Empat Alasan Mengapa Inisiatif Pembangunan Perkotaan di Indonesia Sedang Meningkat

Maret 22, 2021

RumahCom – Rencana pembangunan perkotaan dapat berjalan lancar dengan adanya upaya bersama masyarakat. Pada tahun 2025, diperikirakan 70 persen penduduk Indonesia tinggal di kota. Hal ini membutuhkan solusi pembangunan perkotaan yang akan membuat kota menjadi lebih berkelanjutan secara ekonomi dan sosial. Ini membuat sektor masyarakat meluncurkan inisiatif untuk menjadikan kota layak huni terutama bagi negara yang menghadapi dampak pandemi COVID-19.

Terdapat empat inisiatif pemenang Penghargaan PropertyGuru Indonesia Property Awards 2020 yang secara khusus bertanggung jawab untuk mendorong rencana pembangunan perkotaan Indonesia. Berikut empat inisiatifnya.

1. Pembangunan infrastruktur jalan tol

Empat Alasan Mengapa Inisiatif Pembangunan Perkotaan di Indonesia Sedang Meningkat

Bali Mandara Toll Road (foto: PUPR)

Seperti halnya rumah, infrastruktur jalan membutuhkan perawatan yang berkelanjutan dan membutuhkan biaya. Tol membantu mendanai pemeliharaan jalan karena jalan selalu membutuhkan rekonstruksi dan pemeliharaan. Dengan sistem tol di seluruh kota, ada sumber pendapatan yang layak untuk menjaga kondisi jalan agar tetap baik.

Tol juga merupakan sarana hemat biaya untuk mengatasi beberapa tantangan infrastruktur transportasi negara termasuk pendanaan. Dengan sistem tol yang andal, masyarakat umum diuntungkan dengan memiliki sarana yang aman untuk berkeliling kota. Oleh karena itu, pembangunan jalan tol merupakan salah satu cara yang paling berkelanjutan untuk mendanai pemeliharaan jalan, jembatan, terowongan, dan jalan raya.

Pembangunan jalan tol pada dasarnya dapat mendatangkan banyak manfaat bagi warga. Untuk itu, upaya instansi pemerintah seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Winner, Special Recognition for Transport Infrastructure Development) untuk mempercepat pembangunan jalan tol patut dihargai. Bagaimanapun, inisiatif kementerian berperan penting dalam pembukaan jaringan baru jalan raya yang memudahkan akses ke kawasan bisnis dan kawasan pemukiman.

Temukan ulasan seputar wilayah properti dari sabang hingga merauke melalui AreaInsider Rumah.com.

2. Inovasi Perbankan dan Pengalaman Nasabah

 pic: Marine Novita – Country Manager Rumah.com, Irwan Gurning - PGS GM SLN at PT. BANK NEGARA INDONESIA (Persero) Tbk.

Foto:  Marine Novita – Country Manager Rumah.com, Irwan Gurning – PGS GM SLN at PT. BANK NEGARA INDONESIA (Persero) Tbk.

Inovasi di bidang perbankan terus meningkat terutama saat terjadi pandemi, inovasi tersebut sangat diperlukan. Kunci untuk menyelesaikan beberapa masalah paling umum dalam perbankan adalah transformasi digital. Berkat digitalisasi, individu dan bisnis dapat melakukan perbankan dengan mudah. Dan dengan tantangan sosial dan ekonomi saat ini, mengotomisasi proses dan membuat hal-hal tersedia untuk diakses secara online sangatlah menguntungkan.

Bahkan bank pemberi pinjaman melakukan bagiannya dengan mengadopsi digitalisasi. Misalnya, inovasi Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (Winner, Special Recognition for Innovative Banking Industry Development) milik negara sangat menginspirasi. Bank memberikan keuntungan kepada industri properti terutama selama pandemi yang sedang berlangsung dengan menjadi lembaga pertama di Indonesia yang melakukan pameran properti virtual yang sudah berlangsung dari Juli hingga Agustus 2020. Secara khusus, BNI Griya e-Form menghubungkan pembeli dan vendor properti dengan mulus secara online, melalui bantuan Rumah.com.

Seiring ekonomi global yang terus berjuang untuk bangkit, inisiatif perbankan yang meringankan beban konsumen dan perusahaan juga memberikan secercah harapan. Beberapa inisiatif bank dan lembaga keuangan yang terkenal termasuk menawarkan program dan layanan bantuan, seperti memberikan masa tenggang untuk pembayaran yang jatuh tempo. BNI juga berkontribusi dalam inisiatif ini melalui program Cicilan KPR Fleksibilitas melalui kampanye “Bayar bunga saja, sudah bisa beli Rumah”. Program ini memberi klien hipotek masa tenggang dua tahun, yang sangat menguntungkan kaum milenial.

Ini adalah komponen penting dalam pembangunan perkotaan Indonesia karena klien bank dan perusahaan keuangan mencoba mengatasi kesulitan keuangan.

3. Konservasi Budaya yang Progresif

pic: Yori Antar - Founder Rumah Asuh

Foto: Yori Antar – Founder Rumah Asuh

Warisan budaya mencakup budaya berwujud – termasuk lanskap, arsitektur, sastra, seni, dan tradisi budaya yang tidak berwujud termasuk tradisi lisan dan praktik sosial. Warisan budaya suatu bangsa penting untuk dilestarikan identitasnya dan memastikannya tetap diakui dari generasi ke generasi. Melestarikan warisan budaya Indonesia yang kaya mungkin menghadirkan beberapa tantangan karena banyak hal yang harus dilestarikan.

