Kolaborasi Perusahaan BUMN-Swasta Ini Perkuat Konsep TOD

Maret 10, 2021

RumahCom – Kolaborasi antara perusahaan BUMN PT KAI dan swasta PT BSD untuk membangun stasiun kereta baru di Jatake dan menjadikan sebuah kawasan hunian menjadi kawasan TOD. Kolaborasi ini diharapkan bisa diterapkan di berbagai wilayah sehingga terwujud kawasan modern dengan integrasi transportasi publik.

Perusahaan BUMN PT Kereta Api Indonesia (KAI/Persero) dan perusahaan swasta PT Bumi Serpong Damai (BSD) Tbk menjalin kerja sama untuk pembangunan, penyerahan, pengoperasian, dan pengusahaan stasiun baru di Km 36+700 hingga Km 37+200 antara Cicayur-Parung Panjang di Desa Jatake, Pagedangan, Tangerang, Banten.

Perjanjian kerja sama yang dimulai pada akhir tahun lalu antar kedua perusahaan ini akan menghadirkan stasiun baru Stasiun Jatake yang merupakan perlintasan kereta komuter Tanah Abang-Merak. Kerja sama ini juga sebagai tindak lanjut rencana pembangunan dan sebagai pedoman pelaksanaan proyek untuk kedua belah pihak.

Menurut Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kementerian Perhubungan Danto Restyawan, mobilitas masyarakat perlu diimbangi dengan sarana dan prasarana yang memadai dan karena itu pihaknya sangat menyambut baik kesepakatan kerja sama ini salah satunya dengan menghadirkan stasiun baru.

“Tentunya terima kasih dan apresiasi patut diberikan kepada KAI dan BSD yang menginisiasi pembangunan stasiun baru ini. Selanjutnya, konsep seperti ini bisa menjadi role model untuk kontribusi investasi dari BUMN, swasta, maupun stakeholder lain untuk mewujudkan pembangunan bersama di sektor perkeretaapian,” ujarnya.

Proyek stasiun baru ini sendiri dibangun di atas lahan seluaas 2.806 m2 yang akan terdiri dari tiga lantai bangunan dan dilengkapi dengan fasilitas pendukungnya. Kenyamanan pengguna akan diutamakan sesuai standar yang telah ditetapkan ditambah dengan adanya fasilitas eskalator, lift, area komersial, parkir, hingga fasilitas integrasi moda lanjutan.

Konsep TOD merupakan program pengembangan kawasan properti yang memaksimalkan fungsi transportasi massal. Selengkapnya simak di video berikut ini.

Pembangunan stasiun baru ini akan dilakukan bersamaan dengan pembangunan kawasan pemukiman oleh BSD di kawasan township BSD City, Tangerang, Banten. Pembangunan stasiun baru ini akan memulai proses konstruksinya pada bulan Maret ini dengan target penyelesaian selama 18 bulan.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, kolaborasi BUMN dan swasta ini untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten Tangerang yang hendak beraktivitas ke wilayah Jakarta menggunakan KRL yang murah, cepat, aman, dan nyaman.

“Kerja sama ini juga merupakan wujud keterlibatan aktif sektor swasta dan BUMN dalam pembangunan infrastruktur untuk melayani masyarakat tanpa membebani APBN. Kita semua juga berharap semoga kerja sama ini bisa menjadi pilot project swasta dan BUMN dalam membangun perekonomian nasional,” katanya.

KAI juga akan terus mendorong pengembangan stasiun khususnya yang terintegrasi dengan moda-moda yang lain sehingga bisa menghadirkan kawasan yang modern di berbagai wilayah dengan dukungan transportasi publik modern. KAI juga akan berupaya untuk hadir menciptakan kota yang terintegrasi antara hunian, komersial, dan transportasi masal untuk mewujudkan konsep transit oriented development (TOD).

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Kapan Dan Di Mana Memfokuskan Listing Anda Di Bulan Maret 2021

Waktu benar-benar cepat berlalu! Kami sudah memasuki bulan terakhir kuartal ini dan sebagaimana tercermin dalam Sentiment Study H1 2021: Minat Beli Properti Masih Tinggi.Pandemi COVID-19 memberikan da

Lanjutkan membacaMaret 8, 2021

Digitalisasi Jadi Keniscayaan, Begini Keamanan Sertifikat Elektronik

RumahCom – Kementerian ATR/BPN terus menggodok pengaplikasian sertifikat tanah yang akan diterapkan secara bertahap. Berbagai metode maupun sistem keamanan akan diutamakan sehingga program digitalis

Lanjutkan membacaMaret 8, 2021

Tahun Depan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Selesai

RumahCom – Kementerian PUPR terus mengebut pembangunan berbagai proyek strategis nasional seperti jalan tol Jakarta-Cikampek II Selatan. Jalan tol ini ditargetkan bisa menyelesaikan proses pembangun

Lanjutkan membacaMaret 8, 2021

Brighton Digital Awards, 400 Penghargaan Hingga Terobosan Brighton Uni

Industri properti menjadi salah satu industri yang dilihat akan mengalami peningkatan selain retail dan infrastruktur. Melewati tahun 2020, properti menjadi sebuah investasi yang menarik dikarenakan

Lanjutkan membacaMaret 9, 2021

Pengembang Berharap Sosok Berpengalaman Untuk Sektor Pembiayaan Perumahan

RumahCom – Kalangan pengembang berharap yang akan memimpin Bank BTN merupakan sosok yang berpengalaman dan memahami sektor pembiayaan perumahan. Hal ini penting karena Bank BTN fokus pada pembiayaan

Lanjutkan membacaMaret 10, 2021

Masukan