Ada 401 Km Jalan Tol Baru Diresmikan Tahun Ini

Maret 26, 2021

RumahCom – Pemerintah menyebut akan kembali meresmikan ruas jalan tol dan pada tahun ini ada 17 ruas jalan tol baru yang akan dioperasikan sepanjang 401 km. Jalan tol akan memperlancar aksesibilitas masyarakat, jalur logistik, dan berbagai efisiensi lainnya.

Pemerintah  terus menggenjot pembangunan proyek infrastruktur salah satunya yaitu jalan tol. Jalan bebas hambatan akan memperlancar pergerakan masyarakat dan arus logistik sehingga membuat lebih efektif-efisien, murah, hingga bisa meningkatkan daya saing bangsa.

Pada tahun 2021 ini, ada cukup banyak jalan tol yang akan beroperasi dan beberapa peresmiannya telah dimulai sejak awal tahun ini. Menurut Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit, tahun ini ada 17 ruas jalan tol yang akan selesai dan dioperasikan.

“Ke-17 ruas tol itu memiliki total panjang 410 km dan akan segera diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. BPJT terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan infrastruktur jalan tol untuk mendukung konktivitas logistik juga untuk terus mendorong pemulihan ekonomi nasional (PEN),” ujarnya.

17 ruas tol yang akan diresmikan ini terbagi atas jalan tol non trans sepanjang 115,8 km, tol Jabodetabek sepanjang 101,6 km, dan tol Trans Sumatera sepanjang 192,4 km. Sejauh ini ruas jalan tol yang tela dioperasionalkan yaitu jalan tol layang AP Pettarani dan sudah bisa digunakan tanpa berbayar.

Ruas jalan tol lain yang juga sudah beroperasi dan bisa digunakan secara gratis yaitu jalan tol Medan-Binjai Seksi 1 di Segmen Junction Tanjung Mulia dan jalan tol Sigli-Banda Aceh Seksi 3 ruas Jantho yang juga sudah bisa digunakan dan masih gratis.

Untuk ruas jalan tol Jabodetabek yang akan diresmikan pada tahun ini yaitu Cibitung-Cilincing Seksi 1 Cibitung-Telaga Asih sepanjang 2,6 km dan Seksi 2 Telaga Asih-Cilincing sepanjang 32,1 km. kemudian Cimanggis-Cobitung Seksi 2 Jatikarya-Cibitung sepanjang 23 km, Serpong-Cinere Seksi 1 Serpong IC-Pamulang IC, Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran (JORR 2) sepanjang 6,5 km.

Ruas jalan tol lainnya yaitu Bekasi-Cawang-Kampung Melayu Seksi 1 Konseksi Toll To Toll Wiyoto Wiyono sepanjang 3,5 km. Untuk ruas jalan tol dalam kota Jakarta Seksi A Kelapa Gading-Pulo Gebang sepanjang 9,3 km, Serpong-Balaraja Seksi 1 A bagian dari Seksi 1 BSD-Legok sepanjang 5,5 km.

Dimana saja 7 lokasi sunrise property yang memiliki potensi investasi tinggi? temukan jawabannya di video berikut ini.

Jalan tol non trans sepanjang 115,8 km dengan dimulai ruas Cileunyi-Sumedang-Dawuan Seksi 1 Cileunyi-Ranca Kalong sepanjang 10,6 km, Seksi 2 Rancakalong-Ciherang 17,1 km, dann Seksi 3 Sumedang-Cimalaka 4,1 km.

Selanjutnya Ciawi-Sukabumi Seksi 2 Cigombong-Cibadak sepanjang 38 km, Serang-Panimbang Seksi 2 Serang-Rangkas Bitung sepanjang 26,5 km, dan Balikpapan-Samarinda Seksi 1 Km 13-Samboja sepanjang 22 km, Seksi 5 Km 13-Sepinggan 11,1 km, dan Manado-Bitung Seksi 2B Donowudu-Bitung sepanjang 12,7 km.

Sementara untuk jalan tol di Trans Sumatera yang akan diresmikan sepanjang 192,4 km. Perinciannya mulai di Sigli-Banda Aceh Seksi 2 Seulimeum-Jantho sepanjang 6,3 km, Seksi 3 Jantho-Indrapuri sepanjang 16 km, Seksi 5-6 Blang Bintang-Baitussalam 12,5 km, Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat-Pematang Siantar sepanjang 96,5 km, Padang-Pekan Baru-Bangkinang 40 km, Medan-Binjai Seksi 1A Jalan Veteran-Tanjung Mulia 3,5 km, dan Lubuk Lingau-Curup-Bengkulu-Taba Penanjung 17,6 km.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

100 Unit Rumah Khusus Dibangun Di Perbatasan Indonesia-Timor Leste

RumahCom – Kementerian PUPR membangun 100 unit rumah khusus di daerah Belu yang merupakan wilayah perbatasan Indonesia-Timor Leste. Rumah khusus di daerah perbatasan merupakan salah satu program per

Lanjutkan membacaMaret 25, 2021

Aplikasi SiPetruk Bikin Pemantauan Pembangunan Jadi Lebih Canggih

RumahCom – Lembaga penyalur KPR subsidi PPDPP terus melakukan sosialisasi untuk penerapan aplikasi pemantauan konstruksi SiPetruk untuk pembangunan rumah bersubsidi. Aplikasi ini akan memudahkan pem

Lanjutkan membacaMaret 25, 2021

Program Stimulan Perumahan Yang Memberikan Dampak Besar

RumahCom – Program bedah rumah Kementerian PUPR cukup sukses dan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Program dengan sifat bantuan stimulan yang tidak besar tapi bisa menggerakkan masyarakat

Lanjutkan membacaMaret 25, 2021

Presiden Jokowi Resmikan Dua Bandara Di Sulsel Dan NTT

RumahCom – Presiden Jokowi kembali meresmikan proyek infrastruktur yaitu bandara di Tana Toraja dan Kabupaten Alor, NTT. Pengembangan proyek infrastruktur yang terus digenjot bisa mendorong kegiatan

Lanjutkan membacaMaret 26, 2021

Masukan