Presiden Jokowi Resmikan Dua Bandara Di Sulsel Dan NTT

Maret 26, 2021

RumahCom – Presiden Jokowi kembali meresmikan proyek infrastruktur yaitu bandara di Tana Toraja dan Kabupaten Alor, NTT. Pengembangan proyek infrastruktur yang terus digenjot bisa mendorong kegiatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali meresmikan proyek infrastruktur yang menjadi prioritas program kerja pemerintahannya. Presiden Jokowi meresmikan dua bandar udara (Bandara) sekaligus yaitu Bandara Toraja di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel), dan secara virtual juga meresmikan Bandara Pantar di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Dua bandara selalu saya tanya progresnya kepada Menteri Perhubungan dan akhirnya hari ini bisa diresmikan. Semoga bandara ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah, menciptakan lebih banyak lagi lapangan pekerjaan, dan memicu serta menghidupkann sentra-sentra pertumbuhan ekonomi baru,” ujar Jokowi.

Bandara Tana Toraja dikenal juga dengan nama Bandara Buntu Kunik yang pembangunannya cukup menantang karena harus memotong tiga bukit untuk membuat landasan pacu (runway) sepanjang 2.000 meter. Saat ini runway efektif yang digunakan sepanjang 1.700 m dengan lebar 30 meter.

Bandara ini juga memiliki terminal penumpang dengan luas 1.152 m2 dan bisa melayani hingga 45 ribu penumpang setiap tahunnya. Dibuat dengan anggaran mencapai Rp800 miliar, Jokowi juga berharap bandara ini bisa meningkatkan konektivitas dari Tana Toraja ke daerah lainnya karena sebelumnya dari Tana Toraja ke Makassar membutuhkan waktu 9 jam dengan bandara ini hanya 50 menit.

Hal lain yang juga diharapkan bisa terus meningkat yaitu pertumbuhan sektor pariwisata. Melalui bandara ini menjadi lebih mudah dijangkau dari Jakarta, Bandung, Surabaya, dan kota-kota lainnya secara langsung. Beberapa obyek wisata yang diharapkan akan ikut terdorong dengan adanya bandara ini yaitu negeri di atas angin, Kete Kesu, Pango-pango, dan lainnya.

Sementara Bandara Pantar di Kabupaten Alor, NTT, dibangun sejak tahun 2014 lalu dan saat ini sudah bisa digunakan. Bandara ini juga merupakan fasilitas terluar karena berada di daerah perbatasan dengan Timor Leste. Memiliki landasan pacu sepanjang 900×30 meter, bandara ini mampu menampung kapasitas 35 ribu penumpang setiap tahunnya.

Investasi di kampung halaman bisa menjadi pilihan tepat yang menguntungkan. Lalu gimana caranya? simak videonya berikut ini.

 

“Ini juga menjadi infrastruktur yang sangat penting yang akhirnya bisa difungsikan karena kalau cuaca lewat jalur laut kurang bersahabat bisa menggunakan bandara ini. Semoga dua bandara ini bisa berperan maksimal khususnya untuk meningkatkan konektivitas antar kawasan dan meningkatkan perekonomian masyarakat,” beber Jokowi.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Pengembang Terus Tunjukan Proyeknya Tetap Berjalan Saat Pandemi

RumahCom – Kalangan pengembang terus menunjukan progres proyeknya tetap berlanjut saat situasi pandemi Covid-19. Pengembang HKR, menjanjikan proyek Apartemen H Residence Sentul bisa diselesaikan pad

Lanjutkan membacaMaret 25, 2021

100 Unit Rumah Khusus Dibangun Di Perbatasan Indonesia-Timor Leste

RumahCom – Kementerian PUPR membangun 100 unit rumah khusus di daerah Belu yang merupakan wilayah perbatasan Indonesia-Timor Leste. Rumah khusus di daerah perbatasan merupakan salah satu program per

Lanjutkan membacaMaret 25, 2021

Aplikasi SiPetruk Bikin Pemantauan Pembangunan Jadi Lebih Canggih

RumahCom – Lembaga penyalur KPR subsidi PPDPP terus melakukan sosialisasi untuk penerapan aplikasi pemantauan konstruksi SiPetruk untuk pembangunan rumah bersubsidi. Aplikasi ini akan memudahkan pem

Lanjutkan membacaMaret 25, 2021

Program Stimulan Perumahan Yang Memberikan Dampak Besar

RumahCom – Program bedah rumah Kementerian PUPR cukup sukses dan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Program dengan sifat bantuan stimulan yang tidak besar tapi bisa menggerakkan masyarakat

Lanjutkan membacaMaret 25, 2021

Masukan