Bantuan Sarana Prasarana Utilitas Percepat Capaian Program Perumahan

Maret 29, 2021

RumahCom – Salah satu program perumahan Kementerian PUPR yaitu bantuan sarana prasarana utilitas (PSU). Bantuan ini bisa meningkatkan kualitas lingkungan rumah bersubsidi yang dibangun kalangan pengembang sehingga menciptakan hunian yang lebih nyaman dan layak huni.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kembali menyalurkan program bantuan prasarana, sarana, dan utilitas (PSU) untuk kalangan pengembang. Penyaluran bantuan PSU ini diberikan untuk pengembang yang membangun rumah bersubsidi sehingga masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) bisa mendapatkan lingkungan hunian yang lebih baik.

Menurut Direktur Rumah Umum dan Komersial (RUK) Ditjen Perumahan Kementerian PUPR Fitrah Nur, Kementerian PUPR terus menjaring masukan dari seluruh stakeholder untuk penyaluran program bantuan PSU ini sehingga semakin banyak kalangan MBR yang terbantu akan huniannya.

“Kementerian PUPR akan terus menyalurkan bantuan PSU dan itu sudah ditargetkan dalam rencana lima tahun periode 2020-2024. Penyaluran PSU diharapkan bisa meningkatkan kualitas tempat tinggal dan mewujudkan lingkungan tempat tinggal yang lebih nyaman bagi masyarakat,” ujarnya.

Kementerian PUPR juga secara rutin menyelenggarakan rapat koordinasi (Rakor) untuk usulan program PSU di beberapa daerah. Menurut Fitrah, kegiatan koordinasi diperlukan untuk menjaring usulan bantuan sebagai databased untuk dijadikan bahan pada pembahasan konsultasi regional Kementerian PUPR.

Untuk penyelenggaraan rumah umum dan komsersial juga selalu melibatkan banyak pemangku kepentingan. Ada banyak yang dilibatkan mulai dari pihak pemerintah, pemerintah daerah, pelaku pembangunan, pengembang, perbankan, perusahaan BUMN-BUMD, masyarakat, dan lainnya.

Koordinasi dan kolaborasi terus ditingkatkan khususnya dengan pemerintah daerah dan pelaku pembangunan dalam penyediaan perumahan yang layak bagi MBR khususnya untuk target 2022 sehinga bisa didapatkan usulan sedini mungkin. Berbagai sosialisasi juga terus ditingkatkan khususnya untuk pemahaman stakeholder dalam pelaksanaan dan usulan bantuan PSU.

Rumah bisa memberikan kenyamanan yang tak bisa diungkapkan. Terus apa sih enaknya punya rumah sendiri? Simak selengkapnya di video berikut ini.

Rakor usulan bantuan PSU juga dilaksanakan secara offline dan online untuk mempercepat akses masyarakat terhadap perumahan yang layak. Target perumahan untuk program kerja 2020-2024 antara lain peningkatan akses secara bertahap untuk masyarakat terkait perumahan dan permukiman yang layak, aman, dan terjangkau.

“Akhirnya target besar yang harus kita wujudkan yaitu mendukung kota inklusif dan layak huni dengan target akses hingga 70 persen di tahun 2024. Karena itu dibutuhkan dukungan dan kolaborasi semua stakeholder dalam penyelenggaraan perumahan dan salah satunya bisa dipercepat dengan bantuan program PSU ini,” jelas Fitrah.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Pemberlakuan Sertifikat Elektronik Ditunda

RumahCom – Pemerintah dan DPR sepakat untuk menunda terlebih dulu pemberlakuan sertifikat elektronik. Terkait aturan turunan Permen No. 1 Tahun 2021 Kementerian ATR/BPN yang banyak disalahartikan, D

Lanjutkan membacaMaret 26, 2021

Stimulus Pembebasan PPN Dan Program Vaksin Bisa Dorong Bisnis Properti

RumahCom – Pengembang menyambut baik stimulus pembebasan PPN yang dikeluarkan pemerintah untuk produk properti dengan beberapa syarat khusus. Stimulus yang dikeluarkan bersamaan dengan program vaksi

Lanjutkan membacaMaret 26, 2021

Pengembang SouthCity: Tren Properti Tangsel Punya Dinamika Unik

RumahCom – Berdasarkan proyeksi Rumah.com Indonesia Property Market Outlook 2021, konektivitas diyakini akan menjadi daya tarik utama terhadap tren properti di satu lokasi. Tercatat di sepanjang ta

Lanjutkan membacaMaret 26, 2021

Baru Merger, Bank Syariah Ini Langsung Salurkan KPR Ratusan Unit

RumahCom – Bank syariah BUMN hasil merger beberapa waktu lalu, BSI, menjadikan KPR-KPA sebagai produk utama untuk meningkatkan kinerja usaha. BSI diresmikan bulan Februari 2021 lalu langsung tancap

Lanjutkan membacaMaret 29, 2021

Masukan