Ini Beberapa Peluang Untuk Sektor Properti Saat Situasi Pandemi

Maret 10, 2021

RumahCom – Kendati pandemi Covid-19 telah memukul perekonomian termasuk bisnis properti, beberapa peluang yang ada tetap membuat optimistis sektor properti akan lebih baik pada tahun ini. Program vaksin, stimulan pemerintah, regulasi pro bisnis, hingga peningkatan daya beli merupakan peluang-peluang yang sangat baik untuk sektor ini kembali bergerak.

Pandemi Covid-19 telah memberikan banyak hambatan untuk pertumbuhan ekonomi tidak terkecuali untuk sektor properti. Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang diberlakukan untuk memutus penularan virus telah membuat aktitivas bisnis langsung drop, sektor komersial, perhotelan, dan wisata paling merasakan dampak dari pemberlakuan PSBB ini.

Menurut Ketua Umum Real Estat Indonesia (REI) Totok Lusida, beberapa tantangan yang menjadi penghambat untuk sektor properti saat situasi pandemi ini masih akan terus berlanjutnya berbagai pembatasan hingga jangka waktu yang belum bisa dipastikan. Diprediksi, PSBB masih akan terus berlanjut hingga sepanjang tahun ini.

“Hal ini akhirnya membuat kita terkena resesi ekonomi karena saat ini tingkat pemutusan kerja (PHK) dari kalangan pekerja formal sudah banyak diberlakukan. Rata-rata perusahaan melakukan 5-30 persen PHK untuk pekerjanya. Belum perubahan perilaku  maupun lifestyle konsumen saat pandemi ini dan beberapa regulasi yang tidak pro bisnis,” ujarnya.

Namun begitu, Totok menyebut bukannya situasi ini membuat pesimistis tapi justru tetap ada beberapa peluang yang bisa diraih. Berbagai perubahan dan adaptasi yang dilakukan telah menciptakan peluang baru dan beberapa kalangan pengembang juga tetap bertahan dengan menerapkan strategi yang lebih adaptif untuk menyiasati situasi ini.

Beberapa hal juga menjadi peluang yang membuat situasi saat ini tetap perlu dihadapi dengan optimistis. Totok menyebut, program vaksin yang telah dilakukan menjadi angin segar untuk perekonomian segera bangkit.  Vaksin menjadi salah satu program yang memperlihatkan keseriusann pemerintah menangani pandemi ini.

Sebelum membeli tanah, sebaiknya Anda cek dulu legalitas atau keabsahan tanah tersebut. Caranya? simak penjelasan di video berikut ini.

Program kesehatan yang diikuti dengan berbagai stimulan untuk mendorong perekonomian juga menjadi peluang tersendiri. Artinya, program penanganan pandemi tetap bisa dilakukan seiring dengan program perekonomian. Pemerintah misalnya, menganggarkan kenaikan pembangunan infrastruktur hingga 47 persen dengan anggaran yang disiapkan Rp414 triliun dan ini akan menjadi peluang yang baik untuk mendorong perekonomian.

Untuk sektor properti juga pemerintah telah mengakomodasi usulan REI seperti penurunan suku bunga KPR, relaksasi loan to value, hingga pembebasan PPN untuk rumah seharga maksimal Rp2 miliar dan diskon PPN 50 persen untuk yang seharga maksimal Rp5 miliar.

“Implementasi UU Cipta Kerja juga sangat pro bisnis dan pemerintah terus menaikan anggaran untuk sektor perumahan. Awal tahun 2021 ini juga mulai terlihat ada peningkatan daya beli dan pengembang juga terus masuk ke pasar dengan produk baru yang telah menyesuaikan dengan kondisi new normal. Berbagai hal ini membuat kita lebih otimistis sektor properti pada tahun ini akan jauh lebih baik,” beber Totok.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Bank BUMN Ini Kembali Salurkan Dana Bantuan Program Bedah Rumah Di Kalimantan Selatan

RumahCom -  Bank Mandiri kembali dipercaya untuk menyalurkann program BSPS atau program bedah rumah di wilayah Kalimantan Selatan. Program ini membuat rumah masyarakat yang tidak layak menjadi lebih

Lanjutkan membacaMaret 10, 2021

Sertifikat Elektronik Akan Mudah Mencocokkan Data Pertanahan

RumahCom – Pemerintah kembali memaparkan beberapa keuntungan dengan penerapan sertifikat elektronik. Mulai dari memudahkan pemeriksaan karena terekam pada sistem online hingga menghindari penerbitan

Lanjutkan membacaMaret 10, 2021

Seperti Ini Kalau MRT Dan Transjakarta Diintegrasikan

RumahCom – Dua perusahaan BUMD Jakarta MRT dan Transjakarta bersepakat untuk membuat studi terkait pengintegrasian transportasi publik. Ada banyak hal yang bisa dikembangkan dari kolaborasi ini yang

Lanjutkan membacaMaret 10, 2021

Produk Rumah Kompak Jadi Andalan Pengembang Saat Pandemi

RumahCom – Pengembang terus melansir produk-produk rumah kompak supaya harganya menjadi lebih terjangkau khususnya bagi kalangan milenial yang daya belinya masih terbatas. PT Jaya Real Property misa

Lanjutkan membacaMaret 10, 2021

Pengembang Ini Tawarkan Ruko Plus Bantuan Modal Usaha

RumahCom – Permintaan produk komersial untuk ruang usaha masih cukup tinggi saat situasi pandemi ini. Bukan hanya menyediakan produk sesuai kebutuhan pasar, pengembang Summarecon memberikan bantuan

Lanjutkan membacaMaret 10, 2021

Masukan