Jokowi Resmikan Bendungan Sindangheula, Berfungsi Penyedia Air Baku, Penahan Banjir, Hingga Wisata

Maret 5, 2021

RumahCom – Bendungan Sindangheula di Serang, Banten, yang baru diresmikan memiliki beragam fungsi. Bendungan berbiaya Rp458 miliar ini berfungsi untuk pengairan sawah, suplai air baku industri, penahan luapan banjir, pembangkit listrik, water treatment, hingga wisata air.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Sindangheula yang berlokasi di Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Jokowi menyebut, bendungan yang dibangun sejak tahun 2015 ini sudah selesai dan siap difungsikan salah satunya untuk meningkatkan produktivitas pertanian.

“Bendungan ini memiliki kapasitas 9,3 juta meter kubik (m3) yang bisa memberikann manfaat untuk 1.280 ha sawah di Serang dan wilayah Banten pada umumnya. Kita harapkan bendungan ini bisa memberikan nilai tambah bagi petani di Banten dalam menyediakann ketersediaan air sehingga hasil pertanian semakin produktif dan menjaga ketahanan pangan kita,” ujar Jokowi.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menambahkan, ada banyak manfaat dari bendungan ini selain fungsi pengairan. Antara lain untuk menyediakan suplai air baku untuk daerah-daerah industri yang sangat berkembang di Kabupaten Serang dan Kota Cilegon.

“Bendungan ini bisa menyediakan air baku hingga 0,80 m3/detik dan ini sudah mulai digunakan di Provinsi Banten sebesar 0,40 m3/detik. Manfaat lainnya juga untuk mereduksi banjir hingga 50 m3/detik dari Sungai Ciujung dan Sungai Cidurian yang biasa meluap menggenangi Kabupaten Serang dan sekitarnya saat intensitas hujan tinggi,” jelasnya.

Bukan hanya itu, Basuki juga menyebut manfaat lain bendungan sebagai pembangkit listrik dengan kapasitas mencapai 0,40 megawatt (MW). Hal lainnya lagi, bendungan ini memiliki potensi besar sebagai destinasi wisata baru di Provinsi Banten sehingga pemerintah daerah maupun masyarakat harus bisa  memanfaatkan dan menjaga bendungan ini supaya bernilai ekonomi bagi masyarakat sekitar.

Penting sebelum beli rumah, pahami 5 hal yang penting perlu dipertimbangkan saat membeli rumah agar tak salah pilih. Selengkapnya lihat di video berikut ini.

Bendungan ini juga merupakan satu dari 18 bendungan yang telah selesai pembangunan konstruksinya. Untuk fungsi irigasinya sendiri bendungan ini telah dimanfaatkan sejak tahun 2020 lalu dan telah berhasil meningkatkan indeks pertanian (IP) dari 120 persen menjadi 180 persen.

Pemprov Banten juga telah memanfaatkan bendungan ini untuk dibangun instalasi pengolahan air baku (water treatment) yang bersumber dari Bendungan Sindangheula dengan kapasitas 400 liter/detik termasuk membangun intake di bendungan ini. Bendungan ini dibangun oleh PT PP dan PT Hutama Karya dengan biaya mencapai Rp458 miliar.

“Dengan banyaknya fungsi bendungan ini, Pemprov Banten maupun masyarakat harus bisa memanfaatkannya secara maksimal khususnya untuk menjadi destinasi wisata air di Banten. Lokasinya juga dekat dengan Kota Serang dan dengan adanya jalan tol Serang ke Patimbang aksesibilitasnya juga akan semakin mudah,” jelas Basuki.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Sektor Pariwisata Dipastikan Bangkit Tahun Ini

RumahCom – Menparekrar Sandiaga Uno optimistis sektor pariwisata akan bangkit pada tahun ini dengan berbagai strategi maupun penanganan yang serius terkait pandemi Covid-19. Ada 55 juta kelas meneng

Lanjutkan membacaMaret 5, 2021

Penghapusan PPN Seharusnya Bisa Untuk Rumah Yang Sudah Bangun Pondasi

RumahCom – Penghapusan PPN untuk rumah seharga maskimal Rp2 miliar dan diskon 50 persen PPN hingga maksimal Rp5 miliar hanya berlaku untuk produk ready stock. IPW menyarankan supaya belied ini bisa

Lanjutkan membacaMaret 5, 2021

Perumahan Ini Menghadirkan Bike Track Seluas 20 Ha

RumahCom – Pengembang Metland menghadirkan fasilitas berupa bike track country yang bisa digunakan oleh pencinta sepeda dengan berbagai obstacle yang sangat menantang. Bike track ini berada di Metla

Lanjutkan membacaMaret 5, 2021

Kolaborasi Kementerian PUPR-Kemenparekraf Dengan Revitalisasi Hunian Hingga Jadi Homestay

RumahCom – Kolaborasi Kementerian PUPR dengan Kemenparekraf terus terjalin baik. Kementerian PUPR memiliki program revitalisasi supaya hunian masyarakat lebih layak hingga dijadikan homestay di kawa

Lanjutkan membacaMaret 5, 2021

Seperti Ini Modus Mafia Tanah

RumahCom – Praktik mafia tanah bisa bekerja mulai memalsukan dokumen, menggarap tanah terlantar, hingga saat berperkara di pengadilan. Status yang menumpuk, klaim para penggarap, hingga keputusan pe

Lanjutkan membacaMaret 5, 2021

Masukan