Pemerintah Bangun Rusun Untuk Pelajar, Dukungan Sektor Pendidikan Hingga Pembiasaan Berhunian Vertikal

Maret 31, 2021

RumahCom – Kementerian PUPR bukan hanya membangun rumah susun untuk kalangan pekerja maupun keluarga tapi juga kalangan pelajar. Beberapa manfaat dengan membangun Rusun untuk kalangan pelajar yaitu ikut memajukan pendidikan hingga pembiasaan berhunian secara vertikal.

Pembangunan rumah susun (Rusun) yang dilaksanakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tidak hanya ditujukan untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) tapi juga ikut mendukung kualitas pendidikan di Indonesia. Karena itu Kementerian PUPR membangun tiga Rusun untuk sejumlah yayasan dan keuskupan di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Menurut Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid, salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan yaitu melatih generasi muda untuk tinggal di rumah susun. Makanya pembangunan Rusun menjadi salah satu program kementerian yang jumlahnya juga terus meningkat dari tahun ke tahun.

“Di wilayah NTT ini kami akan membangun sebanyak tiga Rusun dengan anggaran sebesar Rp50 miliar yang telah dianggarkan untuk tahun 2021. Pembangunan Rusun yang dekat dengan fasilitas pendidikan tentunya akann mempermudahh pengawasan kepada anak didik selain memperkenalkan konsep hunian vertikal sejak masih sekolah,” ujarnya.

Akhirnya, pembangunan Rusun tidak hanya dilaksanakan di wilayah perkotaan saja tapi juga di seluruh wilayah Indonesia termasuk NTT. Pembangunan Rusun juga untuk mengantisipasi semakin sulitnya lahan untuk alokasi pembangunan perumahan sehingga dengan bangunan vertikal seperti ini bisa memaksimalkan fungsi lahan yang terbatas.

Banyak lika liku yang dihadapi saat membeli rumah namun tetap bisa terwujudkan. Simak cerita para pencari rumah di video singkat berikut ini.

 

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Nusa Tenggara II Yublina D. Bunga mengatakan, pembangunan Rusun ini akan dilakukan di tiga lokasi NTT yang setiap lokasinya akan terdiri dari satu tower Rusun tiga lantai. Untuk pekerjaan ini telah dilakukan penandatanganan kontrak dengan kontraktor pelaksana untuk tiga paket pekerjaan senilai Rp50 miliar.

“Pembangunan Rusun ini dilaksanakann untuk Yayasan Persekolahan Bina Wirawan di Kabupaten Ende senilai Rp14,5 miliar, terdiri dari 43 unit tipe 24 m2 yang diperuntukan bagi sekolah berasrama. Kemudian Rusun Keuskupan Larantuka di Kabupaten Flores Timur sebanyak 44 unit tipe 36 m2 senilai Rp19,55 miliar dan Rusun Sekolah Berchmans Todabelu di Kabupaten Ngada senilai Rp15,59 miliar, 43 unit tipe 24 m2,” katanya.

Ketiga Rusun ini ditargetkan bisa selesai pada akhir tahun ini juga dan akan langsung diserahterimakan pada pihak-pihak tersebut untuk bisa digunakan. Akhirnya, pihak kontraktor diharapkan bisa bekerja sesuai ketentuan yang tertera di dalam kontrak dan penerima nantinya bisa merawart serta memaksimalkan penggunaan aset ini.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Prosesi Serah Terima Dilakukan, Masyarakat Lebih Yakin Untuk Membeli

RumahCom – Kalangan pengembang terus menunjukan progres pengembangan proyeknya di tengah situasi pandemi Covid-19. Serpong Garden Apartment terus melakukan prosesi serah terima dan aktivitas seperti

Lanjutkan membacaMaret 30, 2021

NTB Dapat Bantuan PSU Sebanyak 2.063 Unit Rumah

RumahCom – Pemerintah telah menganggarkan program bantuan PSU untuk sebanyak 262.345 unit rumah dengan anggaran senilai Rp3,9 triliun hingga tahun 2024 mendatang. Salah satu wilayah yang menjadi pri

Lanjutkan membacaMaret 30, 2021

Kolaborasi Developer-Bank, Permudah Milenial Beli Rumah

RumahCom – Kolaborasi dua perusahaan BUMN antara pengembang Perumnas dan Bank BNI kembali menjalin kerja sama untuk pembiayaan produk-produk Perumnas. Dengan kerja  sama ini bisa dihadirkan banyak

Lanjutkan membacaMaret 30, 2021

Ini Beberapa Kelebihan Jalur Pansela Dibandingkan Pantura

RumahCom – Kementerian PUPR terus mendorong masyarakat untuk menggunakan jalur pantai selatan (Pansela) sebagai alternatif jalur Pantura. Jalur Pansela juga memiliki beberapa kelebihan seperti keman

Lanjutkan membacaMaret 31, 2021

Produk Rumah Sehat Kompak Yang Terjangkau Kian Digemari Saat Pandemi

RumahCom – Pengembang Ciputra Group kembali mencatatkan kesuksesan untuk peluncuran klaster rumah kompak di CitraRaya Tangerang. Konsep pengembangan yang menawarkan rumah sehat, segmen harga, fasili

Lanjutkan membacaMaret 31, 2021

Masukan