Pemerintah Jamin Akan Terus Berikan Insentif Untuk Sektor Properti

Maret 24, 2021

RumahCom – Besarnya dampak yang diberikan sektor properti untuk perekonomian nasional membuat pemerintah memberikan jaminan untuk terus memberikan kemudahan pada sektor ini. Program perumahan Kementerian PUPR akan menjakau jutaan unit rumah untuk memberikan dampak langsung maupun tidak langsung kepada masyarakat.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono kembali menegaskan mengenai sektor properti yang akan selalu menjadi leading sector untuk meningkatkan perekonomian terlebih yang banyak terkendala karena pandemi Covid-19. Karena itu pemerintah banyak memberikan insentif untuk sektor padat modal ini.

Menurut Basuki, dari sisi ekonomi sektor properti secara universal diakui sebagai salah satu sektor yang paling penting karena bisa menarik dan mendorong kegiatan di berbagai sektor mulai jasa, industri bahan bangunan, hingga sektor keuangan yang akhirnya menyerap banyak tenaga kerja.

“Salah satu sektor yang paling berpengaruh terhadap ketahanan perekonomian yaitu sektor perumahan. Karena itu pemerintah akan terus memberikan insntif untuk keberlangsungan sektor ini baik saat situasi sulit seperti saat ini karena pandemi maupun saat situasi bisnis normal,” katanya.

Beberapa insentif yang telah dikeluarkan yaitu pembebasan PPN untuk produk properti seharga maksimal Rp2 miliar. Selain itu Bank Indonesia juga telah merelaksasi aturan loan to value yang membuat masyarakat dimungkinkan mendapatkan pembiayaan 100 persen atau membeli dengan depe nol persen.

Untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) program perumahan yang dikeluarkan pemerintah akan menyentuh langsung kalangan ini dengan berbagai program subsidi perumahan. Hal ini diharapkan bisa mendekatkan akses masyarakat dengan pembiayaan perumahan dengan lebih mudah.

Kota mandiri memang dibangun untuk jangka panjang, tetapi berpotensi baik untuk diinvestasikan kemudian. Simak jurus investasinya di video berikut ini, ya!

Tantangan lainnya yaitu masih banyaknya masyarakat yang berhunian di rumah yang tidak layak huni maupun kawasan kumuh. Karena itu pemerintah telah menargetkan program peningkatan kualitas rumah tangga hingga 11 juta rumah tangga untuk periode lima tahun sejak tahun 2019 lalu.

“Pemerintah juga menargetkan program subsidi langsung untuk pembiayaan perumahan kepada lima juta unit rumah. Pemerintah juga akan memfasilitasi subsidi perumahan untuk 1,5 juta rumah tangga belum program dari BP Tapera, PT SMF, hingga berbagai program subsidi perumahan lainnya. Ini akan terus didorong karena program subsidi perumahan ini bisa mendongkrak perekonomian nasional sehingga alokasi dananya juga akan terus diperbesar,” jelasnya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

PP Pertanahan Terbit, Mengatur Pendaftaran, Pengelolaa, Hingga Sertifikat Elektronik

RumahCom – Berbagai aturan turunan terkait UU Cipta Kerja terus dikeluarkan oleh pemerintah dengan tujuan utama untuk memudahkan bisnis. PP No. 18 Tahun 2021 merupakan salah satu aturan turunan yang

Lanjutkan membacaMaret 23, 2021

Sukes Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Di Shenzen Yang Ingin Diterapkan di Indonesia

RumahCom – Pengembangan kawasan ekonomi khusus (KEK) membutuhkan konsep hingga pendanaan selain keterlibatan banyak pihak. KEK di Shenzen, Cina, yang cukup sukses menyulap kawasan nelayan menjadi wi

Lanjutkan membacaMaret 23, 2021

Sewa Unit Apartemen Maupun Rumah Tapak Lebih Mudah Dengan Aplikasi

RumahCom – Perkembangan teknologi dan berbagai aplikasi yang memudahkan terus berkembang. Bisnis penyewaan properti baik apartemen dan rumah tapak yang awalnya hanya untuk unit  yang siap huni (ful

Lanjutkan membacaMaret 23, 2021

Rumah Berplafon Tinggi Makin Digemari Saat Pandemi

RumahCom – Konsep rumah sehat makin digemari saat pandemi ini untuk menjamin seluruh penghuni tetap terjaga kesehatannya. Salah satu penerapannya dengan membuat desain rumah tinggi plafon hingga inn

Lanjutkan membacaMaret 23, 2021

Rumah Kompak Dua Lantai Rp500 Jutaan Masih Laris Saat Pandemi

RumahCom – Pengembang terus mengguyur pasar dengan produk rumah kompak yang dibutuhkan kalangan milenial. Produk seperti ini masih diserap cukup baik dan menjadi penopang bisnis bagi pengembang saat

Lanjutkan membacaMaret 23, 2021

Masukan