NTB Dapat Bantuan PSU Sebanyak 2.063 Unit Rumah

Maret 30, 2021

RumahCom – Pemerintah telah menganggarkan program bantuan PSU untuk sebanyak 262.345 unit rumah dengan anggaran senilai Rp3,9 triliun hingga tahun 2024 mendatang. Salah satu wilayah yang menjadi prioritas diberikan bantuan PSU yaitu Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus meningkatkan penyaluran program bantuan prasarana, sarana, dan utilitas (PSU). Program bantuan PSU diberikan untuk kalangan pengembang yang membangun rumah bersubsidi sehingga kawasan perumahannya bisa memiliki jalan, drainase, hingga tempat pembuangan sampah yang baik dan pengembang bisa lebih berkonsentrasi membangun rumah yang lebih berkualitas.

Untuk wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) misalnya, Kementerian PUPR telah menganggarkan program bantuan PSU untuk 2.063 unit rumah. Bantuan sebesar ini disalurkan karena wilayah NTB merupakan salah satu kawasan yang memiliki  potensi sangat besar untuk pertumbuhan dan pengembangan di sektor properti.

“Tahun 2022 mendatangg target bantuan PSU yang disiapkan Kementerian PUPR sebanyak 55 ribu unit yang disebar di seluruh provinsi Indonesia. Untuk Provinsi NTB, target bantuan yang akan disalurkan sebanyak 2.063 unit,” ujar Fitrah Nur, Direktur Rumah Umum dan Komersial Ditjen Perumahan Kementerian PUPR.

Bantuan PSU, jelas Fitrah, merupakan salah satu wujud dorongan pemerintah terhadap para pelaku pembangunan perumahan. Dengan memberikan bantuan stimulan PSU, proyek perumahan yang dikembangkan akan memiliki kelengkapan fisik yang lebih baik untuk mendukung terwujudnya rumah yang layak dan terjangkau dalam lingkungan yang sehat, aman, teratur, terpadu, dan berkelanjutan.

Bantuan PSU diberikan untuk perumahan bagi kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan merupakan salah satu program Ditjen Perumahan yang termasuk ke dalam target rencana strategis (Renstra) Ditjen Perumahan tahun 2020-2024. Program bantuan PSU ini juga merupakan bagian dari perwujudan UUD Pasal 28 Huruf H yang menyatakan setiap warga negara berhak hidup sejahtera dan bertempat tinggal layak dalam lingkungan yang sehat dan aman.

Penting sebelum beli rumah, pahami 5 hal yang penting perlu dipertimbangkan saat membeli rumah agar tak salah pilih. Selengkapnya lihat di video berikut ini.

Provinsi NTB juga merupakan salah satu provinsi yang menjadi kawasan strategis nasional dan memiliki Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Mandalika. Ini menjadi potensi yang sangat besar untuk pertumbuhan dan pengembangan infrastruktur dan perumahan ke depan tapi di sisi lain provinsi ini memiliki 14,23 persen penduduk miskin (data BPS 2020). Jumlah penduduk yang belum memiliki rumah juga mencapai 12,57 persen.

Data-data ini merupakan tantangan untuk wilayah NTB khususnya sebagai kawasan prioritas nasional yang juga menjadi peluang untuk penyediaan perumahan yang layak bagi MBR. Pemerintah daerah juga dihimbau untuk segera menyusun masterplan pengembangan perumahan di Provinsi NTB khususnya untuk kalangan MBR.

“Pemerintah akan terus menyalurkan bantuan dan bekerja sama dengan perbankan dan pemerintah daerah untuk memberikan kemudahan perizinan sehingga memudahkan kalangan pengembang. Untuk target bantuan PSU hingga 2024 mendatang telah dianggarkan untuk 262.345 unit rumah dengan anggaran sekitar Rp3,9 triliun,” ungkap Fitrah.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Pengembang Terus Tunjukan Progres Proyek Saat Pandemi

RumahCom – Pengembang terus menunjukan komitmen pengembangan proyeknya khususnya saat situasi pandemi. Proyek mixed use Sakura Garden City misalnya, tetap melaksanakan prosesi topping off sebagai ta

Lanjutkan membacaMaret 29, 2021

Kementerian PUPR Bangun Rusun Untuk ASN dan Santri Pondok Pesantren Di Yogyakarta

RumahCom – Salah satu program perumahan yang dijalankan Kementerian PUPR yaitu pembangunan rumah susun (Rusun) seperti yang dilakukan di Yogyakarta untuk kalangan ASN dan santri pondok pesantren. De

Lanjutkan membacaMaret 29, 2021

Penanganan Pandemi Baik, Di Australia Ajang Fashion Sudah Bisa Dilakukan Di Hotel

RumahCom – Penanganan pandemi Covid-19 yang baik di Australia membuat negara ini bisa menyelenggarakan ajang fashion secara offline. Hal ini juga menjadi salah satu bentuk kolaborasi sektor properti

Lanjutkan membacaMaret 29, 2021

Kemenkeu Perluas Mandat BUMN Ini Sehingga Lebih Besar Manfaatnya Untuk Sektor Perumahan

RumahCom – Kementerian Keuangan memperluas mandat untuk PT Sarana Multigriya Finansial sehingga bisa mendukung pembiayaan perumahan yang berkelanjutan. SMF sebagai special mission vehicle Kemenkeu j

Lanjutkan membacaMaret 30, 2021

Prosesi Serah Terima Dilakukan, Masyarakat Lebih Yakin Untuk Membeli

RumahCom – Kalangan pengembang terus menunjukan progres pengembangan proyeknya di tengah situasi pandemi Covid-19. Serpong Garden Apartment terus melakukan prosesi serah terima dan aktivitas seperti

Lanjutkan membacaMaret 30, 2021

Masukan