Jawa Barat Akan Miliki Kota Maritim Hingga Aerocity

Maret 31, 2021

RumahhCom – Pembangunan proyek infrastruktur besar-besaran yang dilakukan pemerintah pusat direspon oleh pemerintah daerah dengan mengembangkan kawasannya yang terdampak langsung proyek infrastruktur nasional. Jawa Barat misalnya, akan mengembangkan Kota Maritim hingga Aerocity dengan adanya proyek jalan tol.

Pembangunan berbagai proyek infrastruktur tentunya akan membuat sebuah kawasan menjadi lebih berkembang. Banyaknya proyek infrastruktur yang dibangun pemerintah pusat ini juga direspon oleh pemerintah daerah seperti di wilayah Jawa Barat yang terkena dampak langsung dari perkembangan berbagai infrastruktur di wilayahnya.

Menurut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, berbagai proyek infrastruktur yang dibangun misalnya jalan tol Cileunyi-Sumedanng-Dawuan (Cisumdawu) di wilayah Jawa Barat dan akan selesai pada akhir tahun ini, makin membuat kawasan sekitaran tol ini ikut berkembang dengan pesat.

“Kami sangat optimistis kalau nanti jalan tol Cisumdawu ini beroperasi pada bulan Desember 2021 dan dengan adanya Bandara Kertajati, dampaknya akan sangat luar biasa pada kawasan Cirebon-Patimban-Kertajati (Rebana). Kita bisa lihat nanti pada tahun 2022 pertumbuhan kawasan ini akan sangat luar biasa,” ujar Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.

Dengan berbagai perkembangan ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat juga akan meresponn dengan mengembangkan kawasan metropolitan Rebana. Beberapa yang akan dihadirkan yaitu 13 kota industri baru termasuk di dalamnya Patimban yang dikonsep sebagai Kota Maritim dan Kertajati  sebagai Aerocity.

Karena itu Pemprov Jawa Barat juga berharap kepada pemerintah pusat untuk bisa mendukung pengembanngan pembangunan infrastruktur pendukung kawasan setelah nanti tol Cisumdawu ini beroperasi. Hal ini untuk semakin meningkatkan potensi Kawasan Rebana saat nanti konektivitas yang semakin mudah dengan adanya jalan tol ini.

Cek lima langkah mudah mengurus balik nama sertifikat rumah lewat video berikut ini.

Pemerintah pusat sendiri sangat serius dengan pengembangan kawasan ini dan untuk itu telah menerbitkan berbagai peraturan presiden (Perpres) maupun peraturan pemerintah (PP) untuk regulasi percepatan pengembangan kawasan ini. Dibutuhkan intervensi dari sisi regulasi untuk mempermudah proses pembangunan di daerah-daerah.

Akhirnya dengan sinergitas yang terus dibangun khususnya antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, maupun berbagai instansi lain, pengembangan sebuah kawasan bisa lebih terencana dan memberikan dampak maksimal khususnya bagi pertumbuhan perekonomian kawasan dan nasional secara jangka panjang.

“Kami sendiri sudah menghitung, kalau jalan tol Cisumdawu ini nanti beroperasi dan menjadi pendorong mesin regional metropolitan Rebana ini, sumbangannya pada pertumbuhan perekonomian nasional mencapai satu persen hingga sepuluh tahun ke depan. Karena itu dibutuhkan dukungan pemerintah pusat untuk pengembangan kawasan ini,” bebernya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Ini Beberapa Kelebihan Jalur Pansela Dibandingkan Pantura

RumahCom – Kementerian PUPR terus mendorong masyarakat untuk menggunakan jalur pantai selatan (Pansela) sebagai alternatif jalur Pantura. Jalur Pansela juga memiliki beberapa kelebihan seperti keman

Lanjutkan membacaMaret 31, 2021

Produk Rumah Sehat Kompak Yang Terjangkau Kian Digemari Saat Pandemi

RumahCom – Pengembang Ciputra Group kembali mencatatkan kesuksesan untuk peluncuran klaster rumah kompak di CitraRaya Tangerang. Konsep pengembangan yang menawarkan rumah sehat, segmen harga, fasili

Lanjutkan membacaMaret 31, 2021

Pemerintah Bangun Rusun Untuk Pelajar, Dukungan Sektor Pendidikan Hingga Pembiasaan Berhunian Vertikal

RumahCom – Kementerian PUPR bukan hanya membangun rumah susun untuk kalangan pekerja maupun keluarga tapi juga kalangan pelajar. Beberapa manfaat dengan membangun Rusun untuk kalangan pelajar yaitu

Lanjutkan membacaMaret 31, 2021

4.675 Akad KPR Subsidi Dilakukan Serentak Oleh Bank BUMN

RumahCom – Kalangan perbankan terus meningkatkan penyaluran KPR bersubsidi FLPP seperti yang dilakukan oleh Bank BNI. Bank BUMN ini melakukan akad kredit masal dan serentak untuk 4.675 kredit yang m

Lanjutkan membacaMaret 31, 2021

Masukan