Belasan Ribu Unit Bedah Rumah dan 54 Unit Rumah Nelayan Akan Dibangun Di Kepulauan Selayar

Maret 19, 2021

RumahCom – Kementerian PUPR memiliki berbagai program perumahan salah satunya yaitu bedah rumah untuk perbaikan rumah tidak layak huni hingga bantuan perumahan untuk profesi tertentu seperti nelayan yang tinggal di pesisir. Pemerintah daerah dipersilahkan untuk memgajukan usulan sehingga kawasan pesisirnya bisa diperbaiki seperti  program di Kepulauan Selayar.

Program perumahan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) cukup beragam.  Salah satunya yaitu bantuan khusus perumahan untuk masyarakat yang memiliki mata pencaharian sebagai nelayan. Untuk itu Kementerian PUPR meminta kepada pemerintah daerah yang memiliki kawasan pesisir pantai untuk mengajukan bantuan rumah khusus ini.

“Kami akan membantu pemerintah daerah untuk masyarakatnya yang belum memiliki hunian layak khususnya dari kalangan nelayana. Dengan begitu masyarakat nelayan ini bisa menempati hunian layak dan lebih tenang dalam bekerja untuk keluarganya,” ujar Khalawi Abdul Hamid, Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR.

Program bantuan perumahan untuk nelayan ini juga merupakan bagian dari program sejuta rumah yang terus ditingkatkan sejak diluncurkan pada tahun 2015 lalu. Program untuk para nelayan ini masuk ke dalam rumah khusus untuk penyediaan hunian layak huni termasuk prasarana, sarana, dan utilitasnya.

Penerima manfaat program ini antara yaitu masyarakat yang memenuhi kriteria untuk menghuni rumah khusus. Nelayan merupakan salah satu target penerima khususnya yang berhunian di kawasan pesisir pantai dan bermatapencaharian sebagai nelayan selain golongan penerima lain yaitu masyarakat yang berhunian di pulau terluar, daerah terpencil, hingga korban bencana.

“Dengan program perumahan ini tentunya kita semua berharap nelayan Indonesia bisa lebih sejahtera dan memiliki tempat tinggal yang layak. Kami terus mendata kalangan nelayan maupun wilayah-wilayah pesisir untuk penerima bantuan program ini,” imbuh Khalawi.

Optimis pasti punya rumah, pertama dengan kumpulkan niat beli rumah. Bagaimana caranya yah? Simak videonya berikut ini.

Salah satu yang mengajukan program ini untuk masyarakat pesisir yaitu Bupati Kepulauan Selayar HM Basli Ali untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dari kalangan nelatan di Kepulauan Selayar, Provinsi Sulawesi Selatan. Saat ini banyak masyarakat yang bermatapencaharian sebagai nelayan khususnya di Kecamatan Buki yang menempati lahan sewa dan pinjam sehingga kualitas bangunan serta sarana lainnya sangat tidak layak.

“Kami sendiri dari pihak pemerintah daerah siap mendukung Kementerian PUPR untuk menyediakan dan memberikan kemudahan bantuan perumahan untuk kalangan nelayan ini. Kami merencanakan nelayan yang saat ini pinjam pakai lahan dipindahkan dan di lokasinya dibangun Kawasan Rumah Khusus Nelayan,” katanya.

Total akan dibangun sebanyak 54 unit rumah termasuk sarana dan prasarananya selain perbaikan jalan lingkungan, drainase, air bersih, listrik, dan fasilitas lainnya. Untuk Kepualuan Selayar ini juga akan diberikan bantuan program bedah rumah untuk 12 kecamatan sebanyak 12.657 unit.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Sewa Properti Juga Bisa Tanpa Dp

RumahCom – Berbagai kemudahan terus ditawarkan untuk memudahkan masyarakat saat situasi sulit karena pandemi Covid-19. Aplikasi Cicilsewa menggandeng Bank CIMB Niaga Syariah untuk memberikan fasilit

Lanjutkan membacaMaret 18, 2021

70 Persen Debitur KPR Bank Ini Dari Kalangan Milenial

RumahCom – Kalangan milenial telah menjadi penopang debitur pembiayaan perumahan Bank Mandiri. Hal ini sesuai dengan fokus bank BUMN ini yang telah menyasar kalangan milenial sejak tahun 2018 lalu d

Lanjutkan membacaMaret 19, 2021

Pengembang Respon Pembebasan PPN Dengan Memberikan Diskon 12,5 Persen

RumahCom – Pengembang merespon relaksasi pembebasan PPN 10 persen dari pemerintah dengan menambah diskon sehingga produk yang ditawarkan menjadi lebih murah lagi. Citra Maja Raya menghadirkan 500 un

Lanjutkan membacaMaret 19, 2021

Sosialisasi Program Perumahan Dilakukan Berbagai Cara, Media Sosial Jadi Primadona

RumahCom – Ditjen Perumahan Kementerian PUPR terus meningkatkan sosialisasi untuk menyebarkan informasi mengenai berbagai program perumahan kepada masyarakat. Sosialisasi yang baik selain bisa diket

Lanjutkan membacaMaret 19, 2021

Masukan