Sumsel Dapat Alokasi 7.200 Unit Bantuan Perumahan

April 5, 2021

RumahCom – Kementerian PUPR terus melanjutkan program BSPS atau bedah rumah yang merupakan bagian dari program perumahan. Program yang dijalankan dengan skema cash for work  ini berdampak langsung pada peningkatan kualitas hunian masyarakat dan di sisi lain mempertahankan daya beli perekonomian kawasan.

Salah satu breakdown program perumahan pemerintah yaitu program padat karya tunai bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS). Program yang disebut bedah rumah ini dilakukan untuk membuat rumah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang tidak layak huni menjadi layak huni, sekaligus mengurangi angka pengangguran di saat situasi sulit pandemi Covid-19 dengan sifat program yang berupa stimulan.

Menurut  Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, program padat karya tunai atau cash for work ini sangat penting untuk kalangan MBR karena pembangunan infrastruktur selain memacu pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan daya beli masyarakat juga bertujuan untuk mengurangi pengangguran.

“Karena itu program ini menjadi salah satu bentuk perhatian pemerintah kepada MBR untuk bisa menghuni rumah yang layak sekaligus membuka lapangan pekerjaan karena program ini dikerjakan oleh tukang dari kawasan perumahan yang dibedah. Belum lagi toko-toko bahan bangunan yang akan ikut terimbas karen belanja materialnya juga harus dari kawasan,” ujarnya.

Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid menambahkan, pelaksanaan program BSPS akan terus dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia dan salah satunya seperti di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang dilaksanakan dengan skema padat karya dan terintegrasi dengan program Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR.

“Jadi pada pelaksanaannya bisa dikolaborasikan dengan program ditjen yang lain seperti di Sumsel ini dengan Ditjen Cipta Karya untuk air bersih dan mandi cuci kakus (MCK). Dengan begitu program yang diterima oleh masyarakat bisa lebih komprehensif dan bisa memenuhi kriteria rumah layak huni,” imbuhnya.

Banyak lika liku yang dihadapi saat membeli rumah namun tetap bisa terwujudkan. Simak cerita para pencari rumah di video singkat berikut ini.

Ditjen Perumahan akan menyalurkan program BSPS di SUmsel untuk sebanyak 7.200 unit yang tersebar di 15 kabupaten dan kota. Perinciannya yaitu di Kabupaten Banyuasin sebanyak 661 unit, Kabupaten Musi Banyuasin 250 unit, Kabupaten Muara Enim 425 unit, Kabupaten Lahat 274 unit, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) 200 unit, Kabupaten OKU Timur 253 unit, Kabupaten OKU Selatan 365 unit, Kabupaten Musi Rawas 500 unit, Kabupaten Empat Lawang 790 unit, Kota Palembang 1.175 unit, Kota Pagaralam 199 unit, dan Kota Prabumulih 450 unit.

Total anggaran program BSPS di Sumsel ini mencapai Rp126 miliar dan ini merupakan wujud nyata program perumahan yang manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat di berbagai daerah. Pemerintah hadir untuk memberikan bantuan langsung membangun ataupun memperbaiki rumah masyarakat secara swadaya dengan dana stimulan tapi bisa memberikan dampak yang besar.

“Pengusulan calon penerima program BSPS dilakukan oleh pemda dengan kriteria menguasai tanah, tidak dalam status sengketa, lokasi sesuai dengan tata ruang wilayah, calon penerima belum memiliki penghasilan upah minimum provinsi setempat. Bila memenuhi syarat itu silahkan melapor ke desa maupun kelurahan setempat untuk diusulkan kepada dinas perumahan di kabupaten atau kota,” beber Khalawi.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Subsidi Bunga Cair, Cicilan KPR Turun

RumahCom – Pemerintah telah mencairkan dana untuk program subsidi bunga KPR. Program ini untuk memudahkan masyarakat yang terkendala penghasilannya karena pandemi sehingga bisa membayar cicilan kred

Lanjutkan membacaApril 1, 2021

Makin Banyak Kemudahan, Bank Ini Keluarkan Suku Bunga KPR Satu Persenan

RumahCom – Seperti kalangan pengembang, perbankan juga menjadi salah satu institusi yang cukup gencar mengeluarkan promo untuk kemudahan pembiayaan perumahan. Bank OCBC NISP mengeluarkan suku bunga

Lanjutkan membacaApril 3, 2021

Manfaatkan Momentum Peningkatan Penjualan, Pengembang Terus Luncurkan Produk Baru

RumahCom – Beberapa produk yang ditawarkan pengembang bisa terserap pasar dengan baik saat pandemi Covid-19 dan ini dijadikan momentum oleh pengembang untuk terus mengeluarkan produk baru. Metland m

Lanjutkan membacaApril 3, 2021

Pentinganya Konsolidasi Tanah Untuk Menghindari Urban Sprawl

RumahCom – Salah satu dampak buruk dari pesatnya perkembangan kawasan perkotaan adalah pertumbuhan kawasan yang tidak terarah ke berbagai sekitarnya (urban sprawl). Untuk itu dibutuhkan konsolidasi

Lanjutkan membacaApril 3, 2021

Refocusing Anggaran Kementerian PUPR, Ini Dampaknya Untuk Sektor Perumahan

RumahCom – Pemerintah melakukan refocusing untuk anggaran Kementerian PUPR dari Rp149 triliunan menjadi Rp131 triliunan. Hal ini tentunya memberikan dampak pada berbagai proyek strategis nasional ma

Lanjutkan membacaApril 3, 2021

Masukan