dapat tertata dengan baik dan rumah-rumah penduduk yang berada di dalam kawasan dan koridor KSPN kami perbaiki sehingga lebih layak huni dan memiliki manfaat ekonomi dengan dijadikan homestay yang merupakan program dari Kemenparekraf,” ujarnya.

Untuk wilayah NTB Kementerian PUPR telah menganggarkan dana Rp62,22 miliar untuk membangun sebanyak seribuan unit rumah melalui program Sarhunta. Program yang dilaksanakan sejak tahun lalu ini telah membangun sebanyak 817 unit di Kabupaten Lombok Tengah, di sepanjang koridor masuk kawasan Mandalika sebanyak 517 unit, dan 300 unit rumah singgah atau homestay serta bangunan untuk usaha lain guna mendukung pariwisata. Sisa 98 unit dibangun di Lombok Utara.

Investasi di kampung halaman bisa menjadi pilihan tepat yang menguntungkan. Lalu gimana caranya? simak videonya berikut ini.

Keberadaan homestay ini juga bisa dijadikan alternatif akomodasi yang terjangkau bagi para wisatawan yang akan berkunjung ke lokasi wisata. Program Sarhunta diharapkan bisa memenuhi kebutuhan tempat penginapan untuk wisatawan yang diperkirakan akan melonjak saat nanti gelaran MotoGP 2021 di Sirkuit Mandalika yang pembangunannya juga terus dikebut.

“Semoga rumah dan homestay yang telah dibanghun ini bisa dikelola dan dimanfaatkan secara baik oleh masyarakat dan bisa menjadi daya tarik tersendiri sehingga wisatawan bersemangat untuk menginap. Dengan mengelola homestay juga masyarakat bisa meningkat perekonomiannya,” imbuh Khalawi.

Kementerian PUPR dan Kemenparekraf juga melaksanakan bimbingan teknis manajemen Sarhunta untuk masyarakat di KSPN Mandalika. Bimbingan teknis ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan bagi warga yang telah mendapatkan bantuan rumah swadaya untuk mengelola homestay sehingga bisa mendukung KSPN.

Kemenparekraf juga memberikan dukungan selain pelatihan dengan menggandeng berbagai politeknik pariwisata untuk mendampingi masyarakat sehingga bisa lebih memanfaatkan homestay yang dikelolanya dengan lebih optimal.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

193 Unit Rumah Khusus Dibangun Di Wamena

RumahCom – Kementerian PUPR memiliki program rumah khusus yang dibangun untuk masyarakat di lokasi-lokasi yang paling membutuhkan. Salah satunya di Wamena, Papua, yang dibangun ratusan unit rumah kh

Lanjutkan membacaMaret 5, 2021

Ada Perpres Yang Mengamanatkan Pembentukan BP3 Untuk Percepatan Program Perumahan

RumahCom – Perpres No. 9 Tahun 2021 yang merupakan turunan dari UU Cipta Kerja mengamanatkan pembentukan Badan Percepatan Penyelenggaraan Perumahan (BP3). Badan ini untuk memastikan kalangan masyara

Lanjutkan membacaMaret 5, 2021

Sektor Pariwisata Dipastikan Bangkit Tahun Ini

RumahCom – Menparekrar Sandiaga Uno optimistis sektor pariwisata akan bangkit pada tahun ini dengan berbagai strategi maupun penanganan yang serius terkait pandemi Covid-19. Ada 55 juta kelas meneng

Lanjutkan membacaMaret 5, 2021

Penghapusan PPN Seharusnya Bisa Untuk Rumah Yang Sudah Bangun Pondasi

RumahCom – Penghapusan PPN untuk rumah seharga maskimal Rp2 miliar dan diskon 50 persen PPN hingga maksimal Rp5 miliar hanya berlaku untuk produk ready stock. IPW menyarankan supaya belied ini bisa

Lanjutkan membacaMaret 5, 2021

Perumahan Ini Menghadirkan Bike Track Seluas 20 Ha

RumahCom – Pengembang Metland menghadirkan fasilitas berupa bike track country yang bisa digunakan oleh pencinta sepeda dengan berbagai obstacle yang sangat menantang. Bike track ini berada di Metla

Lanjutkan membacaMaret 5, 2021

Masukan