Kemenkeu Perluas Mandat BUMN Ini Sehingga Lebih Besar Manfaatnya Untuk Sektor Perumahan

Maret 30, 2021

RumahCom – Kementerian Keuangan memperluas mandat untuk PT Sarana Multigriya Finansial sehingga bisa mendukung pembiayaan perumahan yang berkelanjutan. SMF sebagai special mission vehicle Kemenkeu juga bisa menyalurkan kredit mikro, pembiayaan homestay, hingga revitalisasi kawasan kumuh perkotaan.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memiliki banyak tools untuk memperkuat sektor-sektor penting yang membutuhkan kesinambungan pendanaan. Salah satunya melalui perusahaan BUMN PT Sarana Multigriya Finansial (Persero/SMF) yang merupakan salah satu tools di bawah Kemenkeu untuk memperkuat pembiayaan perumahan.

Untuk terus meningkatkan pembiayaan perumahan khususnya segmen masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), SMF telah diberikan perluasan mandat. Menurut Direktur Kekayaan Negara Dipisahkan Kemenkeu Meirijal Nur, tugas baru yang haru diemban SMF yaitu mendukung peningkatan kapasitas penyaluran perumahan yang berkesinambungan dari sisi suplai dan demand.

“Dengan perluasan mandat ini diharapkan masyarakat khususnya kalangan MBR bisa mendapatkan hunian yang layak dan terjangkau semakin terbuka lebar. Dengan perluasan mandat ini SMF bisa memberikan pembiayaan bukan hanya KPR tapi juga kredit mikro perumahan dan KPR sewa-beli sehingga bisa lebih banyak yang bisa difasilitasi,” katanya.

Perluasan mandat ini juga bisa membuka peluang SMF untuk mendukung pembiayaan perumahan melalui kredit konstruksi bekerja sama dengan lembaga penyalur pembiayaan  perumahan. Kemudian untuk terus mendukung dari sisi suplai, SMF bisa memberikan andilnya pada pembiayaan dan persiapan proyek kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) terkait mengoptimalisasi aset negara.

Untuk itu, telah diterbitkan peraturan pemerintah (PP) No. 57 Tahun 2020 untuk memperluas mandat SMF. Hal ini tidak terlepas dari amanat UUD yang menyatakan kebutuhan mendasar seluruh rakyat Indonesia menjadi  kewajiban pemerintah untuk penyediaannya.

Rumah bisa memberikan kenyamanan yang tak bisa diungkapkan. Terus apa sih enaknya punya rumah sendiri? Simak selengkapnya di video berikut ini.

Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo mengatakan, dengan perluasan mandat ini SMF tetap akan fokus untuk penyediaan dana KPR subsidi fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) yang bekerja sama dengan Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Kita masih mengalami situasi suplai dan demand yang timpang sehingga terus meningkatkan angka backlog perumahan. Demand kita mencapai 1,2 juta unit rumah per tahun sementara suplai hanya 400 ribu, jadi selalu negatif, over demand. SMF sebagai special mission vehicle dan fiscal tools pemerintah akan terus aktif menjalankan berbagai program khusus termasuk pendukung seperti program pembiayaan homestay dan peningkatan kualitas rumah di daerah kumuh,” bebernya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Bakal Hadir Ribuan Hektar Kawasan Industri Baru

RumahCom – Pemerintah akan terus mendorong kawasan industri baru khususnya pengembangan dari KBN dan JIEP. Akan ada kawasan industri baru di Takalar seluas 3.500 ha dan Subang 1.500 ha.Pengembangan

Lanjutkan membacaMaret 29, 2021

Pengembang Terus Tunjukan Progres Proyek Saat Pandemi

RumahCom – Pengembang terus menunjukan komitmen pengembangan proyeknya khususnya saat situasi pandemi. Proyek mixed use Sakura Garden City misalnya, tetap melaksanakan prosesi topping off sebagai ta

Lanjutkan membacaMaret 29, 2021

Kementerian PUPR Bangun Rusun Untuk ASN dan Santri Pondok Pesantren Di Yogyakarta

RumahCom – Salah satu program perumahan yang dijalankan Kementerian PUPR yaitu pembangunan rumah susun (Rusun) seperti yang dilakukan di Yogyakarta untuk kalangan ASN dan santri pondok pesantren. De

Lanjutkan membacaMaret 29, 2021

Penanganan Pandemi Baik, Di Australia Ajang Fashion Sudah Bisa Dilakukan Di Hotel

RumahCom – Penanganan pandemi Covid-19 yang baik di Australia membuat negara ini bisa menyelenggarakan ajang fashion secara offline. Hal ini juga menjadi salah satu bentuk kolaborasi sektor properti

Lanjutkan membacaMaret 29, 2021

Masukan