Setahun Pandemi, Ada Pergeseran Lokasi Hunian Di Luar Jabodetabek

Maret 17, 2021

RumahCom – Pandemi Covid-19 telah kita lalui selama setahun terakhir dan telah menyebabkan berbagai adaptasi. Survei yang dilakukan Rumah.com menyebutkan, pandemi telah mengubah minat orang terkait lokasi hunian di luar wilayah Jabodetabek.

Hasil survei Rumah.com Consumer Sentiment Study Q1 2021 yang bekerja sama dengan lembaga riset Intuit Research Singapura menyebutkan, setelah setahun pandemi Covid-19 di Indonesia membuat minat masyarakat akan lokasi hunian mengalami pergeseran.

Menurut Country Manager Rumah.com Marine Novita, ada lebih dari separuh (53 persen) responden yang mencari hunian di luar wilayah Jabodetabek selama bisa terus menjalani sistem kerja work from home (WHF) atau remote working.

“Jadi pandemi telah meningkatkan kesadaran dan dorongan orang untuk membeli rumah menjadi lebih tinggi. Biasanya orang hanya menjadikan rumah sebagai tempat beristirahat karena lebih banyak beraktivitas di luar, pandemi telah meningkatkan kesadaran kalau rumah harus berkualitas karena saat ini lebih banyak menghabiskan waktu di rumah,” ujarnya dalam diskusi virtual Satu Tahun Pandemi: Perilaku Pencari Rumah dan Adaptasi Industri.

Penerapan 3M (menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun) telah membuat banyak perusahaan menerapkan WFH. Hal ini juga mendorong kesadaran banyak orang kalau bekerja tidak harus dari kantor bahkan lebih jauh lagi, bekerja  tidak harus dari kota besar selama bisa remote working dari manapun.

Survei menyebut, ada berbagai lokasi yang dipertimbangkan dan akan dipilih jika para pekerja ini bekerja dari rumah di luar wilayah Jabodetabek. Pilihannya yaitu di Jawa Barat mencapai 42 persen, Yogyakarta 27 persen, Jawa Tengah 19 persen, Bali 17 persen, Jawa Timur 15 persen, dan Banten 10 persen.

Dimana saja 7 lokasi sunrise property yang memiliki potensi investasi tinggi? temukan jawabannya di video berikut ini.

Survei juga menunjukan adanya sinyal optimisme yang tampak untuk pertama kalinya pasca Pemilu 2019. Para pencari properti kembali menunjukan peningkatan sentimen terhadap iklim properti tertinggi dalam tiga tahun terakhir. Responden merasa lebih optimistis terhadap kondisi pasar properti, persepsi suku bunga, dan upaya serta berbagai kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah.

Marine juga menyebut, dampak lanjutan dari pandemi bagi para pencari rumah seperti penundaan pembelian, banyak yang ragu untuk ke lokasi proyek, dan lainnya. Di sisi lain, pandemi juga telah memengaruhi banyak pencari rumah untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkannya melalui media sosial maupun portal properti.

“Rumah.com Indonesia Property Market Index Q1 2021 juga menunjukan kalau sektor properti butuh perhatian karena indeks suplai yang terus meningkat dan indeks harga yang turun. Pandemi yang telah melanda selama setahun terakhir telah membuat dampak low season di sektor properti masih terus terasa sehingga serangkaian insentif pemerintah masih sangat dibutuhkan,” jelasnya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Penyaluran KPR Bersubsidi FLPP Terus Meningkat

RumahCom – Lembaga penyalur KPR FLPP PPDPP Kementerian PUPR terus mencatatkan peningkatan penyaluran KPR FLPP. Hingga bulan Maret 2021 ini yang telah disalurkan sebanyak 7.266 unit senilai lebih dar

Lanjutkan membacaMaret 16, 2021

Homestay Program Sarhunta Di Manado-Likupang Ini Sewanya Rp200 Ribu Sehari

RumahCom – Kementerian PUPR terus mendorong program pembangunan hunian tidak layak sekaligus untuk menjadi homestay. Dengan dijadikan homestay, masyarakat bisa menjadi pelaku industri pariwisata dan

Lanjutkan membacaMaret 16, 2021

Bunga Ringan Hingga Unit Jadi, Ini Beberapa Kelebihan Cicil Produk Properti Di Australia

RumahCom – Ada banyak kemudahan membeli unit apartemen menggunakan pembiayaan bank di Australia. Selain bunga ringan, pemerintah Australia juga mengatur jumlah pasok dan permintaan selain harga yang

Lanjutkan membacaMaret 16, 2021

Ini Alasan Investasi Properti Lebih Menguntungkan Dibandingkan Saham

RumahCom – Setiap sektor bisnis memiliki plus-minus masing-masing namun untuk sektor properti dipastikan lebih unggul dibandingkan investasi saham. Properti memiliki kenaikan nilai yang lebih pasti

Lanjutkan membacaMaret 16, 2021

Saat Pandemi Bank Lebih Ketat Salurkan Kredit, Ini Alasannya

RumahCom – Pengembang berharap pihak perbankan lebih fleksibel memberikan persetujuan kredit nasabah saat situasi pandemi ini. Di sisi lain, bank harus memastikan calon kreditur memiliki kapabilitas

Lanjutkan membacaMaret 16, 2021

Masukan