Melestarikan warisan budaya adalah pekerjaan yang cukup berat, tetapi berkat upaya kelompok-kelompok yang peduli dan gerakan sosial yang berbeda, artefak budaya yang berwujud dan tidak berwujud negara ini tetap utuh. Salah satu contoh praktik pelestarian pusaka yang menonjol di Indonesia adalah Gerakan Konservasi Rumah Adat oleh kolektif arsitektur Rumah Asuh (Winner, Special Recognition for Cultural Conservation), sebuah gerakan yang sangat diilhami oleh semangat “gotong royong”.

Mencari rumah di kampung halaman atau luar ibu kota? cek listing lengkapnya di sini. Ada banyak listing properti dijual dan disewa yang bisa menjadi pilihan Anda.

Kelompok ini mengkoordinasikan upaya masyarakat, donatur, dan akademisi dalam bekerja sama dengan pemerintah dan instansi terkait, meyakinkan masyarakat, dan menyebarkan kesadaran akan pentingnya pelestarian pusaka budaya. Proyek mereka lebih dari sekadar rekonstruksi struktur, termasuk mentransfer pengetahuan dan kesadaran tentang vitalitas setiap artefak budaya, termasuk warisan arsitektur Indonesia.

Salah satu bagian pekerjaan mereka adalah mengoordinasikan upaya masyarakat lokal untuk membangun kembali rumah tradisional dengan menggunakan teknik dan pengetahuan asli. Upaya untuk melestarikan struktur semacam itu tidak hanya melibatkan pembangunan kembali struktur tetapi juga berbagi kebijaksanaan di balik upaya ini.

4. Promosi Pendidikan Berkualitas untuk Pembangunan Perkotaan

Pic : Kawasan Industri Jababeka

Foto: Kawasan Industri Jababeka

Pendidikan berkontribusi pada pembangunan kota yang inklusif karena lembaga pembelajaran berperan dalam meningkatkan tata kelola kota, terutama dalam hal mendorong pemikiran kritis, memperoleh akses ke informasi penting, dan berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan penting.

Tidak diragukan lagi, program beasiswa yang ditawarkan oleh badan pemerintah dan berbagai institusi swasta di Indonesia membantu mempromosikan Pendidikan. Pada gilirannya juga memajukan pembangunan perkotaan. Perusahaan seperti pengembang PT Jababeka Tbk, yang dikenal dengan pengembangan industri pemenang penghargaan seperti Kawasan Industri Jababeka (Winner, Best Industrial Estate Development) berkontribusi pada tujuan ini. Salah satu program CSR-nya termasuk menawarkan beasiswa melalui organisasi Beasiswa President University Jababeka.

Perencanaan kota dan pengembangan proses perencanaan kota dapat dibuat lebih inklusif melalui partisipasi berbasis pengetahuan. Oleh karena itu, sektor pendidikan memainkan peran penting dalam inisiatif pembangunan perkotaan, dan inisiatif seperti yang dilakukan oleh PT Jababeka Tbk adalah langkah yang tepat.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

70 Persen Debitur KPR Bank Ini Dari Kalangan Milenial

RumahCom – Kalangan milenial telah menjadi penopang debitur pembiayaan perumahan Bank Mandiri. Hal ini sesuai dengan fokus bank BUMN ini yang telah menyasar kalangan milenial sejak tahun 2018 lalu d

Lanjutkan membacaMaret 19, 2021

Pengembang Respon Pembebasan PPN Dengan Memberikan Diskon 12,5 Persen

RumahCom – Pengembang merespon relaksasi pembebasan PPN 10 persen dari pemerintah dengan menambah diskon sehingga produk yang ditawarkan menjadi lebih murah lagi. Citra Maja Raya menghadirkan 500 un

Lanjutkan membacaMaret 19, 2021

Sosialisasi Program Perumahan Dilakukan Berbagai Cara, Media Sosial Jadi Primadona

RumahCom – Ditjen Perumahan Kementerian PUPR terus meningkatkan sosialisasi untuk menyebarkan informasi mengenai berbagai program perumahan kepada masyarakat. Sosialisasi yang baik selain bisa diket

Lanjutkan membacaMaret 19, 2021

Belasan Ribu Unit Bedah Rumah dan 54 Unit Rumah Nelayan Akan Dibangun Di Kepulauan Selayar

RumahCom – Kementerian PUPR memiliki berbagai program perumahan salah satunya yaitu bedah rumah untuk perbaikan rumah tidak layak huni hingga bantuan perumahan untuk profesi tertentu seperti nelayan

Lanjutkan membacaMaret 19, 2021

Bank Ini Catatkan Pertumbuhan Pembiayaan Perumahan Saat Pandemi

RumahCom – Kalangan perbankan masih bisa mencatatkan pertumbuhan penyaluran kredit perumahan saat situasi pandemi Covid-19. Bank CIMB Niaga justru mencatatkan peningkatan kinerja bisnis yang lebih t

Lanjutkan membacaMaret 19, 2021

Masukan