Aplikasi SiPetruk Bikin Pemantauan Pembangunan Jadi Lebih Canggih

Maret 25, 2021

RumahCom – Lembaga penyalur KPR subsidi PPDPP terus melakukan sosialisasi untuk penerapan aplikasi pemantauan konstruksi SiPetruk untuk pembangunan rumah bersubsidi. Aplikasi ini akan memudahkan pemantauan sehingga memudahkan pengembang dan memastikan MBR mendapatkan produk yang layak dan siap huni.

Lembaga penyalur KPR bersubsidi fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mempersiapkan aplikasi terbarunya Sistem Pemantauan Konstruksi (SiPetruk) yang akan diterapkan pada bulan Juli 2021.

Aplikasi SiPetruk telah diujicobakan sejak akhir tahun lalu dan dengan aplikasi ini pemerintah bisa memantau konstruksi bangunan yang dibangun kalangan pengembang telah sesuai persyaratan. Dengan begitu, produk rumah yang diserahkan kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang dibiayai dengan program FLPP bisa terjamin kualitasnya.

Menurut Direktur Utama PPDPP Arief Sabaruddin, PPDPP terus menjalin komunikasi intensif dengan berbagai pihak khususnya kalangan pengembang melalui para asosiasi kalau aplikasi ini tidak akan mengganggu sedikitpun proses bisnis dari para pengembang perumahan.

“Kami terus menjalin komunikasi dan terutama untuk menjaring masukan dari para asosiasi pengembang untuk membangun dan pengembangan aplikasi SiPetruk. Dari PPDPP sendiri tidak ada niat sedikitpun untuk menghambat, justru kami tengah membenahi agar seluruh proses program perumahan ini bisa lebih fair, transparan, efisien, dan efektif,” ujarnya.

Justru aplikasi ini disebut Arief akan lebih menguatkan kalangan pengembang karena dengan aplikasi ini aspek kualitas bangunan tidak perlu dipermasalahkan lagi. Pengembang melalui aplikasi  ini juga akan dimudahkan dalam memantau pembangunan proyeknya yang dalam hal ini pengembang juga menunjuk kontraktor untuk menggarap proyeknya.

Banyak lika liku yang dihadapi saat membeli rumah namun tetap bisa terwujudkan. Simak cerita para pencari rumah di video singkat berikut ini.

Dengan aplikasi ini pengembang bisa lebih fokus pada perencanaan konsep pengembangan kawasan proyeknya karena urusan kontraktor sudah ada yang mengawasi. Ini karena SiPetruk akan melibatkan tenaga ahli manajemen konstruksi (MK) untuk memantau pembangunan rumahnya. Hingga saat ini tercatat ada 2.100 tenaga ahli yang telah diterima para asosiasi pengembang dari target 3.000 peserta yang akan dilatih.

“Sistem yang dibangun oleh SiPetruk ini lebih condong pada aspek penting dalam membangun rumah yang bersifat generik sehingga ketika pengembang mengikuti rangkaian sistem proses bisnis yang diterapkan bisa dipastikan tidak akan berbenturan dengan ketentuan pemerintah. Dalam proses pembangunan sendiri pengawasan adalah hal yang mutlak untuk dilakukan dan sekarang diterapkan dengan cara yang lebih modern dengan aplikasi SiPetruk,” beber Arief.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Bank Pembiayaan Perumahan Ini Memberikan Poin Untuk Pengembangan Berkonsep Green

RumahCom – Bank BTN ikut mendukung pengembangan dengan konsep green. Setiap pengembang yang menerapkan konsep green akan mendapatkan poin dan dikembalikan lagi ke proyek perumahannya seperti dukunga

Lanjutkan membacaMaret 24, 2021

Permintaan Produk Properti Di Surabaya Mulai Meningkat

RumahCom – Situasi bisnis properti mulai membaik setelah setahun pandemi Covid-19 termasuk di bagian wilayah timur Surabaya. Pengembang Intiland memulai pengembangan proyek mixed use di Surabaya sei

Lanjutkan membacaMaret 24, 2021

Dukung Pengembang, Pemerintah Janjikan Regulasi Hingga Stimulus

RumahCom – Pemerintah mengajak kalangan pengembang untuk terus meningkatkan kinerjanya karena sektor properti bisa mendorong pertumbuhan perekonomian nasional. Untuk itu pemerintah menjanjikan regul

Lanjutkan membacaMaret 25, 2021

Pengembang Terus Tunjukan Proyeknya Tetap Berjalan Saat Pandemi

RumahCom – Kalangan pengembang terus menunjukan progres proyeknya tetap berlanjut saat situasi pandemi Covid-19. Pengembang HKR, menjanjikan proyek Apartemen H Residence Sentul bisa diselesaikan pad

Lanjutkan membacaMaret 25, 2021

100 Unit Rumah Khusus Dibangun Di Perbatasan Indonesia-Timor Leste

RumahCom – Kementerian PUPR membangun 100 unit rumah khusus di daerah Belu yang merupakan wilayah perbatasan Indonesia-Timor Leste. Rumah khusus di daerah perbatasan merupakan salah satu program per

Lanjutkan membacaMaret 25, 2021

Masukan