Bank BUMN Ini Kembali Salurkan Dana Bantuan Program Bedah Rumah Di Kalimantan Selatan

Maret 10, 2021

RumahCom –  Bank Mandiri kembali dipercaya untuk menyalurkann program BSPS atau program bedah rumah di wilayah Kalimantan Selatan. Program ini membuat rumah masyarakat yang tidak layak menjadi lebih sehat dan layak huni dengan bantuan yang diberikan mencapai Rp20 juta per rumah.

Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Kalimantan II Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui satuan kerja (Satker) Penyediaan Perumahan Kalimantan Selatan kembali menunjuk Bank Mandiri untuk menjadi bank penyalur dana program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) untuk tahun anggaran 2021.

BSPS atau program bedah rumah yang penyaluran pembiayaannya melalui Bank Mandiri ini dialokasikan untuk 2.140 masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang tersebar di wilayah Kalimantan Selatan sehingga bisa mendapatkan bantuan revitalisasi huniannya menjadi lebih layak huni dan sehat.

Menurut Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Kalimantan II Nursal, total dana program bedah rumah yang disalurkan Bank Mandiri untuk wilayah Kalimantan Selatan mencapai Rp42,8 miliar. Program ini juga disebut sebagai peningkatan kualitas (PK) atau perbaikan rumah.

“PK yang kami lakukan untuk 2.140 unit rumah di wilayah ini mencakup perbaikan atap, lantai, dan dinding selain sarana dan prasarana lainnya untuk membuat rumah menjadi lebih sehat dan nyaman dihuni. Program ini juga akan menggerakkan keswadayaan masyarakat hingga meningkatkan perekonomian wilayah,” ujarnya.

Bank Mandiri sebagai penyalur dana dari Kementerian PUPR untuk program ini akan ikut memantau penggunaan dana yang disalurkannya. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, misalnya dana bantuan baru akan cari setelah ada verifikasi dari koordinator fasilitator di desa termasuk bukti pengiriman barang atau material bahan bangunan dari toko bangunan yang ditunjuk.

“Setiap penerima bantuan program ini akan mendapatkan total dana bantuan mencapai Rp20 juta. Sebanyak Rp17,5 juta untuk material bahan bangunan dan Rp2,5 juta untuk upah tukang, jadi masyarakat penerima bantuan program tidak menerima uang tunai sepeser pun tapi berupa material bahan bangunan dan tenaga kerja,” imbuhnya.

Banyak lika liku yang dihadapi saat membeli rumah namun tetap bisa terwujudkan. Simak cerita para pencari rumah di video singkat berikut ini.

Program bedah rumah merupakan salah satu program unggulan Kementerian PUPR dan telah banyak membantu kalangan MBR di hampir seluruh wilayah Indonesia. Vice President Bank Mandiri Area Banjarmasin Hari Nugroho Sujiono menyatakan, pihaknya sangat menyambut baik atas kepercayaan Satker Penyediaan Perumahan untuk menyalurkan dana program ini pada tahun anggaran 2021.

“Terima kasih atas kepercayaan kembali yang diberikan kepada kami sebagai penyalur dana BSPS. Kendati saat ini ada begitu banyak kendala karena pandemi Covid-19, kami tetap berkomitmen untuk mensukseskan penyaluran program ini yang telah dipercayakan pemerintah kepada kami,” katanya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Canavaro Dzaky
May 21, 2021
Program yang sangat..sangt membantu warga yang kurang mampu
Wahyudin Udin
Apr 17, 2021
Gimana caranya dapat bantuan rumah tidak layak huni?
KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Pengembang Berharap Sosok Berpengalaman Untuk Sektor Pembiayaan Perumahan

RumahCom – Kalangan pengembang berharap yang akan memimpin Bank BTN merupakan sosok yang berpengalaman dan memahami sektor pembiayaan perumahan. Hal ini penting karena Bank BTN fokus pada pembiayaan

Lanjutkan membacaMaret 10, 2021

Kolaborasi Perusahaan BUMN-Swasta Ini Perkuat Konsep TOD

RumahCom – Kolaborasi antara perusahaan BUMN PT KAI dan swasta PT BSD untuk membangun stasiun kereta baru di Jatake dan menjadikan sebuah kawasan hunian menjadi kawasan TOD. Kolaborasi ini diharapka

Lanjutkan membacaMaret 10, 2021

Pencarian Rumah Di Daerah Tangerang Sekitarnya Meningkat Dua Kali Lipat

RumahCom – Pasar properti memunculkan segmen khusus yang mencari produk-produk rumah menengah di bawah Rp1 miliar. Selama ini pasar banyak menyediakan segmen bawah dan atas sehingga untuk kelas mene

Lanjutkan membacaMaret 10, 2021

Ini Beberapa Kendala Yang Menghambat Pengadaan Tanah Untuk Pembangunan

RumahCom – Proses pembangunan kerap terkendala karena berbelitnya proses pengadaan tanah. Berbagai aturan terkait pengadaan tanah belum bisa mengatasi permasalahan di lapangan karena itu pemerintah

Lanjutkan membacaMaret 10, 2021

Pengembang Mulai Catatkan Transaksi Penjualan Meningkat Dampak Relaksasi PPN

RumahCom – Relaksasi yang dikeluarkan pemerintah berupa diskon PPN hingga 100 persen mulai menunjukan hasil di lapangan. Pengembang SML meraih penjualan hingga Rp210 miliar hanya dalam dua hari deng

Lanjutkan membacaMaret 10, 2021

Masukan