Tol Serpong-Pamulang Dan Cengkareng-Kunciran Diresmikan

April 5, 2021

RumahCom – Presiden Jokowi kembali meresmikan jalan tol untuk ruas Serpong-Pamulang dan Cengkareng-Kunciran. Keberadaan jalan tol ini akan memperlancar arus distribusi masyarakat dan barang khususnya dari wilayah Jawa Barat hingga selatan Jakarta.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali meresmikan proyek infrastruktur jalan tol yang pada tahun ini dijanjikan ada belasan ruas jalan tol baru yang akan beroperasi. Jokowi meresmikan jalan tol Serpong-Cinere di ruas Serpong-Pamulang dan tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran di gerbang tol Pamulang, Tangerang Selatan, Banten.

“Jalan tol Serpong-Cinere di ruas Serpong-Pamulang ini memiliki panjang mencapai 10,14 km dan jalan tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran sepanjang 14,19 km dan saat ini sudah bisa digunakan oleh masyarakat. Jalan tol ini akan semakin melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan metropolitan Jabodetabek dan akan tersambung dengan ruas tol JORR 2 di sisi barat,” ujarnya.

Jalan tol ini, lanjut Jokowi, akan memperlancar traffic lalu lintas khususnya di wilayah selatan hingga barat Jakarta. Kawasan-kawasan seperti Depok, Cinere, Pamulang, hingga Serpong juga menjadi memiliki akses yang mudah untuk menuju ke Bandara Soekarno-Hatta dan akan memangkas waktu tempuh yang cukup signifikan. Masyarakat dari wilayah Jawa Barat hingga bagian selatan Jakarta menjadi memiliki alternatif jalur jalan yang lebih lancar dan mudah.

Keberadaan jalan tol ini tentunya akan semakin meningkatkan mobilitas masyarakat dan memecah kemacetan di beberapa ruas yang bersinggungan khususnya akses jalan yang menuju ke Jakarta dari wilayah Jawa Barat, Tangerang, maupun Tangerang Selatan. Jalur tol yang melingkar di pinggiran Jakarta ini juga akhirnya akan memperlancar arus lalu lintas khususnya di tol dalam kota Jakarta yang selama ini menjadi rute utama maupun persinggahan.

Bukan hanya itu, jalan tol ini juga akan melancarkan arus distribusi barang dan logistik ke berbagai kawasan. Dengan waktu tempuh yang semakin cepat dan efisien dengan adanya jalan tol ini, distribusi barang menjadi lebih cepat dan akhirnya menekan biaya sehingga untuk jangka panjang bisa meningkatkan daya saing nasional.

Adanya MRT membuat kemudahan dalam mobilitas. Lalu bagaimana dampak MRT pada kenaikan properti? Jawabannya ada di video berikut ini ya.

 

Jalan tol juga bukan hanya mempercepat arus lalu lintas manusia, menghubungkan antar wilayah atau daerah, tapi juga meningkatkan daya saing kawasan-kawasan, membangkitkan ekonomi kawasan, hingga mempercepat pertumbuhan sentra-sentra ekonomi baru dan juga mengembangkan simbol-simbol pertumbuhan ekonomi yang produktif.

“Saya minta kepada pemerintah daerah untuk bisa memanfaatkan keberadaan jalan tol yang telah dibangun ini sebagai keunggulan daerah serta sebagai modal untuk menarik investasi ke daerahnya. Saya juga minta pemerintah daerah menjadikan infrasrtuktur ini sebagai sebuah keunggulan dan modal penting untuk bisa menarik investasi lebih banyak lagi dan membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya,” tandas Jokowi.

Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan, peresmian jalan tol ini merupakan yang ketiga di wilayahnya dari 13 proyek strategis nasional yang dibangun oleh pemerintah pusat maupun Pemprov Banten. “Saya sebagai Gubernur Banten dan mewakili masyarakat Banten tentunya sangat bersyukur dan mengucapkan terima kasih dengan apa yang diupayakan oleh pemerintah pusat sehingga bisa memberikan dampak yang besar untuk wilayah Banten,” bebernya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Refocusing Anggaran Kementerian PUPR, Ini Dampaknya Untuk Sektor Perumahan

RumahCom – Pemerintah melakukan refocusing untuk anggaran Kementerian PUPR dari Rp149 triliunan menjadi Rp131 triliunan. Hal ini tentunya memberikan dampak pada berbagai proyek strategis nasional ma

Lanjutkan membacaApril 3, 2021

Sumsel Dapat Alokasi 7.200 Unit Bantuan Perumahan

RumahCom – Kementerian PUPR terus melanjutkan program BSPS atau bedah rumah yang merupakan bagian dari program perumahan. Program yang dijalankan dengan skema cash for work  ini berdampak langsung

Lanjutkan membacaApril 5, 2021

Pengembang Hadirkan Aplikasi Teknologi Untuk Kemudahan Konsumen

RumahCom – Penerapan teknologi khususnya melalui aplikasi digital terus dikembangkan untuk memudahkan masyarakat dengan produk properti maupun huniannya khususnya saat situasi pandemi. Pengembang SM

Lanjutkan membacaApril 5, 2021

Dapat Suntikan Rp2,25 Triliun, Perusahaan BUMN Ini Perbesar Penyaluran KPR

RumahCom – BUMN PT SMF mencatatkan kinerja positif pada tahun 2020 lalu yang merupakan tahun sulit karena banyaknya kendala akibat pandemi Covid-19. Tahun ini, SMF akan memfokuskan untuk memperbesar

Lanjutkan membacaApril 5, 2021

Dana Tapera Sudah Disalurkan, Tahap Pertama Akan Biayai 51 Ribu Rumah

RumahCom – Kementerian PUPR dan instansi terkait terus berproses untuk mempercepat operasional BP Tapera. Berbagai aturan yang disusun akan segera membuat BP Tapera operasional dan untuk tahap awal

Lanjutkan membacaApril 5, 2021

Masukan